Quantcast

Review Lenovo Ideapad 310-15ABR

Tidak seperti laptop 14 inci, laptop dengan ukuran layar 15 inci masih belum banyak menarik minat konsumen. Pasalnya, selain ukuran yang lebih bongsor, berat dan kurang ideal diajak bermobilitas, masih ada anggapan laptop dengan layar 15 inci umumnya dibanderol dengan harga yang lebih mahal.

Beberapa faktor inilah yang membuat laptop 15 inci masih kalah populer dengan laptop 14 inci di pasaran. Padahal, jika ditelusuri lebih lanjut laptop dengan layar 15 inci ada juga yang harganya relatif terjangkau. Seperti persembahan AMD dan Lenovo yang akan kami review berikut ini yaitu Lenovo Ideapad 310-15ABR.

Bodi bongsor dan kokoh
Hadir dengan ukuran layar 15 inci, Lenovo Ideapad 310-15ABR memang bukanlah laptop yang mengedepankan portabilitas. Dimensinya yang besar cukup menyita banyak ruang di dalam tas. Dengan bobot sekitar 2.2 Kg, laptop ini lebih cocok untuk para pelajar atau mahasiswa yang lebih sering mengerjakan tugas di rumah dan jelas bukan pilihan yang tepat untuk para mobile worker.

Desain Lenovo Ideapad 310-15ABR juga tidak terlalu istimewa. Keseluruhan bodinya terbuat dari plastik. Walau begitu secara keseluruhan bodinya terasa amat solid dan kokoh. Satu kekurangannya menurut kami hanyalah di bagian cover penutup. Cover penutup yang berwarna hitam tersebut cukup mudah kotor akibat jejak jari tangan jadi harus sering dibersihkan.

Di sektor konektivitas, bodinya yang bongsor membawa sederetan port konektivitas yang komplit. Penempatan semua port konektivitasnya juga amat baik dan tidak menggangu satu sama lain. Bahkan Anda bisa menemukan satu ODD untuk membaca CD/DVD.

Yang cukup disayangkan, kami hanya menemukan satu port USB 3.0 di laptop ini. Jumlah port USB 2.0 lebih banyak yaitu sebanyak 2 port. Port konektivitasnya yang lain mencakup port VGA, HDMI, RJ45 LAN, 4 in 1 card reader dan 3.5mm combo audio jack.

Keyboard cukup nyaman

Sektor keyboard Lenovo Ideapad 310-15ABR hadir dengan gaya chiclet berukuran penuh. Walau belum dilengkapi fitur lampu backlit, semua tombol di keyboarnya ini nyaman digunakan untuk mengetik. Respon area touchpad mouse dengan sentuhan jari juga amat baik. Hanya saja tombol klik kiri dan kanan mouse terasa agak keras dan kurang nyaman untuk ditekan.

Layar Full HD cukup untuk beragam kebutuhan

Daya tarik lain dari Lenovo Ideapad 310-15ABR kemudian berlanjut di sektor layarnya. Di posisikan sebagai laptop multimedia kelas entry, laptop ini tampil dengan layar yang resolusinya Full HD.

Layarnya tersebut sudah mampu menyajikan tampilan yang cukup tajam dengan warna yang relatif akurat. Sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan mengolah dokumen, browsing, hingga menikmati koleksi film favorit dan bermain game. Sayangnya, di lihat dari sudut tertentu tampilan di layarnya ini memang masih akan terlihat adanya penurunan kualitas. Ini pun bagi kami cukup wajar mengingat panel layarnya bukanlah panel layar IPS.

Agar lebih maksimal menikmati konten multimedia di laptop ini, sektor audionya juga telah didukung dengan sepasang stereo speaker dengan teknologi Dolby Audio. Kualitas suara yang dihasilkannya pun tergolong baik dan terasa cukup bertenaga.

Performa cukup andal, daya tahan baterai lumayan
Mempertahankan harga yang terjangkau, AMD dan Lenovo jelas tidak mengorbankan sektor performa laptop ini. Diotaki APU AMD generasi ketujuh, AMD A12-9700P, Lenovo Ideapad 310-15ABR juga menawarkan konfigurasi RAM 4GB DDR4 dan menyediakan ruang penyimpanan hard disk dengan kapasitas 1TB. Ruang penyimpanannya yang besar ini tentu saja akan lebih menguntungkan untuk para penggemar konten multimedia karena tidak perlu repot lagi menambah ruang penyimpanan untuk sekedar menyimpan koleksi gambar, game, film hingga musik favorit.

Jika kurang puas dengan keseluruhan performanya, sektor RAM miliknya yang telah mendukung konfigurasi dual channel ini bisa diupgrade hingga maksimum 8GB untuk performa komputasi yang lebih optimal. Untuk model yang kami review berikut telah dilengkapi dengan RAM 8GB.

Dengan spesifikasinya tersebut Lenovo Ideapad 310-15ABR mampu menyajikan performa yang cukup lumayan untuk kebutuhan komputasi mendasar seperti olah dokumen, browsing hingga penyuntingan foto dan video yang ringan.

Disokong kartu grafis Radeon R8 M435DX Dual Graphics laptop ini pun masih bisa diandalkan untuk bermain game. Dari pengujian kami, performa gamingnya memang tidaklah terlalu istimewa. Beberapa judul game populer seperti CS:GO, DOTA 2, hingga game sejuta umat PES 2017 masih bisa dijalankannya dengan cukup baik di pengaturan grafis minimal hingga medium di pengaturan resolusi tertentu. Dengan demikian bagi Anda yang mengicarnya untuk gaming kelas berat, laptop ini memang bukanlah pilihan yang ideal. Walau begitu, bagi para pecinta multimedia laptop ini sangat bisa diandalkan dengan kemampuannya memutar koleksi film berkualitas Full HD bahkan 4K dengan baik. Untuk hasil Benchmark dari Ideapad 310-15ABR berikut ini:

Beralih ke sektor baterai, untuk pemakaian sehari-hari baterai Lenovo ideapad 310-15ABR cukup lumayan bisa diandalkan. Untuk mengetik sambil terhubung ke WiFi, pengaturan gelap terang layar 50% dan sesekali browsing dan memutar video di Youtube baterainya bisa bertahan hingga sekitar 4 jam. Untuk menonton film Full HD berdurasi 2 jam baterainya dari 100% masih menyisakan sekitar 18% ketika film habis.

Kesimpulan
Ideapad 310-15ABR memang bukanlah laptop dengan layar 15 inci pertama di pasaran yang hadir dengan performa APU AMD. Dibandingkan kompetitornya yang lain di pasaran, dengan harga jual yang dipatok di angka Rp7.299.000 Ideapad 310-15ABR unggul di sektor layar yang resolusinya lebih tinggi dengan layar Full HD 1920 x 1080 pixel.

Melihat harga dan performa yang ditawarkannya, laptop ini bisa jadi pilihan untuk para konsumen yang berdana terbatas namun mengincar sebuah laptop dengan layar besar dan performa yang cukup lumayan untuk beragam kebutuhan komputasi terutama untuk multimedia.

Yang Canggih:
+ Layar Full HD
+ Keyboard nyaman digunakan untuk mengetik
+ Perfoma lumayan
+ Harga bersaing

Yang Kurang
– Tombol klik mouse agak keras
– Hanya tersedia satu port USB 3.0
– Bobot relatif berat
– Bagian cover mudah kotor

Review Lenovo Ideapad 310-15ABR
Lenovo Ideapad 310-15ABR bisa jadi pilihan untuk para konsumen yang berdana terbatas, namun mengincar sebuah laptop dengan layar besar dan performa yang cukup lumayan untuk beragam kebutuhan komputasi terutama untuk multimedia.

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: