Quantcast
KomputerNewsPC Desktop

[Computex 2017] Intel Umumkan Jajaran Prosesor Kelas Enthusiast dengan Nama Core X-Series

Memanfaatkan ajang Computex 2017 di Taiwan, Intel mengumumkan lini produk baru dari prosesor dekstop mereka yang diberi nama Core X-Series. Tidak hanya menawarkan kinerja yang lebih kencang dari Core i5 dan Core i7 sebelumnya, Intel juga memiliki seri baru yang menjadi top-of-the-line dari keluarga Core X-Series, yakni Core i9.

Targetkan kelas enthusiast

Intel Core X SeriesDengan performa yang lebih bertenaga, Intel Core X-Series ditujukan khusus untuk pengguna kelas enthusiast seperti hardcore gamer dan content creator yang membutuhkan kinerja komputasi super tinggi. Prosesor ini didesain untuk motherboard X299 terbaru. Menurut Intel, vendor-vendor motherboard sudah menyiapkannya dan akan dirilis dalam beberapa waktu ke depan.

Seri paling rendahnya adalah Core i5-7640X dengan 4-core dan 4-thread yang dijual seharga US$242 atau sekitar 3,2 juta rupiah. Di atasnya, ada Core i7 X-Series dengan harga mulai dari US$339 (4,5 juta rupiah) untuk model 4-core/8-thread, dan US$599 (8 juta rupiah) untuk model 8-core/16-thread.

Intel tak lupa melakukan upgrade pada teknologi Turbo Boost mereka untuk beberapa model high-end dari lini Core X-Series. Teknologi baru tersebut disebut Turbo Max 3.0. Intel mengklaim, Core X-Series mampu memberikan performa multithread 10 persen lebih baik dibanding generasi sebelumnya, dan performa single thread 15 persen lebih kencang.

Intel Core i9 Extreme, pertama dengan 18-core

Intel Core i9

Ya, Core i9 kini menjadi kenyataan yang sekaligus menjadikannya sebagai seri tertinggi, di atas Core i7. Ada beberapa model Intel Core i9 yang disiapkan. Yang paling murah, Core i9-7900X, menawarkan 10-core/20-thread dan dijual dengan harga US$999 atau sekitar 13,3 juta rupiah.

Yang paling canggih adalah Core i9 Extreme, yang disebut Intel sebagai prosesor desktop untuk consumer pertama yang hadir dengan 18-core dan 36-thread! Memang luar biasa. Tapi perlu diketahui, prosesor ini dibanderol dengan harga yang tinggi, yakni US$1999 atau sekitar 26,6 juta rupiah!

Bagaimana? Tertarik memiliki prosesor super kencang terbaru dari Intel ini?

Back to top button