Quantcast
Aksesoris KomputerKomputerNews

7 Pilihan Hard disk eksternal untuk Lindungi Data Anda dari Ancaman Ransomware

Dunia maya kini tengah dihebohkan dengan ancaman virus ransomware berbahaya bernama WannaCry. Varian tercanggih Ransomware ini telah berhasil menyebar dengan sangat cepat ke berbagai negara.

Akibat serangannya perlu diketahui sangat fatal. Komputer yang diserang ransomware WannaCry akan langsung terkunci dan pengguna tidak akan lagi bisa mengakses komputernya. Komputer Anda akan disandera dengan tampilan pesan di komputer yang isinya meminta tebusan.

Indonesia pun tidak luput dari serangan ransomware WannaCry. Bahkan, dalam waktu singkat pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mensosialisasikan langkah-langkah pencegahan serangan ransomware WannaCry.

Salah satu langkah pencegahannya, Anda disarankan untuk selalu backup file penting di komputer dan simpan di media penyimpanan lain seperti misalnya hard disk ekternal.

Nah, untuk kebutuhan backup data tersebut berikut 7 hard disk eksternal dengan kapasitas besar yang bisa dipilih untuk melindungi data Anda dari ancaman ransomware WannaCry.

1. WD My Passport Ultra New Design 4TB
WD My passport 1

Tampil dengan 6 pilihan warna, Western Digital WD My Passport Ultra New Design menawarkan kapasitas ruang penyimpanan hingga 4TB. Selain desain yang tampil gaya, hard disk ini juga telah dilengkapi USB 3.0, fitur backup otomatis dan dilengkapi fitur proteksi password dengan enkripsi 256-bit AES.

2. Seagate Backup Plus Fast 4TB
seagate backup plus fast 1

Jika Anda mengincar kecepatan transfer data, Seagate Backup Plus Fast diklaim mampu menghadirkan kecepatan transfer hingga 220 MB/s lewat koneksi USB 3.0. Kecepatannya tersebut merupakan yang tercepat diantara hard disk portabel lain dari Seagate di lini Backup Plus. Selain itu, Seagate juga turut melengkapinya dengan dukungan backup ke layanan komputasi awan dan fitur backup otomatis

3. LaCie Rugged mini USB 3.0 4TB
lacie mini rugged 1

Hard disk portabel rancangan Neil Poulton ini selain menyediakan kapasitas ruang penyimpanan hingga 4TB juga tampil menonjol dengan fitur tangguhnya. LaCie Rugged mini USB 3.0 4TB hadir dengan bodi yang tahan air, tahan bantingan dan mampu menahan beban yang berat hingga 1 Ton. Jadi sangat cocok untuk Anda yang bekerja di luar ruangan di medan yang ekstrim.

Ketiga hard disk eksternal diatas selain menawarkan kapasitas besar dan fitur yang beragam juga memiliki dimensi 2.5 inci yang sangat portabel jadi mudah masuk ke dalam tas dan dibawa kemana saja.

Jika Anda mengincar kapasitas lebih besar dari 4TB dan tidak masalah dengan dimensi bodi yang lebih besar, 4 pilihan hard disk eksternal berukuran 3.5 inci berikut bisa jadi pilihan.

1.Seagate Backup Plus Desktop HUB USB 3.0 8TB
seagate backuplus desktop hub 1

Menawarkan ruang penyimpanan hingga 8TB, Seagate Backup Plus Desktop didukung dengan USB 3.0 yang menawarkan kecepatan trasnfer data maksimum 160 MB/detik. Perangkat ini semakin menarik dengan dukungan fitur backup otomatis dan dukungan layanan komputasi awan, serta tambahan 2 port USB di bagian depan yang bisa berguna untuk isi ulang baterai gadget seperti tablet atau smartphone.

2.WD My Book New USB 3.0 8TB
WD MY book 1
Tidak seperti versi portabelnya yang berukuran 2.5 inci, WD My Book USB 3.0 8TB hanya hadir dengan pilihan warna bodi hitam saja. Walau begitu, Anda tetap bisa menikmati fitur proteksi password dengan enkripsi hardware dan backup otomatis lewat software WD Backup untuk mempermudah proses backup data Anda.

3.Transcend StoreJet 35T3 4TB
transcend store jet 1

Hard disk eksternal dengan kapasitas 4TB ini akan menghemat meja kerja Anda berkat desain bodi langsing yang diusungnya. Untuk mempermudah Anda, Transcend telah melengkapinya dengan fitur backup otomatis serta dukungan fitur enkripsi untuk melindungi data yang tersimpan di dalamnya. Tidak hanya itu saja, hard disk ini juga dilengkapi dengan mode Power saving untuk menghemat listrik.

4. LaCie d2 Quadra 3TB USB 3.0
lacie d2 quadra 1

Dibandingkan ketiga hard disk eksternal, LaCie d2 Quadra tampil dengan casing alumunium berdesain unibodi. Meski kapasitasnya hanya 3TB, hard disk ini menjanjikan kecepatan trasnfer data yang lebih cepat berkat dukungan dual port Thunderbolt 2, USB 3.0, dan Hard Disk berkecepatan 7200RPM. Fitur lain yang dikalah menarik, LaCie d2 Quadra 3TB USB 3.0 juga telah dilengkapi dengan fitur proteksi enkripsi AES 256-bit untuk mengamankan data yang tersimpan di dalamnya.

Back to top button