Quantcast

[CES 2017] Nvidia Shield TV 2017: Dukung Konten 4K HDR, Terintegrasi dengan Google Assistant

Setelah pertama kali diluncurkan pada 2015 lalu, Nvidia akhirnya memperkenalkan versi terbaru dari Android TV andalan mereka, Nvidia Shield TV. Di versi 2017 ini, cukup banyak peningkatan fitur yang ditawarkan oleh Nvidia.

Dukung konten 4K HDR

Nvidia Shield TV 2017 masih berbasis SoC yang sama dengan pendahulunya, yakni Tegra X1. Meski begitu, penampilannya kini lebih ramping dengan bobot yang juga jauh lebih ringan dari sebelumnya 654 gram menjadi 250 gram.

Dari beberapa fitur baru yang dibenamkan, dukungan terhadap konten 4K HDR merupakan salah satu yang paling menarik. Nvidia mengklaim, performa Shield TV 2017 tiga kali lebih tinggi dibanding produk serupa yang ada di pasaran saat ini.

Nantinya, pengguna bisa menikmati konten 4K HDR dari beberapa platform, seperti Amazon Video, Netflix, YouTube, Google Play Movies, dan VUDU.

Walaupun termasuk dalam kategori Android TV, seperti diketahui Shield TV juga didesain untuk gaming. Beberapa game terbaru siap meluncur untuk perangkat tersebut, termasuk judul-judul populer dari Ubisoft seperti Watch Dogs 2, Assassin’s Creed Syndicate, dan For Honor.

Terintegrasi dengan Google Assistant

Yang tak kalah menarik, Nvidia Shield TV 2017 adalah Android TV pertama di dunia yang terintegrasi dengan Google Assistant. Artinya, pengguna bisa menggunakan perintah suara untuk berbagai kebutuhan seperti mencari konten, pause, fast-forward, dan masih banyak lagi. Google Assistant dapat menjawab pertanyaan penggunanya tidak hanya lewat audio, melainkan juga secara visual di layar TV.

Nvidia Shield TV 2017 juga dapat berfungsi sebagai smart home hub untuk terhubung dengan berbagai perangkat pintar yang ada di rumah. Dibantu dengan aksesori microphone bernama Nvidia Spot, pengguna bisa mengontrol seisi rumahnya secara mudah lewat satu perangkat saja.

Nvidia Spot bisa diletakkan di berbagai lokasi di dalam rumah. Melalui microphone ini, Google Assistant bisa mendengar perintah suara dari manapun sehingga pengguna tidak perlu repot mendekat ke Shield TV.

Bagi yang berminat, Nvidia saat ini baru membuka pre-order untuk Shield TV 2017 dengan harga US$199.99 atau sekitar 2,6 juta rupiah, sudah termasuk controller model terbaru (sudah dibekali mic) dan remote. Nvidia Spot dijual terpisah dengan banderol US$49.99 atau sekitar 600 ribuan rupiah.

Distribusinya sendiri baru akan berlangsung akhir Januari mendatang ke Amerika Serikat, Kanada, dan beberapa negara di Eropa. Ke depannya, Nvidia berencana meluncurkan versi dengan software yang dikembangkan khusus untuk China. Sayang, belum ada informasi kapan pengguna di Indonesia bisa membeli perangkat tersebut.

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: