Quantcast

Review HP Spectre x360 2017, Laptop 13,3 Inci Paling Tipis dari HP yang Mengejutkan

Mewah, cepat, dan fungsional
Cek Harga

Kesan pertama itu penting.

Penelitian menunjukkan bahwa kita sudah mengambil kesimpulan tentang seseorang yang baru dikenal dalam waktu 30 detik hingga 2 menit pertama.

Lalu bagaimana jika kita menilai sebuah laptop kelas premium? Kali ini kami akan mengulas tentang HP Spectre x360 versi 2017, laptop convertible tercanggih dari HP di awal tahun 2017.

HP’s Thinnest 13.3-inch

Kesan pertama yang diberikan amat positif, dimulai dari saat melihat kotak kemasannya yang dirancang khusus. Paduan warna hitam dan warna emas yang ada di bodi laptop juga diterapkan di kotaknya. Begitu dibuka, Anda akan langsung disambut laptopnya. Di bawah laptop, Anda akan menemukan charger, dongle, serta pena stylus.

Menggunakan bahan anodized aluminium, laptop ini tidak hanya tampil cantik tapi juga lebih kokoh. Paduan warna abu-abu tua pada bodi (tersedia juga warna silver) dan aksen warna keemasan pada bingkai dan sisi sampingnya sukses memberikan aura kemewahan yang modern dan tidak berlebihan baik saat dilihat maupun disentuh.

Memiliki ketebalan bodi yang hanya sekitar 12,5mm, Spectre x360 2017 merupakan laptop HP tertipis di kategori layar 13,3 inci. Dengan bodinya yang amat tipis, laptop ini hanya dapat memuat dua port USB Type-C (berfungsi ganda sebagai power adapter), 1 port USB Type A, tombol volume, dan tombol power. Untungnya, HP menyertakan tiga adapter di dalam paket pembelian untuk port HDMI, VGA, dan Ethernet. Sayangnya ini berarti tidak ada slot card reader internal sehingga Anda harus menggunakan card reader terpisah.

Bobot ringan untuk mode tablet yang nyaman

Bodinya yang amat ramping itu juga membuatnya mudah disimpan di tas atau dibawa-bawa. Saat ditenteng, bodinya juga tidak licin dan tetap mantap di tangan. Ini penting mengingat laptop ini juga dapat berfungsi sebagai tablet.

Dengan bobot ringan yang hanya sekitar 1,2kg, HP Spectre x360 2017 tetap nyaman saat digunakan sebagai tablet. Mekanisme putarnya tergolong halus, dengan engsel yang meyakinkan saat layar diputar. Sedikit catatan, jika kita berjalan cukup cepat sambil membawa laptop dengan layar terbuka, engselnya akan sedikit bergeser.

Selaras dengan guratan desainnya yang modern dan minimalis, desain tombol keyboard HP Spectre x360 2017 juga mengadopsi arahan desain yang sama. Tidak hanya nyaman dilihat, tombol keyboard yang disajikan juga amat nyaman saat digunakan mengetik dengan tingkat kedalaman tiap tombol yang cukup optimal.

Touchpad HP Spectre x360 2017 terlihat harmonis, menyesuaikan keyboard bergaya futuristiknya. Desain touchpad yang lebar ini memang nyaman saat digunakan, tapi juga berarti pengguna yang belum terbiasa akan salah klik saat ingin mengklik tombol kanan touchpad.
Secara keseluruhan, HP Spectre x360 2017 sukses tampil sebagai salah satu laptop convertible paling menawan di pasaran saat ini.

Kinerja cepat untuk laptop ekstra tipis

Laptop yang kami uji datang dengan prosesor Intel Core i7-7500U generasi ke-7 (Kaby Lake) yang tertinggi untuk kelas laptop ultra-portable. Selain itu, juga ada RAM DDR4 16GB dan SSD NVMe M.2 512GB yang lebih cepat dibandingkan SSD kebanyakan.

Ini berarti HP Spectre x360 2017 akan lebih dari memadai jika hanya digunakan untuk browsing, membuat spreadsheet dan presentasi, atau menyunting foto dan video. Untuk bermain game, GPU Intel HD620 yang dimilikinya akan dapat menangani game-game yang tidak terlalu berat seperti PES, FIFA, Minecraft, atau League of Legends pada resolusi yang lebih rendah. Hal yang wajar mengingat laptop ini memang tidak ditujukan bagi gamer.

Salah satu kelebihan prosesor Intel Core i generasi ketujuh terletak pada efisiensi konsumsi dayanya. Saat dicoba memutar video tanpa henti, laptop ini mampu bertahan sekitar 9 jam. Ketika dites untuk mengetik dan menyunting foto, laptop ini mampu bertahan lebih dari 10 jam. Ini merupakan pencapaian yang impresif apalagi jika mencermati bodinya yang tipis dan ringan. Tidak hanya itu, pengisian baterai juga dapat dilakukan dengan cepat. Anda bisa mengisi baterainya hingga 50% dalam waktu 30 menit.

HP Spectre x360 2017 telah dilengkapi layar 13,3 inci Full HD yang terang (300 nits). Tersedia juga opsi dengan layar 4K yang jauh lebih tajam.

Dari sisi tampilan, HP Spectre x360 2017 hadir dalam dua pilihan resolusi yaitu Full HD dan 4K UHD. Pada unit yang kami ulas, layar 13 inci dengan resolusi Full HD miliknya mampu menampilkan beragam konten dengan tajam dan kaya warna. Saat dicoba memutar Rogue One, efek visual dari film tersebut dapat ditampilkan dengan baik. Begitu pula saat menayangkan slideshow foto beresolusi tinggi. Layarnya terasa nyaman dipandang dengan saturasi yang tidak berlebihan dan kontras yang amat baik. Untuk respons terhadap sentuhan jari, layar HP Spectre x360 2017 juga termasuk amat baik. Dan ini tidak mengherankan mengingat layar sentuhnya tidak hanya didesain untuk berinteraksi dengan jari saja.

Ideal untuk kerja dan hiburan

Dalam paket pembelian Spectre x360 2017, HP telah menyertakan sebuah pena stylus aktif yang ditenagai baterai AAA sebagai alat input di layar sentuhnya. Dengan menggunakan pena ini, Anda bisa merasakan pengalaman Windows Ink seperti pada Microsoft Surface. Kami langsung mencobanya menggunakan aplikasi yang mendukung seperti OneNote versi baru dan SketchPad.

Dan hasilnya membuat kami terpukau.

Menulis dan mencorat-coret layar dengan pena stylus HP ini terasa begitu lancar dan nyaris mirip seperti menulis di atas kertas biasa. Sayangnya tidak ada tempat menyimpan pena atau sudut magnet untuk menempelkannya di laptop. Anda harus membawa pena ini secara terpisah sehingga rentan hilang atau ketinggalan.

Untuk menghibur penggunanya, HP Spectre x360 2017 juga mengusung sistem audio yang mumpuni. Dengan tatanan empat speaker oleh Bang & Olufsen, laptop ini mampu menyajikan suara yang baik untuk berbagai keperluan. Selain ada dua speaker di bagian ujung kiri dan kanan bawah bodi, juga ada dua speaker yang bersembunyi di grille antara engsel layar dan keyboard. Dari pengujian, suara yang dihasilkan speaker ini cukup lantang dan jernih tanpa distorsi saat memutar lagu atau video.

Reinvent Your Obssesion

Memenuhi kebutuhan pengguna segmen premium yang mementingkan kualitas tertinggi bukanlah hal mudah. Namun Spectre x360 2017 merupakan contoh yang amat baik bagaimana HP dapat melampaui ekspektasi yang tinggi itu. Desain tipis dan mewah yang kuat, layar berkualitas tinggi, kinerja cepat, serta dukungan fitur-fitur canggih di kelasnya menjadi HP Spectre x360 2017 sebagai salah satu notebook convertible terbaik sejauh ini.

Jadi bagi yang sedang mencari notebook convertible dengan paduan desain dan performa terbaik, HP Spectre x360 2017 amat layak menjadi pertimbangan Anda.

Yang Canggih:
+ Desain tipis dan mewah dengan paduan warna premium
+ Bodi menggunakan bahan aluminium yang kuat
+ Layar berkualitas tinggi
+ Keyboard dan touchpad nyaman digunakan untuk waktu yang lama
+ Daya tahan baterai amat baik
+ Performa kencang
+ Paket pembelian telah menyertakan adapter port dan stylus
+ Respons layar terhadap sentuhan dan pena amat baik
+ 4 speaker dari B&O jernih dan lantang

Yang Kurang:
– Engsel layar dapat bergerak sendiri jika terguncang cukup keras
– Tidak ada memory card reader internal
– Hanya ada satu port USB Type A
– Bekas sidik jari amat mudah menempel di bodi dan layarnya
– Pena harus disimpan terpisah

Review HP Spectre x360 (Kaby Lake 2017)
Salah satu laptop convertible tercanggih saat ini
Desain tipis dan mewah yang kuat, layar berkualitas tinggi, kinerja cepat, serta dukungan fitur-fitur canggih di kelasnya menjadi HP Spectre x360 2017 sebagai salah satu notebook convertible terbaik sejauh ini.
Mewah, cepat, dan fungsional
Cek Harga

Komentar

comments

No more articles