Quantcast

10 Aplikasi Windows Ink Kreatif yang Optimal di HP Spectre x360 2017

Merayakan Windows 10 Anniversary Update, Microsoft menambahkan antarmuka dan fitur baru yang bersahabat dengan pena digital. Fitur tambahan baru yang dinamakan Windows Ink Workspace ini akan membantu pengguna untuk menuangkan ide dengan lebih alami lagi. Agar dapat menggunakan Windows Ink dengan lebih optimal, Anda dianjurkan menggunakan laptop dengan layar sentuh dan pena stylus aktif seperti HP Spectre x360 2017.

Dibekali pena stylus aktif dan empat mode penggunaan, HP Spectre x360 2017 akan dapat memanfaatkan fitur dan aplikasi Windows Ink dengan optimal.

Untuk mengakses Windows Ink, terdapat tombol khusus di sisi kanan bawah yang menyimpan Windows Ink Workspace. Di dalam area kerja Windows Ink ini, Anda bisa mengakses aplikasi bawaan seperti Sticky Notes dan Sketchpad serta mengunduh aplikasi yang telah dioptimalkan untuk pena stylus aktif.

Dari sekian banyak aplikasi Windows Ink yang tersedia, berikut 10 aplikasi yang akan memberikan pengalaman menggunakan pena digital di HP Spectre x360 2017.

1. One Note

Aplikasi pencatat dari Microsoft ini memang sudah dioptimalkan untuk penggunaan pena. OneNote telah dilengkapi fitur mendasar Windows Ink seperti menulis tangan dengan lancar, pilihan pena dan pensil, highlighter, serta fitur “convert to shapes” untuk menghasilkan bentuk geometris yang sempurna. Ke depan, Microsoft OneNote akan menawarkan math assistant tool yang dapat mengenali dan menyelesaikan pertanyaan matematika yang ditulis di layar dengan pena.

2. Autodesk Sketchbook

Aplikasi sketsa ini hadir dengan pilihan alat dan warna yang paling luas. Tercatat lebih dari 140 preset kuas yang tersedia. Anda juga bisa mengatur aliran tinta dan gradasi warna dengan presisi. Alat pembantu yang berguna lainnya meliputi penggaris untuk menarik garis dengan lurus, ellipse untuk menggambar kurva dengan baik, simetri untuk mengambar kiri kanan dengan sempurna, dan masih banyak lagi.

3. Bamboo Paper

Bagi yang ingin pengalaman menulis di layar seperti di kertas biasa, Bamboo Paper wajib dicoba. Anda bisa memilih jenis kertas yang dibutuhkan. Misalnya, kertas dengan pola kotak untuk matematika dan catatan, kertas kosong untuk menggambar, kertas bergaris untuk catatan. Anda juga dapat menambahkan gambar dan menulis di atasnya, kemudian membagikan hasilnya ke platform lain.

4. Graphiter

Untuk Anda yang hanya memiliki kebutuhan sederhana akan sebuah aplikasi sketsa, ada Graphiter. Aplikasi ini didesain khusus untuk memberikan pengalaman menulis dengan pensil di atas kertas di komputer. Untuk pensil, Anda bisa memilih pensil graphite yang diinginkan, mulai dari 2H hingga 8B sesuai skala graphite. Aplikasi ini tersedia gratis dan Anda hanya perlu membayar jika ingin menambah fitur seperti pensil warna, kertas berwarna, dan alat bantu lainnya.

5. Scrble

Aplikasi mencatat ini hadir tanpa banyak fitur yang canggih, tapi memiliki variasi yang menarik bagi pengguna pemula dan respons pena yang amat baik. Anda akan disuguhi kanvas kosong yang dapat diisi catatan dan ilustrasi, dengan pilihan latar kertas bergaris, papan tulis hitam dan putih, atau lembar notasi musik.

6. Drawboard PDF

Jika sering memeriksa pekerjaan dalam format PDF, maka aplikasi ini layak Anda pasang di HP Spectre x360 2017. Aplikasi PDF ini memberikan kemudahan untuk memberikan anotasi, highlight, tulisan, serta coretan di file PDF. Aplikasi ini juga cukup pintar untuk mengenali sentuhan jari dan goresan pena.

7. Sketchable

Ini adalah aplikasi menggambar, sketsa dan mewarnai yang didesain untuk digunakan dengan pena. Walaupun begitu, Anda tetap dapat menggunakannya untuk mencatat jika tidak ingin memasang banyak aplikasi di laptop. Selain menyunting, Anda juga bisa menciptakan karya seni baru dari awal dengan bantuan banyak alat gambar yang tersedia.

8. PicsArt – Photo Studio

Dengan bantuan pena aktif HP Spectre x360 2017, Anda akan dapat lebih kreatif lagi saat menyunting foto. Aplikasi photo-editing yang populer di ponsel dan tablet Android & iOS ini akan lebih nyaman digunakan dengan pena. Apalagi ada fasilitas FreeToEdit yang dapat digunakan sebagai stiker.

9. Journalist

Bagi yang suka menulis jurnal atau buku harian, aplikasi ini akan cocok. Anda bisa menulis dan mencorat-coret dengan banyak pilihan pena, pensil, kuas, dan efek menarik. Nantinya halaman jurnal akan dapat disimpan dalam file PNG, BMp, JPEG, JPEG XR, TIFF, GIF atau SVG.

10. Notebook Pro

Inilah aplikasi yang memiliki fungsi amat lengkap, mulai dari menyunting PDF, menggambar grafis vektor, mencatat, mendesain interior, hingga menghasilkan sketsa. Anda bisa memilih obyek hasil goresan tangan untuk diperbesar, diperkecil, digeser, dan disimpan guna dipakai di file baru lainnya.

Lebih optimal dengan pena

Walaupun sebagian aplikasi tersebut di atas juga mendukung mouse dan jari sebagai sarana input, namun menggunakan pena digital aktif seperti HP Active Stylus akan memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik.

Selain itu, kinerja HP Spectre x360 2017 juga dapat diandalkan saat menjalankan berbagai aplikasi yang dapat mengoptimalkan teknologi Windows Ink. Ulasan mengenai HP Spectre x360 2017 dapat dibaca di artikel berikut.

Komentar

comments

No more articles