Quantcast

Untuk pecinta teknologi, liburan tanpa gadget mungkin ibarat makan sayur tanpa garam. Namun efek sampingnya, barang yang dibawa akan semakin banyak dan membebani Anda saat bepergian.

Lalu bagaimana agar Anda tetap dapat bepergian dengan membawa gadget yang diperlukan tapi tidak menjadi pegal dari semua beban tersebut? Berikut kiat praktis yang dapat diikuti.

1. Pilih tas punggung yang nyaman

Tidak semua orang rela mengeluarkan banyak uang untuk sebuah tas berkualitas tinggi untuk memuat gadget. Padahal tas yang nyaman dan berkualitas tinggi adalah investasi bijak yang tahan lama.

Bagi yang memiliki jadwal aktivitas liburan yang padat dan membutuhkan Anda untuk berpindah-pindah ke banyak tempat, tas ransel yang nyaman merupakan pilihan yang paling baik. Pilih tas dengan bantalan punggung yang cukup dan tali untuk dada atau/dan perut agar beban dapat terdistribusi ke seluruh badan dengan baik sehingga punggung tidak terlalu terbebani dan berpotensi cedera.

Dari pengalaman, pilih tas punggung dengan banyak kompartemen agar Anda dapat mengatur semua gadget yang dibawa dengan mudah.

Rekomendasi produk:

– Vanguard Alta Rise Series / LowePro TacticPro Series / LowePro Whistler / LowePro Highline Series / Thule Covert / ThinkTank Perception Pro
Ada beberapa pilihan ukuran yang dapat dipilih, sesuai dengan banyak barang dan ukuran laptop yang dibawa. Bantalan yang empuk dengan banyak kompartemen yang bervariasi membuat pengaturan menjadi mudah.

– Vanguard Alta Sky Series / Manfrotto Aviator Collection
Bagi yang ingin membawa drone, pastikan tas backpack yang digunakan sudah memiliki kompartemen khusus untuk drone. Selain itu, juga ada kompartemen untuk menyimpan laptop dan kamera digital.

2. Bawa tas kedua yang lebih kecil

Jika membawa banyak gadget tapi tidak ingin membawa semua gadget tersebut saat di destinasi liburan, Anda juga bisa membawa tas selempang yang lebih kecil. Tas gadget khusus ini juga cocok bagi Anda yang tidak ingin membawa banyak gadget seperti kamera saku atau mirrorless, ponsel, hingga drone kecil semisal DJI Mavic Pro atau DJI Spark.

Selain kenyamanan, jangan lupa memikirkan faktor keamanan gadget. Pilih dengan bantalan yang cukup tebal sehingga gadget akan tetap terlindungi saat terbentur atau jatuh ke tanah.

Rekomendasi produk:

– Tas selempang atau sling: Peak Design Everyday Sling / Vanguard Alta Rise 43 / Crumpler The Enthusiast / LowePro Slingshot Edge
Salah satu kelebihan tas sling atau selempang ini adalah kemudahan akses ke kompartemen kamera tanpa harus melepas tas. Selain itu, biasanya ada kompartemen untuk menyimpan benda kecil lain seperti ponsel, dompet, bahkan tripod kecil. Ada baiknya Anda juga memilih dengan tali penyeimbang jika ingin jalan-jalan lebih lama.

– Tas bahu : Billingham Hadley Pro / Wotancraft Ryker / Wotancraft Raven / ThinkTank Retrospective Series / Peak Design Messenger
Selain memiliki desain keren, tas bahu yang baik biasanya memiliki tali dengan bantalan agar bahu tidak sakit jika membawa tas dalam waktu lama. Periksa dulu akses ke isi tas yang cocok dengan keinginan. Tas dengan mekanisme buka tutup yang cukup ribet (seperti buckle) memang lebih aman, tapi akan merepotkan jika Anda ingin mengambil kamera atau barang lain dari dalam tas dengan cepat.

3. Bawa laptop 2-in-1 atau convertible

Membawa laptop saat berlibur tidak identik dengan mengurus pekerjaan, tapi juga sebagai alat penunjang kreativitas. Kami menganjurkan untuk memilih laptop 2-in-1 yang ringan tapi dengan performa kencang.

Laptop dengan pena stylus seperti HP Spectre x360 2017 misalnya, dapat digunakan untuk menggambar saat liburan. Performanya juga cukup kencang untuk mengolah hasil rekaman video selama liburan saat menunggu pesawat untuk pulang. Tapi yang terpenting, bobotnya yang di bawah 1,5kg termasuk ringan sehingga tidak membebani saat dibawa-bawa.

Rekomendasi lain: HP Pavilion x360 / Lenovo Yoga 510 / ASUS Zenbook Flip / Lenovo Yoga Book / Acer Swift 7 / Acer Spin 7

4. Gunakan kamera mirrorless atau kamera saku prosumer

Bagi Anda yang ingin menggunakan kamera digital untuk mengabadikan momen liburan, pilih kamera mirrorless atau kamera saku prosumer yang relatif lebih ringan. Jika memilih mirrorless, pertimbangkan apakah Anda cukup membawa satu lensa atau lebih dari dua lensa. Sedangkan bagi yang memilih kamera saku prosumer, pastikan jangkauan lensanya sudah memadai untuk kebutuhan Anda.

Sedangkan bagi yang suka mengambil swafoto alias selfie, pilih kamera dengan layar yang bisa diputar 180 derajat. Pertimbangan lain adalah kamera tahan air yang bisa digunakan di bawah air. Jika ke laut, pastikan kamera tersebut juga dapat digunakan di laut dengan atau tanpa tambahan aksesori.

Rekomendasi kamera mirrorless: Fujifilm X-A10 / Fujifilm X-A3 / Panasonic Lumix GF9 / Canon M10 / Nikon J5
Kamera yang direkomendasikan di atas memiliki ukuran relatif mungil dan bobot ringan sehingga tidak membebani saat dibawa-bawa. Meskipun kecil, hasil fotonya tetap prima dan lebih baik jika dibandingkan kamera ponsel.

Rekomendasi kamera prosumer: Canon PowerShot G7X Mark II / Canon PowerShot G5X Mark II/ Sony Cybershot RX100 Mark V / Panasonic Lumix LX10 / Canon PowerShot SX720HS
Kamera saku kelas prosumer mengombinasikan kualitas gambar yang baik dengan ukuran yang ringkas. Bobotnya juga ringan sehingga tidak terasa saat disimpan di tas.

Rekomendasi kamera aksi: GoPro Hero5 Black / SeaLife Sea Dragon Set / Canon PowerShot D30 / Pentax WG-5
Tidak perlu cemas saat ingin bermain air di laut atau di kolam renang. Dengan pilihan kamera di atas, Anda tetap dapat memotret dan merekam video di bawah air sekalipun.

5. Gunakan smartphone dengan baterai berkapasitas ekstra besar

Walaupun powerbank kini tersedia dalam banyak pilihan dan harga yang relatif murah, membawa powerbank dapat membebani Anda saat bepergian. Untuk itu, Anda bisa memilih smartphone seperti Lenovo P2 Turbo yang memiliki baterai berkapasitas 5000mAh. Dengan baterai besarnya, ini berarti Anda bisa menggunakan ponsel lebih lama tanpa takut kehabisan baterai saat ingin digunakan. Bahkan juga ada modus Power Saver yang membatasi fitur smartphone agar baterai dapat bertahan lebih lama. Fitur ini amat berguna dalam kondisi darurat, saat tidak ada colokan listrik atau powerbank.

Ketahanan baterai merupakan faktor yang amat penting dalam liburan, apalagi jika Anda menyimpan informasi tiket dan hotel di dalam ponsel. Belum lagi jika Anda ingin menggunakan fitur pemetaan berbasis GPS. Tentunya tidak lucu jika Anda harus cari colokan dulu hanya karena baterai akan habis saat ingin menemukan jalan.

Lenovo K6 Power & K6 Note

Rekomendasi smartphone dengan baterai besar: Lenovo K6 Note / Lenovo K6 Power / Lenovo P2 Turbo / Motorola Z Play / Oppo F3 Plus / Xiaomi Redmi Note 4 / Xiaomi Redmi 4 X / Asus Zenfone 3 Max / Samsung Galaxy A7 2017

6. Gunakan aksesori untuk menggantikan fungsi gadget lain

Skenario lain adalah dengan menggunakan aksesori untuk menggantikan fungsi gadget lain. Misalnya, Anda bisa menggunakan LG G6 dan Samsung Galaxy S8 yang memiliki kemampuan foto dan video yang amat baik. Padukan dengan powerbank untuk mengisi baterai jika dibutuhkan. Anda bisa menggunakan kamera seperti Gear 360 yang dihubungkan ke S8 untuk menghasilkan video dan foto 360 derajat.

Butuh keyboard? Anda bisa menggunakan keyboard wireless seperti Logitech K380 atau Microsoft Universal Foldable Keyboard. Alternatif lain, Anda bisa menggunakan atau tablet convertible berbasis Android seperti Lenovo Yoga Book jika hanya ingin membaca komik atau browsing di layar besar.

Selalu ada pilihan

Tentunya tiap pengguna akan memiliki kebutuhan dan tingkat kerelaan membawa gadgetnya sendiri. Namun yang perlu diingat, selalu ada pilihan gadget dengan desain yang ringkas dan ringan. Selamat berlibur!!

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: