Quantcast

Review Lenovo K6 Note: Tetap Jagokan Multimedia dengan Layar dan RAM Lebih Besar

Cek Harga

Seperti diketahui selain K6 Power, Lenovo juga meluncurkan seri lainnya yang disebut K6 Note dengan harga sedikit lebih mahal. Meski sekilas cukup banyak persamaan antara keduanya, nyatanya Lenovo K6 Note hadir dengan layar dan kapasitas RAM lebih besar.

Penasaran apa saja keunggulan dari smartphone ini, khususnya bila dibandingkan dengan K6 Power? Simak ulasan kami:

Desain (masih) terasa familiar

Sama seperti K6 Power, Lenovo K6 Note mengusung bahasa desain yang terkesan cukup familiar. Artinya, tidak ada terobosan baru yang membuatnya nampak unik dan berbeda dibanding produk pesaing. Mungkin singkatnya, agak membosankan.

Tapi lagi-lagi kami garisbawahi, desain semacam ini sesungguhnya sah-sah saja. Hanya masalah selera dari masing-masing konsumen. Apalagi, secara keseluruhan build quality dari Lenovo K6 Note tergolong baik. Penggunaan material metal pun membuatnya tampil lumayan menawan untuk sebuah smartphone seharga 2 jutaan.

Bagian depan Lenovo K6 Note menggunakan kaca 2.5D. Sayangnya, tidak ada penjelasan rinci terkait teknologi perlindungan layar yang melapisinya. Di bagian belakang, Anda akan menemukan sensor sidik jari tepat di bawah kamera yang mudah dijangkau.

Dengan ketebalan 8,4mm, Lenovo K6 Note bukanlah smartphone tertipis di kelasnya. Beratnya 169 gram. Perangkat ini masih nyaman digenggam walaupun terkadang terasa sedikit licin. Untuk memberikan grip yang lebih mantap, pemasangan casing tambahan bisa jadi solusi.

Layar lebih besar

Seperti kami sebutkan di atas, salah satu perbedaan K6 Note dengan K6 Power yang paling mudah terlihat adalah dari ukuran layar. Lenovo K6 Note mengandalkan layar lebih besar, yakni IPS 5,5 inci dengan resolusi Full HD.

Sebagai smartphone yang mengedepankan sektor multimedia, layar yang lebih besar jelas akan lebih memuaskan pengguna. Ketajaman dan tingkat kecerahannya layar ini pun baik. Tidak ada masalah sama sekali bahkan untuk penggunaan di bawah sinar matahari.

Tapi masih sama dengan saudaranya, kami merasa layar Lenovo K6 Note menampilkan warna yang agak kurang natural (secara default). Untungnya ada opsi mengubah mode layar yang bisa Anda akses melalui Settings.

Beralih ke sektor audio, Lenovo K6 Note memiliki speaker stereo yang didukung teknologi Dolby Atmos. Berita baiknya, posisi speaker kini berada di sisi bawah, bukan di bagian belakang seperti K6 Power yang berpotensi suaranya terhalang ketika smartphone diletakkan di atas permukaan.

Kualitasnya? Secara umum cukup baik. Jernih dan bertenaga serta tidak terlalu pecah ketika diatur ke volume tertinggi. Untuk memberi pengalaman multimedia yang mumpuni ketika menonton film atau bermain games, audio Lenovo K6 Note tergolong bisa diandalkan.

VR Mode dan Secure Zone

Lenovo K6 Note mengadopsi sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow dengan user interface yang kurang lebih sama dengan K6 Power. Namun tidak seperti saudaranya, hingga artikel review ini kami terbitkan belum ada update ke Android 7.0 Nougat.

Fitur-fitur berguna seperti yang sempat kami bahas pada review K6 Power bisa kembali Anda temukan di sini. Misalnya VR Mode untuk memudahkan menikmati berbagai konten dalam format Virtual Reality. Cara mengaktifkannya masih sama, yakni dengan menekan tombol power selama 2 detik, lalu pilih VR Mode. Dengan dukungan sensor yang cukup komplit, pengalaman Virtual Reality yang ditawarkan terasa cukup baik.

Selain itu, ada fitur Dual App yang sesuai namanya memungkinkan Anda menjalankan dua akun sekaligus dalam satu smartphone. Fitur ini bisa digunakan pada aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, dan yang lainnya.

Secure Zone yang mampu menciptakan dua ruang yang berbeda di smartphone juga ada. Sekadar informasi bagi yang belum tahu, Secure Zone akan memisahkan memori internal K6 Power menjadi dua bagian, dan masing-masing bisa digunakan seolah-olah Anda memiliki dua smartphone.

Ketika masuk ke Secure Zone, aplikasi yang ter-install, Gallery, hingga daftar kontak semuanya berdiri sendiri dan tidak terhubung dengan area utama yang disebut Open Zone. Meski begitu, tetap ada opsi Secure Zone dapat mengakses semua file dari Open Zone.

Kamera cukup untuk pemotretan outdoor

Lenovo K6 Note menyajikan kamera belakang dengan sensor 16 megapixel yang didukung Phase Detection Autofocus dan LED flash. Di atas kertas, kamera ini berbeda dengan K6 Power yang menggunakan sensor 13 megapixel. Kami berharap hasil foto yang diciptakan akan lebih baik. Nyatanya memang demikian, walaupun perbedaan tidak terlalu signifikan.

Kamera Lenovo K6 Note bisa jadi andalan untuk pemotretan outdoor dengan kondisi cahaya yang pas. Cukup tajam dan warnanya (terkadang) masih akurat. Sementara di kondisi cahaya temaram, menggunakan mode otomatis berpotensi besar menghasilkan foto dengan noise di sana-sini meski secara keseluruhan kendali noise-nya sedikit lebih baik dibanding K6 Power.

Agar bisa mendapatkan hasil foto yang lebih optimal, ada mode Pro yang memungkinkan Anda mengatur ISO, White Balance, dan Exposure. Perlu diketahui bahwa Lenovo K6 Note juga memiliki mode kamera lainnya yang beragam, mulai dari Panorama, Artistic HDR, Night Mode, dan Slow Motion.

Sementara untuk kamera depan, Anda bisa memanfaatkan sensor 8 megapixel untuk hasil selfie yang menurut kami masih layak dipajang di media sosial. Tapi lagi-lagi dengan catatan, kondisi pemotretan memiliki pencahayaan yang memadai.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa foto yang kami abadikan menggunakan kamera Lenovo K6 Note. (Hasil yang lebih lengkap bisa Anda lihat di akun Flickr resmi YangCanggih.com)

IMG_20170610_123445

IMG_20170605_182525

Lenovo K6 Note

Tetap andalkan Snapdragon 430

Dengan harga yang tidak terlalu jauh berbeda, wajar memang jika Lenovo K6 Note menggunakan SoC yang sama dengan K6 Power, yakni Qualcomm Snapdragon 430 dengan prosesor octa-core Cortex-A53 berkecepatan 1.4GHz, dan GPU Adreno 505.

Performa yang akan Anda dapatkan pun kurang lebih sama. Cukup mulus untuk mendukung penggunaan standar sehari-hari, termasuk untuk hiburan seperti memutar film HD maupun bermain games. Tapi jika ingin bermain game berat seperti Injustice 2, kami tetap tidak menyarankannya karena lag serta frame rate drop akan sering terasa.

Tapi asyiknya, Lenovo K6 Note memiliki RAM lebih besar, 4 GB. Anda yang gemar melakukan multitasking akan lebih leluasa. Memori internalnya sendiri masih sama kapasitasnya, 32 GB. Bisa diperluas dengan microSD, tapi sayangnya, slot hybrid membuat Anda harus memilih salah satu untuk dikorbankan, SIM-card 2 atau microSD.

Ingin tahu lebih jauh seperti apa performa dari Lenovo K6 Note? Berikut hasil dari beberapa aplikasi benchmark yang sempat kami jalankan:

Baterai mumpuni

Walaupun hadir dengan layar lebih besar, Lenovo K6 Note dibekali kapasitas baterai yang sama dengan saudaranya, 4000 mAh. Performanya tak perlu dibahas terlalu panjang. Cukup untuk menemani Anda seharian dengan gaya pemakaian normal seperti browsing, chatting, media sosial, dan diselingi bermain games atau menonton video.

Bahkan, jika Anda tergolong pengguna dengan gaya penggunaan yang lebih ringan lagi, baterai tersebut mampu bertahan hingga 2 hari. Artinya smartphone ini cocok untuk Anda yang malas membawa power bank saat beraktivitas.

Baterai 4000 mAh juga bisa diandalkan oleh penggemar multimedia yang sering menjalankan aplikasi rakus daya. Tapi satu hal yang patut digarisbawahi, Lenovo belum membenamkan fitur fast charging pada K6 Power. Berikut hasil dari pengujian menggunakan aplikasi PCMark Battery Test:

Kesimpulan

Dengan layar yang lebih lebar dan RAM yang lebih memadai untuk multitasking, kesimpulan kami tidak jauh berbeda dari review Lenovo K6 Power sebelumnya. Lenovo K6 Note adalah opsi yang menarik untuk Anda yang gemar menikmati konten multimedia, tapi punya budget tidak terlalu besar.

Tapi yang jadi pertanyaan, apakah selisih harga 400 ribu rupiah lebih mahal adalah sebuah nilai yang layak Anda bayarkan? Menurut kami, semua kembali kepada cara pandang Anda. Pada dasarnya, Lenovo K6 Note menawarkan potensi yang mirip dengan K6 Power. Tapi jika Anda butuh layar lebih lega dan RAM besar untuk multitasking, kami yakin, selisih harga 400 ribu rupiah akan terasa pantas.

Dibanderol Rp2.799.000, Lenovo K6 Note cocok untuk pengguna yang gemar menonton film dan bermain games, namun tidak mau sering kehabisan baterai di tengah aktivitas.

Yang Canggih:

+ Layar tajam dan lebar
+ Audio didukung Dolby Atmos
+ RAM lega untuk multitasking
+ Ada fitur VR Mode
+ Secure Zone memberikan sensasi seperti memiliki dua smartphone
+ Sensor cukup lengkap
+ Baterai kuat untuk seharian
+ Harga menarik

Yang Kurang:

– Kamera kurang bagus di kondisi low light
– Slot dual-SIM hybrid

Spesifikasi Lenovo K6 Note
SoC Qualcomm Snapdragon 430 dengan prosesor octa-core Cortex-A53 1.4 GHz
GPU Adreno 505
Layar IPS 5,5 inci Full HD
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB (ada slot microSD hybrid)
Kamera Belakang 16 megapixel (PDAF dan LED flash) / Depan 8 megapixel
Baterai 4000 mAh
Konektivitas 4G LTE, Bluetooth v4.2, A-GPS, WiFi 802.11 b/g/n, microUSB
OS Android 6.0.1 Marshmallow
Fitur Sensor Sidik Jari, Secure Zone, VR Mode
Dimensi 151 x 76 x 8.4 mm (berat 169 gram)
Lenovo K6 Note
Dengan layar dan RAM lebih besar dari K6 Power, Anda akan mendapatkan pengalaman multimedia yang lebih memuaskan
Cek Harga

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: