Quantcast

5 Hal Keren yang Bisa dilakukan dengan HP Active Stylus di Spectre x360 (2017)

Menggunakan laptop biasanya identik dengan berkutat menggunakan keyboard dan touchpad atau mouse sebagai alat input yang utama. Jika menggunakan laptop 2-in-1 atau convertible, Anda biasanya akan dapat berinteraksi langsung di layarnya menggunakan sentuhan jari.

Namun interaksi dengan layar sentuh menggunakan jari tersebut hanya optimal saat Anda menavigasi browser, memilih menu atau mengetik dengan keyboard virtual seperti layaknya pada ponsel dan tablet.

Untuk interaksi yang lebih presisi, dibutuhkan pena stylus seperti yang dimiliki laptop convertible terbaru HP untuk tahun 2017 yaitu Spectre x360 2017.

Laptop convertible dengan pena stylus aktif

Satu nilai lebih dari HP Spectre x360 2017 yang masih jarang dimiliki laptop lain di kelasnya adalah adanya pena stylus aktif di paket penjualannya. Pena digital yang diberinama HP Active Stylus ini menggunakan baterai AAA. Fungsinya sendiri cukup jelas, yaitu sebagai alat input yang amat presisi.

Dalam paket pembeliannya, HP Spectre x360 2017 telah dibekali stylus digital aktif. Menggunakan pena ini, pengguna akan dapat menggambar atau menulis tangan dengan lancar hampir seperti menulis di kertas biasa dengan pena biasa. Windows 10 sendiri telah menyiapkan beberapa aplikasi menarik yang telah dioptimalkan untuk Windows Ink.

Menggandeng Microsoft, HP Spectre x360 2017 ternyata mampu memberikan pengalaman menggunakan pena digital yang amat baik. Pada update Microsoft Windows 10 terbaru, Microsoft memperkenalkan Windows Ink Workspace. Tambahan baru dari Windows 10 ini menyatukan semua fitur dan aplikasi yang telah dioptimalkan untuk penggunaan pena di layar.

Lalu hal keren apa saja yang bisa dilakukan di HP Spectre x360 2017 dengan pena stylus aktifnya?

1. Menulis catatan digital yang pintar

Walaupun dunia kerja selalu identik dengan komputer, namun ternyata tidak semua pengguna nyaman mencatat dengan menggunakan keyboard. Sebagian pengguna masih lebih nyaman menulis dengan pena. Dengan HP Active Stylus, Anda bisa mencatat di layar HP Spectre x360 2017 seperti layaknya menulis di kertas biasa.

Bagi yang gemar menulis catatan pengingat di Sticky Notes, Windows Ink Workspace juga telah dilengkapi aplikasi Sticky Notes yang berguna untuk mencatat tugas, janji, atau sekedar menulis nama atau nomor yang harus diingat. Bedanya, Anda dapat meminta Sticky Notes untuk mengingatkan pada waktu yang telah ditentukan.

Untuk pengguna yang membutuhkan fitur pencatatan yang lebih lengkap, dapat mencoba Microsoft OneNote yang bisa diunduh melalui Windows Ink App Store.

2. Menggambar dengan lebih presisi

Ditenagai baterai AAAA, pena stylus ini akan dapat digunakan untuk menggambar dengan lebih presisi. Microsoft juga telah menyediakan aplikasi SketchPad di Windows Ink Workspace. Konsep aplikasi ini lebih mirip seperti papan tulis digital yang langsung dapat menyimpan hasil coretan ke dalam laptop.

Jika kurang cocok dengan aplikasi ini, Anda juga bisa mengunduh aplikasi inking seperti Sketchbook dari Autodesk yang ditujukan untuk keperluan profesional atau Bamboo Paper dari Wacom yang mirip seperti buku catatan digital dengan opsi penggantian jenis kertas.

3. Menambahkan coretan di atas aplikasi apa pun yang dijalankan

Mungkin Anda hanya perlu membubuhkan sedikit tulisan di gambar atau aplikasi yang sedang dijalankan. Untuk keperluan itu, Microsoft telah menyediakan Screen Sketch yang dapat menangkap gambar di layar dan kemudian memberikan keleluasaan bagi Anda untuk menambahkan coretan apa pun.

Misalnya, Anda sedang memeriksa dokumen yang dikirimkan dalam format Microsoft Word. Dengan pena stylus HP Spectre x360 2017, Anda tinggal mencoret atau melingkari bagian-bagian yang perlu direvisi langsung di layar.

Anda juga bisa langsung menambahkan coretan pada hasil foto yang sedang disunting menggunakan aplikasi seperti PicsArt. Hasil akhirnya kemudian akan dapat disimpan dan dibagikan ke orang lain dengan cepat. Intinya, semua aktivitas akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan dengan HP Spectre x360 2017 dan HP Active Pen Stylus.

4. Memberi tandatangan atau catatan pada dokumen

Bagi yang sudah pernah mencoba menandatangani dokumen digital menggunakan mouse, tentunya akan sangat mengapresiasi fitur ini. Menggunakan pena, Anda akan dapat membuat tandatangan yang presisi dan mirip seperti tandatangan di kertas.

Memanfaatkan aplikasi seperti DocuSign, misalnya, Anda bisa menandatangani dokumen elektronik dengan mudah seperti layaknya menandatangani dokumen kertas. Untuk keperluan lain, Anda juga bisa membubuhkan tanda tangan pada hasil karya kreatif. Misalnya seperti pada hasil foto atau hasil sketsa yang layak jual pada aplikasi gambar yang digunakan.

5. Mewarnai untuk melepas stres

Selain menyenangkan, ternyata mewarnai dapat menjadi terapi untuk melepas stres bagi Anda yang selalu diterjang hiruk pikuk aktivitas kehidupan modern. Salah satu yang populer adalah Zen, aplikasi mewarnai untuk pengguna dewasa. Sensasi mewarnai dengan pena tentunya amat berbeda dengan mewarnai dengan jari.

Dengan tingkat presisi pena yang lebih baik dibandingkan jari tangan, hasil akhirnya tentu juga akan lebih memuaskan. Tidak hanya bagi orang dewasa, aplikasi mewarnai juga marak tersedia bagi anak-anak seperti Color by Disney.

Masih banyak aplikasi keren Windows Ink lain yang jumlahnya terus bertambah. Dengan tambahan pena ini, HP Spectre x360 2017 mampu tampil menonjol sebagai laptop convertible yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai HP Spectre x360 2017, dapat membaca ulasannya di artikel berikut.

Komentar

comments

No more articles