Quantcast

Komputer sudah menjadi perangkat yang wajib digunakan di berbagai kegiatan belajar mengajar saat ini. Bahkan ada beberapa kebutuhan terkait sekolah hanya bisa diselesaikan dengan komputer seperti membuat tugas, belajar membuat presentasi dan masih banyak lagi.

Bahkan dengan berbekal komputer, pelajar bisa mulai menekuni bidang-bidang yang mereka sukai sejak dini, contohnya desain grafis atau coding.

Tapi pertanyaannya, seperti apakah karakteristik komputer yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa? Mengingat harga laptop yang semakin terjangkau dan kelebihannya dalam hal portabilitas, kami memaparkan 4 hal yang wajib diperhatikan saat memilih laptop bagi pelajar dan mahasiswa.

1. Performa handal untuk berbagai tugas

Pelajar memang belum membutuhkan laptop dengan hardware kelas atas untuk kegiatan sehari-harinya. Namun bukan berarti kamu tidak memikirkan sektor ini saat ingin membeli laptop. Hardware yang mumpuni tetap dibutuhkan mengingat tuntutan kegiatan belajar mengajar yang bervariasi. Tentunya akan repot jika Anda harus ganti laptop hanya karena ada tugas yang tidak dapat dijalankan di laptop barumu kan?

Oleh karena itu kami tidak merekomendasikan laptop dengan harga yang paling murah untuk kegiatan belajar mengajar. Kami merekomendasikan laptop dengan prosesor Intel Core i-series, besaran RAM minimal 4GB, kapasitas hard-disk yang cukup lega (minimal 500GB), serta OS asli.

Selain untuk keperluan mengerjakan tugas dan belajar, laptop dengan spesifikasi di atas juga bisa dimanfaatkan untuk hiburan, seperti bermain games dan menonton film favorit. Pelajar juga butuh refreshing, bukan?

2. Sesuai dengan gaya dan kebutuhan

Selain spesifikasi dan fitur, tentunya desain juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan. Ukuran layar dan daya tahan baterai, misalnya, akan berpengaruh pada pola penggunaan laptop.

Jika membutuhkan layar yang lebih besar, tentunya Anda harus berkompromi dengan bobot laptop yang lebih berat. Namun jika menggunakan laptop dengan bobot relatif ringan yang mudah dibawa-bawa, tentunya Anda harus berkompromi dengan layar yang berukuran lebih sempit. Dari sudut pandang lain, jika Anda akan sering menonton film atau bermain game di laptop, layar yang lebih besar tentunya akan lebih ideal untuk hal itu.

Bagi yang suka membaca buku atau browsing sambil bersantai di sofa, laptop convertible atau 2-in-1 yang dapat diubah menjadi tablet akan lebih cocok untuk kebutuhan tersebut. Jadi di luar spesifikasi, pastikan laptop yang dipilih akan sesuai dengan gaya pemakaian dan kebutuhan Anda.

3. Sistem operasi orisinil

Bagi yang masih awam atau kurang paham tentang komputer, pilih laptop yang sudah langsung dibekali OS sehingga tidak perlu repot melakukan instalasi sendiri. Mengingat pada umumnya aplikasi yang digunakan dan direkomendasikan di berbagai sekolah dan perguruan tinggi masih berbasis Windows, maka kami anjurkan Anda memilih laptop yang telah dibekali OS Windows 10.

Microsoft Windows 10 sendiri merupakan versi terbaru untuk saat ini. Performanya lebih cepat dibanding versi terdahulu, tapi tetap mudah digunakan dan memiliki pilihan aplikasi yang amat banyak. Selain itu, Windows 10 juga dibekali sistem keamanan yang handal untuk mengamankan data yang dimiliki.

Nah, opsi update yang dapat memperbaharui berbagai fitur Windows 10 ini hanya akan didapatkan jika Anda menggunakan sistem operasi Windows 10 yang orisinil. Jadi misalnya jika ada ancaman virus baru atau ransomware yang sedang marak, Windows 10 akan otomatis melakukan update melalui koneksi Internet untuk menanggulangi ancaman tersebut.

4. Harga bersahabat dengan dompet

Pertanyaan terpenting, apakah saya harus mengeluarkan banyak uang untuk memiliki laptop yang handal dan mampu memenuhi kebutuhan saya? Untungnya jawabnya tidak perlu.

Kami memang tidak merekomendasikan laptop yang harganya paling murah, mengingat performa yang didapat seringkali kurang memuaskan. Laptop yang paling layak beli justru ada di kelas menengah yang berkisar di kelas harga 5 juta hingga 7 jutaan rupiah. Alasannya, laptop di kelas tersebut biasanya telah dibekali dengan spesifikasi dan fitur yang handal sehingga akan dapat digunakan untuk memenuhi beragam kebutuhan pengguna yang berbeda.

Sebagai catatan tambahan, bagi yang kurang mahir komputer, pilihlah laptop yang telah dilengkapi sistem operasi di dalamnya agar tidak harus repot melakukan instalasi OS. Selain lebih praktis, uang yang dikeluarkan akan lebih hemat jika dibandingkan kita harus membeli laptop dan OS (dalam hal ini Windows) secara terpisah.

Laptop Pilihan dari HP untuk Pelajar dan Mahasiswa

Bekerjasama dengan HP, kami akan merekomendasikan tiga laptop kelas menengah dengan paduan performa dan harga yang amat baik.

HP Pavilion x360 13-U170TU (2017)

Yang pertama adalah HP Pavilion x360 13-U170TU. Laptop convertible ini memiliki engsel yang bisa diputar hingga 360 derajat sehingga dapat digunakan dalam berbagai modus penggunaan seperti tablet, stand, dan tent. Layar sentuhnya yang memiliki resolusi High Definition ini juga tajam dan nyaman dipandang berlama-lama.

Soal performa, laptop ini telah didukung prosesor Intel Core i3-7100U (Kaby Lake), Intel HD Graphics 620, RAM DDR4 4GB , serta hard disk berkapasitas 500 GB. Tersedia juga varian dengan SSD berkapasitas 256GB, menjadikannya sebagai laptop dengan SSD 256GB paling terjangkau saat ini.

Bagi yang suka memutar film atau mendengarkan musik, laptop dengan bobot 1,44kg ini juga telah dilengkapi dua speaker dari B&O Play yang jernih. Hal menarik lainnya, harganya masih cukup terjangkau yaitu di kisaran 7 jutaan rupiah, lengkap dengan OS WIndows 10 Home orisinil.

Sebagai catatan, ada beberapa tipe Pavilion X360 yang beredar dengan spesifikasi yang berbeda. Tipe yang kami rekomendasikan menggunakan prosesor Intel Core i3-7100U yang memang baru diperkenalkan di tahun 2017 di Indonesia. Anda bisa memeriksa harga terbaru HP Pavilion X360 13-U170TU di situs belanja resmi HP di sini.

HP 14-am Series

Untuk Anda yang tidak membutuhkan layar sentuh, HP menawarkan seri HP 14-am, yakni HP 14-am506tu dan HP 14-am128tx. Keduanya sama-sama menggunakan layar 14 inci HD yang nyaman di mata, serta RAM 4 GB DDR4.

Perbedaan keduanya ada pada pilihan prosesor dan kartu grafis. Jika HP 14-am506tu menggunakan Intel Core i3 dengan Intel HD Graphics, maka HP 14-am128tx telah dilengkapi prosesor Intel Core i5 yang lebih cepat, hard disk 1TB, serta GPU AMD Radeon R5 M430 2 GB untuk performa lebih mulus saat bermain game atau aplikasi berat lainnya.

Laptop HP 14-am Series ini dijual mulai dari harga 5 jutaan rupiah. Untuk informasi penjualan dan harga terbaru HP 14am506tu dan HP 14-am128tx, silakan kunjungi website HPShopping.id.

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: