Quantcast

[Buyer’s Guide] 10 Kamera Ringkas Pilihan untuk Menemani Libur Lebaran

Merencanakan libur lebaran belum lengkap tanpa memasukkan kamera di daftar perangkat yang wajib Anda bawa saat liburan. Untuk Anda yang belum memiliki kamera, perlu diperhatikan pemilihan kamera yang tepat tentu saja akan menjadikan momen liburan Anda lebih berkesan karena bisa diabadikan dengan baik. Dari sekian banyak kamera yang ada di pasaran, di artikel berikut ini kami rekomendasikan 10 pilihan kamera berukuran ringkas yang bisa diandalkan untuk mengabadikan momen libur lebaran yang sebentar lagi akan tiba.

Panasonic Lumix DMC-GF9 (Rp7.149.000 Kit dengan lensa 12-32mm)

Kamera mirrorless besutan Panasonic ini hadir dengan bodi yang sangat kecil dan ringan, jadi Anda bisa dengan mudah membawanya kemana saja.

Fiturnya pun sangat lengkap. Diantaranya, layar sentuh yang bisa dilipat keatas untuk mempermudah foto selfie, dukungan sederetan fitur selfie, dan kemampuan rekam video hingga resolusi 4K yang menjadikannya juga ideal untuk para penggemar vlogging.

Canon EOS M10 (Rp5.250.000 Kit dengan lensa EF-M 15-45mm)

Kamera mirrorless dengan bodi ringkas lain yang kami rekomendasikan adalah Canon EOS M10. Seperti Lumix DMC-GF9, EOS M10 juga telah dibekali dengan layar yang bisa dilipat keatas untuk mempermudah selfie atau vlogging.

Keunggulan Canon EOS M10 yang menjadikan kamera ini wajib dilirik adalah kompatibilitasnya dengan semua lensa Canon termasuk lensa EF-M, EF dan EF-S (sebagian lensa harus menggunakan adapter khusus). Selain itu, harganya juga relatif terjangkau dibandingkan dengan kamera mirrorless lain dikelasnya.

Fujifilm X-A10 (Rp6.499.000 Kit dengan lensa Fujinon XC 16-50mm f/3.5-5.6 OIS II)

Ini adalah kamera mirrorless Fujifilm yang paling terjangkau. Meski paling terjangkau diantara kamera mirrorless Fujifilm yang lain, X-A10 tetap dilengkapi dengan layar yang bisa dilipat keatas dengan beragam fitur untuk memaksimalkan foto selfie. Seperti misalnya mode Potrait Enhancer untuk hasil foto dengan reproduksi tonal warna kulit yang terlihat lebih cantik dan natural.

Satu keunggulannya, X-A10 juga dirancang lebih hemat daya. Untuk sekali isi ulang baterai X-A10 bisa menghasilkan 410 jepretan foto. Jadi Anda tidak perlu khawatir baterainya akan cepat habis saat dibawa liburan

Sony Alpha A6300 (Rp14.999.000 Kit dengan lensa 16-50mm f/3.5-5.6 OSS)

Generasi penerus a6000 ini mengedepankan 2 kecanggihan. Diantaranya, kinerja sistem autofokus super cepat dan jumlah titik autofokus terbanyak di dunia mencapai 4125 titik untuk kategori kamera mirrorless bersensor APS-C.

Kombinasi jumlah titik autofokusnya yang sangat banyak dan kecepatan memotret continuos 11fps menjadikan kamera ini bisa tetap mencari dan mengunci fokus dengan cepat dan akurat meski subjek bergerak sangat cepat. Memotret anak-anak yang sedang bermain saat liburan tentu saja bisa dengan mudah dilakukan dengan kamera ini.

Jika ingin merekam video, a6300 telah mendukung rekam video di resolusi 4K dan menyediakan beragam fitur kelas profesional. Diantaranya opsi rekaman video gerakan lambat 120fps di resolusi Full HD, dukungan perekaman dengan S-Log gamma, S-Gamut, dan Gamma Display Assist untuk memantau gambar dan cek fokus saat merekam video, serta fitur Zebra Assist yang telah ditingkatkan.

Fujifilm X100F (Rp17.999.000)

Generasi keempat Fujifilm X100 series ini tetap mempertahankan garis desain retro ala kamera rangefinder. Sama seperti Fujifilm X-T2, kemampuan memotretnya kini dipercayakan pada sensor APS-C CMOS X-Trans III yang resolusinya 24.3 megapixel dan prosesor X-Processor Pro. Jadi kualitas hasil fotonya tidak perlu lagi diragukan.

Untuk Anda yang tidak ingin repot menggonta-ganti lensa seperti di kamera mirrorless atau DSLR, kamera saku kelas premium ini telah dilengkapi dengan lensa Fujinon 23mm dengan diafragma F2.0. Lensa yang setara lensa 35mm di kamera full frame ini menjadikannya sangat ideal untuk beragam kebutuhan foto seperti misalnya portrait, memotret makanan hingga landscape yang cocok untuk menemani kegiatan liburan Anda.

Canon Powershot G3 X (Rp10.280.000)

Jika umumnya kamera dengan kemampuan zoom panjang hadir dengan bodi ala DSLR, ini tidak berlaku di Canon Powershot G3 X. Hadir dengan wujud bodi yang ringkas, kamera ini datang dengan membawa lensa berkemampuan zoom optical hingga 25x atau setara dengan lensa 24-600mm.

Jadi, hanya dengan membawa satu kamera ini Anda bisa mengandalkannya untuk memotret di berbagai situasi dari landscape, portrait, arsitektur, interior, memotret makanan hingga candid dari jarak jauh.

Ricoh WG5 (Rp4.400.000)

Berencana liburan ke alam liar atau menyelam ke dasar laut? Ricoh WG5 bisa dijadikan pilihan kamera yang tepat. Di balik desain bodinya yang ringkas, WG5 adalah kamera saku dengan sejumlah fitur ketangguhan. Kamera saku bisa diajak masuk kedalam air hingga kedalaman 14 meter, anti beku hingga temperatur -10 derajat celcius dan tahan bantingan dari ketinggian 2.2 meter.

Untuk memotret di dasar laut Ricoh WG5 juga membawa satu fitur baru yaitu Mermaid Mode. Pada mode ini, hanya dengan sekali menekan tombol shutter kamera secara otomatis akan menghasilkan dua foto. Satu foto dengan menggunakan flash dan satu foto tanpa menggunakan flash.

GoPro Hero 5 Black (Rp5.290.000)

Kamera aksi tercanggih dari GoPro ini memang wajib dimiliki para penggemar liburan. Desainnya yang sangat mungil, kemampuan rekam video dan foto yang jempolan kini hadir dengan kemasan bodi yang lebih tangguh.

GoPro Hero 5 Black bisa langsung diajak masuk ke dalam air tanpa perlu menggunakan casing pelindung tambahan. Selain itu, GoPro juga menambahkannya dengan dukungan perintah suara hingga 7 bahasa yang akan semakin mempermudah kamera menggunakan kamera ini.

Gear 360 2017 (Rp2.999.000)

Tampak depan dan belakang

Jika dulu desain Gear 360 lebih mirip bola mata yang besar, maka desain Gear 360 2017 kini lebih mirip seperti jamur dengan tangkai panjang. Seperti generasi pertamanya, Gear 360 tetap dilengkapi dengan 2 modul kamera dan lensa untuk menghasilkan foto dan video 360.

Satu perubahan yang paling menarik dari Gear 360 versi 2017 ini adalah dukungan perangkatnya. Kini kamera 360 derajat ini dapat digunakan di ponsel Android non-Samsung dan Apple iPhone. Peningkatan lainnya ada pada resolusi hasil rekaman video. Kini Gear 360 dapat merekam dalam resolusi 4K (4096 x 2048 pixel) pada 24 fps. Untuk resolusi hasil foto, masih tetap pada 15 megapixel.

Fitur baru yang tidak kalah menarik adalah berbagi konten secara real-time. Artinya, dengan kamera ini Anda bisa langsung menyiarkan video momen liburan Anda ke Facebook Live atau YouTube.

Fujifilm Instax SQ10 (Rp3.999.000)

Ingin momen liburan Anda bisa langsung dicetak atau sekedar hanya ingin disimpan secara digital di kartu memori? Fujifilm Instax SQ10 adalah jawabannya.

Fujifilm Instax SQ10 adalah kamera Fujifilm Instax perdana Fujifilm yang mendapat sentuhan modernisasi dengan menggabungkan konsep kamera analog dan digital. Artinya, Fujifilm SQ10 sama seperti kebanyakan kamera saku digital lain namun dengan kemampuan cetak foto secara langsung.

Untuk mencetak foto, SQ10 menjadi kamera Fujifilm Instax pertama yang hadir dengan dukungan kertas film baru bernama Instax Square. Kertas film ini bisa menghasilkan foto dengan format 1:1 ala Instagram di kertas film berukuran 86 x 72mm.

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: