Quantcast
NewsPilihan

Memotret dengan Efek Bokeh Keren Menggunakan Huawei P9

Efek bokeh atau blur di bagian latar obyek dalam dunia fotografi memang mampu menjadikan hasil bidikan foto terlihat lebih menarik. Terutama untuk foto portrait, makro atau makanan.

Untuk mendapatkan efek bokeh yang sempurna resepnya cukup mudah. Anda hanya perlu memilih lensa dengan bukaan diafragma yang besar. Semakin besar bukaan diafragma, semakin mudah mendapatkan efek bokeh seperti misalnya menggunakan lensa dengan bukaan diafragma F2.0, F1.8 atau F1.4 yang umum banyak digunakan.

Huawei P9 Blur F4.0
Efek Bokeh dengan Pengaturan F/4.0

Dalam dunia fotografi mobile, menggunakan smartphone menghasilkan jepretan foto dengan efek bokeh yang keren pun kini tidak lagi mustahil untuk dilakukan. Dengan mengandalkan Huawei P9 kami berhasil membuat jepretan foto dengan efek bokeh yang keren seperti memotret menggunakan kamera digital dengan lensa berdiafragma besar. Caranya pun sangat mudah dan tidak memerlukan aksesoris lensa tambahan.

Secara spesifikasi diafragma lensa Huawei P9 memang hanya mentok di F/2.2. Walau begitu, untuk menciptakan efek bokeh atau blur dibagian belakang obyek P9 menyediakan opsi pengaturan bukaan diafragma secara digital.

Huawei P9 UI 2

Untuk mengaktifkan mode ini, saat memotret Anda hanya perlu memilih ikon diafragma yang ada di antarmuka kameranya. Istimewanya lagi, efek bokeh tersebut bisa diatur sebelum atau sesudah foto dihasilkan.

Saat mode ini aktif, ikon diafragma tersebut akan menjadi warna oranye dan Anda akan dimungkinkan untuk mengatur area fokus serta efek bokeh di bagian latar obyek.

Pilihlah area fokus di obyek lalu atur bukaan diafragma lensanya. Bukaan diafragma bisa diatur dari F/0.95 hingga F/16. Semakin kecil angka bukaan diafragma tersebut maka akan semakin blur di bagian belakang obyek. Beberapa perbandingan efek bokeh tiap bukaan difragma bisa dilihat berikut ini:

Jangan terlalu memaksakan memotret dengan bukaan diafragma yang besar jika memang keseluruhan hasil akhir foto terlihat aneh dan tidak natural. Pemilihan bukaan diafragma yang tepat tentunya akan menciptakan foto dengan efek latar bokeh yang terlihat natural seperti menggunakan kamera digital pada umumnya. Seperti foto pembuka di artikel ini pengaturan diafragma yang digunakan pun hanya di angka F/4.0

Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat memotret dengan mode ini, pertama jarak pemotretan dengan obyek haruslah tepat. Kemudian, saat memotret tangan diusahakan tidak boleh goyang dan obyek juga harus diam. Agar hasil blur lebih sempurna usahakan juga menghindari latar yang berpola di belakang subyek.

bokeh efek option 1

Untuk mengatur efek bokeh setelah foto dihasilkan, Anda hanya perlu memilih ikon diafragma di bawah foto. Selain mengatur efek bokeh, Anda pun masih bisa memindahkan area fokus sesuai keinginan atau menambahkan sejumlah filter efek bokeh lain sehingga hasil bidikan foto menjadi lebih menarik.

Back to top button