Quantcast

Review Xiaomi Redmi Note 4: Opsi Menarik di Harga 2 Jutaan Rupiah

Cek Harga

Seperti diketahui beberapa waktu yang lalu Xiaomi secara resmi mengumumkan kehadiran Redmi Note 4 di Indonesia, dan dijual melalui jaringan distribusi Erajaya. Satu hal yang paling menarik dari smartphone ini, seperti juga smartphone Xiaomi lainnya, adalah harga dan spesifikasinya.

Penasaran apa saja membuat Redmi Note 4 layak masuk dalam pilihan Anda ketika ingin membeli smartphone Android 2 jutaan? Simak ulasan kami berikut ini:

Desain bagus di kelasnya

Xiaomi Redmi Note 4 tampil cukup menawan meski tidak ada terobosan dan perubahan berarti yang disajikan. Ini bisa terlihat dari sudut-sudutnya yang ergonomis, tiga buah softkey di depan, dan peletakkan sensor sidik jari di bawah kamera belakang. Di belakang pula Anda akan menemukan dua garis antena pada bagian atas dan bawah.

Menggunakan material metal di sekujur bodinya dan dilapisi kaca 2.5D curved di depan, secara keseluruhan kualitas rancang bangun dari Redmi Note 4 amat baik. Smartphone ini memiliki ketebalan 8,3 mm. Tidak terlalu tipis, tapi juga tidak terlalu bongsor.

Ketika digenggam, Redmi Note 4 terasa pas dan mudah dioperasikan dengan satu tangan. Bahan metal pada cover belakangnya pun tidak licin. Bobotnya juga pas walaupun di atas kertas, sedikit lebih berat dari Redmi Note 3.

Perlu diketahui pula, Xiaomi Redmi Note 4 masih menggunakan interface microUSB, alias belum mengadopsi USB Type-C yang mulai banyak dijadikan pilihan para produsen smartphone untuk perangkat terbaru mereka.

Layar lebar dan enak dilihat

Mengandalkan teknologi IPS dengan ukuran 5,5 inci dan resolusi Full HD, layar Redmi Note 4 tergolong baik di kelasnya. Lebar dan tajam. Akurasi warnanya pun cukup memanjakan mata.

Memang masih ada bar hitam tipis di sekeliling layar tersebut. Tapi menurut kami, itu tidak terlalu menjadi masalah. Layar ini masih sangat memadai untuk mendukung berbagai aktivitas, mulai dari browsing, chatting, menonton video, hingga bermain games.

Penggunaan di bawah sinar matahari tidak menjadi masalah. Selain itu, Xiaomi juga membenamkan fitur Reading Mode dengna filter blue light untuk menjaga kesehatan mata Anda ketika memandang layar smartphone dalam waktu yang lama, terutama di ruangan yang gelap.

Beralih ke sektor audio, sesungguhnya Xiaomi tidak memberikan fitur yang spesial. Untungnya speaker Redmi Note 4 terdengar nyaring dan jernih. Lumayan untuk menikmati hiburan.

MIUI 8 berbasis Android Marshmallow

Berbicara tentang sistem operasi dan user interface, Redmi Note 4 menjalankan MIUI 8 berbasis Android 6.0 Marshmallow. Ya, masih Marshmallow dan belum ada keterangan kapan update ke Nougat akan dirilis.

Kami sendiri cukup menyukai MIUI 8 yang digunakan pada Redmi Note 4 untuk pasar Indonesia. OS-nya terbilang sederhana serta lumayan bersih dari bloatware. Untuk menggapai semua fitur pun mudah. Dan sama seperti smartphone Xiaomi lainnya yang menggunakan MIUI 8, Anda akan menemukan beberapa fitur bawaan yang menarik.

Yang paling berguna tentu saja Dual-Apps dan Second Space. Dual-apps sesuai namanya memungkinkan pengguna memakai dua akun yang terpisah dalam satu smartphone. Misalnya dua WhatsApp, dua Facebook, dua BBM, dan seterusnya. Sementara Second Space memungkinkan pengguna memiliki dua profil yang terpisah yang masing-masing punya ‘ruangannya’ sendiri untuk aplikasi, file, dan galeri foto.

Kamera tidak istimewa

Tak dapat dipungkiri bahwa sektor fotografi selalu menjadi pertimbangan utama bagi calon pembeli smartphone, baik di kelas entry-level hingga premium. Xiaomi mengerti betul akan hal itu meski mereka berniat untuk tetap menekan harga di level yang kompetitif.

Hasilnya, Redmi Note 4 hadir dengan kamera 13 megapixel f/2.0 di belakang, yang telah didukung Phase Detection Autofocus dan dual-LED flash. Sedangkan untuk selfie, ada kamera 5 megapixel f/2.0 di depan.

Xiaomi menyediakan beberapa fitur di aplikasi kamera yang berguna, seperti pemilihan filter, efek beautify, dan mode manual untuk mengatur ISO, white balance, serta exposure sesuai kebutuhan. Anda juga bisa memotret dengan mode panorama.

Kualitas jepretannya? Cukup baik untuk pemotretan outdoor dengan cahaya yang pas. Anda akan mendapatkan hasil foto yang tajam dan reproduksi warna yang lumayan natural. Walaupun demikian, secara keseluruhan kualitasnya belum bisa dibilang istimewa di kelasnya.

Lain cerita jika smartphone ini digunakan untuk mengambil gamar di kondisi cahaya yang minim. Butuh usaha ekstra dengan melakukan pengaturan manual di sana-sini untuk mendapatkan hasil foto yang masih di atas batas toleransi.

Agar lebih jelas, Anda bisa melihat beberapa foto yang kami abadikan menggunakan kamera Redmi Note 4: (hasil yang lebih lengkap bisa diakses melalui akun Flickr resmi YangCanggih.com)

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 4 (11)

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 4 (5)

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 4 (12)

Performa lebih mumpuni dibanding pesaingnya

Inilah yang biasanya paling dicari oleh para fans Xiaomi. Performa yang mumpuni di harga yang terjangkau. Dengan banderol 2 jutaan, Redmi Note 4 pun nampak menggiurkan jika Anda melihat jajaran hardware yang terdapat di dalamnya.

Smartphone ini dipersenjatai SoC Qualcomm Snapdragon 625 dengan prosesor octa-core 2.0GHz dan GPU Adreno 506, RAM 3 GB, serta memori internal 32 GB lengkap dengan slot microSD. Kombinasi yang sangat menarik jika dibandingkan dengan smartphone Android 2 jutaan lainnya. Sensor-sensor yang dibenamkan pun komplit.

Bisa ditebak, performa Redmi Note 4 mulus untuk berbagai kebutuhan. Untuk 3D gaming pun Anda bisa mendapatkan pengalaman yang cukup memuaskan. Jika dibanding kompetitornya, Redmi Note 4 terasa lebih bertenaga.

Tapi jika Anda membandingkannya dengan Redmi Note 3 yang menggunakan Snapdragon 650, di atas kertas Redmi Note 4 memang kalah kencang. Terkesan turun kelas, tapi sebenarnya, teknologi Snapdragon 625 lebih canggih karena mengusung fabrikasi 14nm (Snapdragon 650 28nm). Artinya, Snapdragon 625 memiliki efisiensi yang jauh lebih baik meski tidak segahar Snapdragon 650.

Jika masih penasaran seperti apa performa dari Redmi Note 4, simak beberapa hasil dari aplikasi benchmark yang kami jalankan:

Baterai besar dan awet

Xiaomi menyisipkan baterai non-removable pada Redmi Note 4, dengan kapasitas yang besar, yakni 4100 mAh. Disandingkan dengan Snapdragon 625 yang irit daya serta MIUI 8 yang cukup optimal, Redmi Note 4 menjanjikan daya tahan baterai yang awet.

Terbukti, kami bisa menggunakan smartphone ini selama kurang lebih 2 hari dalam sekali charge, dengan gaya pemakaian normal seperti chatting, browsing, sesekali memotret, sesekali bermain games, dan terkadang menonton video. Hasil pengujian menggunakan PCMark Battery Test (work 1.0) pun menunjukkan angka yang memuaskan.

Tapi satu yang agak kurang, ternyata baterai yang besar ini hanya ditemani fungsi charging 5V/2A. Buntutnya, dari kondisi daya hampir habis hingga penuh, proses pengisiannya membutuhnya sekitar 2,5-3 jam.

Kesimpulan

Kehadiran smartphone 4G Xiaomi dengan garansi resmi di Indonesia memang membuat persaingan semakin panas. Namun di sisi para pengguna, justru membuat opsi belanja menjadi lebih variatif.

Memang Xiaomi belum banyak meluncurkan smartphone 4G resmi mereka di Indonesia. Tapi melalui Redmi Note 4, Xiaomi sudah membuktikan bahwa mereka patut diperhitungkan. Alasannya? Jelas karena Redmi Note 4 menawarkan spesifikasi mumpuni dengan harga menggiurkan.

Bisa dibilang, Redmi Note 4 adalah paket komplit dan opsi yang sangat menarik untuk Anda yang memiliki budget tidak terlalu besar. Secara hardware keberadaan Snapdragon 625 bisa diandalkan, bahkan, cukup unggul di kelasnya. Secara desain pun Redmi Note 4 terlihat bagus.

Dibanderol Rp2.399.000, Xiaomi Redmi Note 4 cocok bagi Anda yang mencari perangkat Android 2 jutaan dengan baterai awet dan performa mumpuni untuk berbagai kebutuhan.

Yang Canggih:

+ Desain dan build quality bagus
+ Hardware gahar di kelasnya
+ Baterai besar
+ Fitur Dual-Apps dan Second Space
+ Harga menarik
+ Garansi resmi

Yang Kurang:

– Kamera payah di kondisi low-light
– Akan lebih baik jika dibekali fungsi fast charging yang lebih canggih

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4
SoC Qualcomm Snapdragon 625 dengan prosesor Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 506
Layar IPS 5.5 inci Full HD
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB (ada slot microSD)
Kamera Belakang 13 megapixel f/2.0 (PDAF dan dual-tone LED flash) / Depan 5 megapixel f/2.0
Baterai 4100 mAh
Konektivitas 4G LTE, Bluetooth v4.1, A-GPS, GLONASS, WiFi a/b/g/n, microUSB
OS Android 6.0 Marshmallow (MIUI 8)
Fitur Sensor sidik jari, Dual-Apps
Dimensi 151 x 76 x 8.5 mm (165 gram)
Xiaomi Redmi Note 4
Smartphone ini menawarkan paket komplit dengan harga yang menggiurkan
Cek Harga

Komentar

comments

No more articles