Quantcast

Review Samsung 55KS9000 : TV Pertama Samsung dengan Teknologi Quantum Dot

8.4
Cek Harga

Di dunia yang didominasi perangkat dengan layar kecil, televisi seakan melawan tren dengan menghadirkan televisi yang memiliki layar berukuran ekstra besar. Jika dulu televisi berukuran 50 inci sudah terasa sangat besar, maka kini televisi dengan ukuran di atas 50 inci akan dapat ditemukan dengan mudah.

Desain mewah

Lalu apakah yang diharapkan dari sebuah TV kelas atas keluaran tahun 2016? Apakah kualitas gambar yang memukau? Kemudahan koneksi ke Internet dan gadget lain? Atau desain tipis yang menawan?

Itulah pertanyaan-pertanyaan yang hinggap di kepala saat mencoba TV layar cekung terbaru dari Samsung, 55KS9000.

Begitu pertama kali melihatnya setelah dipasang, saya cukup terkesan dengan estetika desainnya. Pilihan desain untuk televisi kelas atas Samsung tahun ini terasa tepat. Kesan mewah lebih kentara, dengan dominasi warna siver yang timeless dan elegan. Desain stand KS9000 kini dibuat melengkung, mengikuti seperti desain panel layarnya. Bingkainya yang tipis dan nyaris tak terlihat memberikan ilusi melayang yang memberikan kesan canggih saat melihatnya.

Keharmonisan desain futuristik dan minimalis ini menjadikan KS9000 sebagai salah satu TV tercantik yang ada di pasaran saat ini.

Teknologi Quantum Dot
Tentunya sebagai televisi kelas atas, kualitas gambar juga wajib menjadi prioritas utama. Satu fitur baru yang dimiliki KS9000 adalah teknologi Quantum Dot. Menurut Samsung, TV dengan teknologi ini akan dapat menampilkan warna yang lebih kaya. Dengan Quantum Dot, TV TV mampu menampilkan gradasi warna yang lebih luas dibandingkan TV tanpa Quantum Dot.

Misalnya Anda sedang menonton tayangan National Geographic yang menggambarkan keindahan hutan, maka warna hijau dedaunan yang ditampilkan akan dapat ditampilkan lebih nyata dengan gradasi warna yang halus.

Menonton konten 4K di TV ini menjadi sebuah keasyikan tersendiri. Kualitas visual yang ditampilkanya benar-benar memukau. Dari pengujian kami saat memutar berbagai konten, Samsung KS9000 memang mampu menampilkan warna yang lebih halus tanpa berlebihan. Dengan begitu TV ini akan ideal bagi penonton yang ingin menikmati kualitas visual dengan warna yang vibrant, tapi tidak terlalu berlebihan kematangannya sehingga kurang nyaman di mata.

Kami juga mencoba memutar video Full HD, yang langsung disesuaikan dengan resolusi TV. Hasil upscaling resolusi video Full HD menjadi 4K patut diacungi jempol, dengan kontras dan saturasi warna yang amat baik. Untuk film aksi dengan gerakan cepat, Anda bisa mengaktifkan fitur xxxx untuk mendapatkan gerakan yang halus dan tidak patah-patah. Perlu dicatat, fitur ini kurang cocok bagi film dengan gerakan lambat karena akan membuatnya terlihat kurang alami.

Ada beberapa pengaturan gambar otomatis berdasarkan konten. Bagi yang suka menonton film, dapat memilih mode Movie yang membuat gambar terlihat lebih “warm” (kekuningan) yang memberikan kesan sinematik.

Singkatnya, Samsung KS9000 mampu menampilkan video resolusi tinggi dengan apiknya, baik untuk video 4K maupun video Full HD.

OS Tizen Kini Lebih Baik
Fitur “Smart” pada KS9000 mengandalkan sistem operasi Tizen yang dikembangkan Samsung sendiri. Anda dapat memasang berbagai aplikasi seperti layaknya Smart TV kebanyakan. Walaupun jumlah dan kualitas aplikasi Tizen masih di bawah Android, namun setidaknya beberapa aplikasi yang wajib dimiliki sebuah TV kelas atas seperti Netflix, YouTube, dan beberapa layanan video streaming lainnya dapat ditemukan di TV ini.

Ada juga beberapa game, tapi dengan kualitas yang masih di bawah versi Android. Jadi Anda tetap direkomendasikan menggunakan ponsel atau tablet Android dan melakukan Screen Mirroring ke TV jika ingin bermain game di layar besar.

Dari sisi kinerja, OS Tizen termasuk responsif. Menavigasi menu dan aplikasi dapat dilakukan dengan lancar dan mulus. Saat memilih sebuah fungsi atau menjalankan aplikasi, TV akan dapat merespons dengan cepat.

Untuk kualitas suara, speaker standar 55KS9000 sudsah cukup lantang, Jika dirasa kurang, sandingkan TV dengan soundbar Samsung yang memiliki kualitas suara lebih baik.

Kesimpulan
Selain mampu menampilkan tayangan dengan kualitas wahid, televisi kelas atas masa kini juga dituntut mampu memberikan kepintaran yang relevan dengan hidup sehari-hari. TV Samsung 55K9000 ini merupakan salah satu contoh produk pintar yang ada di Indonesia.

Paduan desain yang menarik sekaligus futuristik, serta tersedianya beberapa aksesori yang pas dengan desain KS9000. Untuk menjaga kualitas layar, TV Samsung ini memiliki keunggulan dalam bentuk teknologi Quantum Dot.

Dengan kombinasi desain menawan dan kualitas tampilan yang amat menyenangkan, Samsung 55KS9000 layak menjadi rekomendasi bagi Anda yang sedang berpikir mengganti atau menambah televisi mereka. Untuk saat ini, Samsung 55KS9000 dijual di kisaran 26 jutaan rupiah.

Yang Canggih:
+ Desain menawan dan terlihat mewah
+ Kualitas layar amat baik, terutama saat memutar video 4K
+ Respons cepat, berkat prosesor quad-core yang digunakannya
+ Tersedia soundbar dengan desain yang selaras dengan TV
+ Mudah digunakan, berkat menu yang jelas dan tidak bertele-tele
+ Menampilkan konten dari smartphone atau tablet dapat dilakukan dengan mudah

Yang Kurang:
– Harga jual relatif premium
– Kualitas suara dari speaker internalnya termasuk standar

Review Samsung 55KS9000
Samsung 55KS9000
8.4
Cek Harga

Komentar

comments

No more articles