Quantcast

Review Canon PowerShot G7 X Mark II, Kamera Ringkas Andalan Vlogger & Traveller

Kamera mungil yang keren
Cek Harga

Memasuki generasi keduanya, Canon Powershot G7 X, yang merupakan salah satu kamera saku premium dari Canon tampil semakin menjanjikan. Pasalnya, tidak hanya mengedepankan fitur canggih Canon Powershot G7 X Mark II juga menawarkan hasil foto dan video yang lebih baik berkat sederetan teknologi dan fitur baru yang diusungnya.

Desain tambah ergonomis

Pembaruan pertama yang dilakukan oleh Canon di Canon Powershot G7 X Mark II adalah mengubah kemasan desainnya.

Canon Powershot G7 X Mark II hadir dengan bodi metal yang terasa amat kokoh. Desainnya sendiri terlihat sangat berbeda dengan generasi lawasnya. Walau begitu dimensinya yang ringkas tetap dipertahankan. Dengan demikian Anda tidak akan repot membawanya dan sangat ideal diajak sebagai teman liburan.

Hadirnya tambahan grip di bodinya tidak dimungkiri menjadi nilai tambah dari G7 X Mark II. Berkat grip tersebut kamera ini menjadi semakin nyaman saat digenggam tangan. Kami pun merasa grip ini sangat membantu terutama di skenario memotret dengan satu tangan, atau melalukan vlogging.

Layar maksimal untuk selfie dan vlogging
Sebelum membahas area lensa, mari kita telusuri lebih jauh sektor layar dari Canon Powershot G7 X Mark II. Kamera ini hadir dengan layar sentuh berukuran 3 inci yang bisa dilipat keatas 180° atau kebawah 45°. Respon layarnya dengan jari juga sangat baik sehingga sangat mempermudah saat memilih opsi menu pengaturan tanpa harus repot menekan tombol-tombol yang ada di bodinya.

Layarnya ini ditemani 5 tombol dengan satu cincin putar dan D-pad untuk navigasi. Kelima tombol miliknya berukuran cukup besar dan nyaman untuk ditekan. Sementara di bagian atasnya terdapat tombol on/off, tombol shutter lengkap dengan tuas zoom dan knop untuk mengatur kompensasi eksposur. Kemudian di samping kanan bisa ditemukan sebuah tombol untuk mengaktifkan WiFi.

Di G7X Mark II Anda juga tidak akan menemukan jendela bidik elektronik. Absennya slot hot-shoe semakin mempertegas Anda tidak akan bisa memasang modul aksesoris sperti flash, mic, atau jendela bidik elektronik di kamera ini. Walau begitu, Canon tetap melengkapinya dengan flash internal yang cukup memadai digunakan memotret di kondisi temaram.

Lensa ideal untuk beragam kebutuhan, lengkap dengan cincin kendali
Di bagian muka Canon Powershot G7 X II dipersenjatai lensa sudut lebar 24mm. Lensa ini hadir dengan bukaan diafragma lensa f/1.8-2.8 yang sangat mendukung saat digunakan memotret di kondisi minim cahaya atau ingin memotret dengan efek bokeh blur dibelakang obyek.

Selain itu, lensa tersebut juga bisa melakukan zoom dengan kemampuan zoom optical 4.2x yang membuatnya setara dengan lensa (24-100mm di kamera 35mm). Dengan begitu G7X Mark II bisa diandalkan untuk beragam situasi pemotretan dari landscape hingga portrait di beragam kondisi pencahayaan.

Sektor lensanya pun dilengkapi dengan tambahan sebuah cincin putar. Berkat cincin tersebut Anda bisa melakukan pengaturan fokus secara manual atau menggunakannya untuk memilih opsi pengaturan kamera dengan lebih cepat dan mudah. Untuk memilih opsi mana yang ingin digunakan bisa melalui sebuah tuas pemilih yang telah tersedia.

Fitur cukup lengkap
Untuk mendukung kegiatan memotret Canon melengkapi G7 X Mark II dengan beragam fitur dan mode pemotretan seperti Auto, Hybrid Auto, Program, Shutter Priortiy (Tv), Aperture priority dan Manual. Selain itu tersedia juga beragam opsi Picture Style yang bisa dipilih sesuai dengan selera dan kondisi pemotretan di lapangan. Untuk mengasah kreativitas, G7 X Mark II juga menyediakan sejumlah efek filter yang bisa digunakan untuk menghasilkan foto yang lebih kreatif.

Berkat hadirnya fitur sentuhan di layarnya Anda pun bisa dengan mudah menentukan area fokus hanya dengan menyapu jari di layarnya. Atau, memotret hanya dengan menyentuh area layarnya saja lewat fitur touch/focus shutter.

Fitur berguna lain, di sini Anda juga bisa menemukan filter ND terintegrasi yang amat berguna untuk memotret di kondisi pencahayaan yang sangat terang untuk mengurangi kompensasi eksposur. Selain itu tersedia mode Panning untuk memotret subyek yang bergerak sangat cepat dengan efek blur dibagian belakang subyek, dan mode time lapse untuk mempermudah membuat video time lapse.

G7 X Mark II juga dilengkapi dengan kemampuan memotret dalam format RAW. Bahkan hasil foto RAW tersebut bisa langsung diolah di kamera dan dikonversi ke format JPEG tanpa perlu lagi bantuan komputer.

Dan untuk konektivitasnya G7 X Mark II telah mendukung konektivitas WiFi dan punya fitur NFC untuk terhubung ke perangkat smartphone lebih cepat.

Hasil Foto dan video memuaskan

Di balik bodi mungilnya Canon PowerShot G7 X Mark II dilengkapi dengan sensor CMOS 20.1 megapixel berukuran 1 inci.

Sensor gambarnya tersebut dipasangkan dengan prosesor terbaru Canon, DIGIC 7. Berkat sensor dan prosesornya ini Canon PowerShot G7 X Mark II menawarkan kemampuan memotret tanpa henti 8fps dan memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan versi lawasnya.

IMG_0001

Hal pertama yang kami rasakan adalah waktu start up yang terasa sangat cepat. Kemudian, kemampuannya melalukan pencarian fokus pun terasa lebih cepat dan akurat.

IMG_0159

IMG_0484

IMG_0444

Hasil fotonya di kondisi pencahayaan yang cukup di dalam atau luar ruangan pun amat baik dengan hasil foto yang tajam dan detil. Kemampuannya mengendalikan noise di ISO tinggi juga layak diacungi jempol. Meski menawarkan opsi pengaturan ISO hingga ISO 12800 (bisa diekspansi hingga ISO 25600) di pengaturan ISO hingga ISO 6400 noise mulai nampak namun ketajaman foto masih bisa tetap terjaga dan cukup layak cetak untuk seukuran kartu pos.

ISO 800
IMG_0247

ISO 6400
ISO 6400

Hasil foto Canon G7 X Mark II yang lain tanpa proses penyuntingan bisa dilihat di akun resmi Flickr resmi yangcanggih.com berikut ini.

Untuk yang gemar merekam video, G7 X Mark II mampu merekam video di resolusi Full HD 60fps dengan sangat baik. Fitur image stabilization miliknya yang hadir dengan teknologi Dual Sensing IS pun amat membantu untuk meminimalkan blur akibat goyangan tangan. Hasil videonya bisa dilihat berikut ini.

Kesimpulan
Kamera saku premium saat ini memang bisa menjadi alternatif untuk pengguna yang mulai tidak puas dengan hasil jepretan kamera smartphone dan belum ingin beralih ke kamera DSLR atau mirrorless.

Meski tidak dilengkapi dengan jendela bidik, desain bodinya yang ringkas dan mudah dibawa kemana saja, serta hasil jepretan foto dan rekam video yang amat memuaskan, menjadikan kami tidak ragu merekomendasikan kamera yang dijual dengan harga Rp6.870.000 ini sebagai kamera saku untuk teman liburan Anda.

Canon PowerShot G7 X Mark II
Teman liburan yang handal
Hasil jepretan foto dan rekam video yang amat memuaskan, menjadikan kami tidak ragu merekomendasikan kamera yang dijual dengan harga Rp6.870.000 ini sebagai kamera saku untuk teman liburan Anda.
Kamera mungil yang keren
Cek Harga

Komentar

comments

No more articles