Quantcast

100% Canggih Award: Inilah Kamera Digital Terbaik untuk 2016

Berbagi foto dan video di media sosial telah menjadi salah satu aktivitas yang ramai digemari masyarakat modern. Walaupun didominasi hasil foto dari ponsel, namun kamera digital tetap digemari untuk memotret. Terutama bagi mereka yang serius ingin mendapatkan hasil terbaik saat memotret.

Untuk tahun 2016, cukup banyak produk inovatif yang dikeluarkan berbagai vendor kamera. Selain memiliki kemampuan memotret dalam kondisi minim cahaya yang lebih baik, kini cukup banyak kamera digital yang mampu merekam video Full HD dan 4K yang amat baik. Ini tentunya poin yang amat positif, terutama bagi konsumen yang ingin membuat konten video untuk berbagai kebutuhan.

Berikut deretan kamera terbaik dalam berbagai kategori yang muncul di tahun 2016.

1. Kamera Prosumer Terbaik 2016: Canon G7X Mark II

Kamera saku ini tidak hanya memiliki sensor 1 inci dan lensa dengan bukaan besar, tapi juga mampu merekam video Full HD yang baik. Ditambah dengan layar LCD yang bisa diputar hingga 180 derajat, kamera saku ini layak menjadi andalan vlogger atau penggemar selfie. Harganya juga relatif terjangkau untuk sebuah kamera saku dengan spesifikasinya.

Paduan spesifikasi mantap, kemudahan penggunaan, serta hasil foto dan video yang baik menjadikannya sebagai kamera prosumer terbaik di tahun 2016.

2. Kamera Superzoom Terbaik 2016: Panasonic Lumix DMC-FZ2500

Kamera prosumer dengan jangkauan lensa panjang, atau juga sering disebut superzoom, memiliki tempat tersendiri di kalangan pecinta fotografi. Selain lebih ekonomis, jangkauan lensa yang panjang memberikan kemudahan bagi pengguna yang ingin memotret dalam berbagai kondisi, mulai dari landscape hingga flora dan fauna.

Untuk tahun 2016, Panasonic Lumix DMC-FZ2500 sukses meraih gelar kamera superzoom terbaik. Paduan lensa panjang hingga 480mm, sensor berukuran 1 inci, serta ND filter terintegrasi memberikan kendali fotografi lebih yang kadang tidak ditemukan di kamera mirrorless di kelasnya.

3. Kamera Mirrorless Pemula Terbaik 2016: Panasonic Lumix DMC-GF8

Ukuran mungil namun dengan lensa yang bisa diganti-ganti merupakan kelebihan utama kamera mirrorless. Bagi pengguna pemula atau yang ingin mencicipi kamera mirrorless tapi tidak ingin menghabiskan banyak dana, Panasonic Lumix GF8 amat ideal menjadi tiket perdana untuk memasuki dunia mirrorless.

Dengan desain ringkas dan keren, layar sentuh yang bisa diputar, hasil foto oke, serta harga yang relatif terjangkau, Panasonic Lumix GF8 kami nobatkan sebagai kamera mirrorless kelas pemula terbaik di tahun 2016.

4. Kamera Mirrorless Kelas Menengah Terbaik 2016: Sony Alpha a6300

Tidak hanya jago memotret, Sony Alpha a6300 juga handal untuk urusan video. Kamera yang bisa merekam video 4K ini juga memiliki sistem Picture Profile yang memberikan keleluasaan bagi para videografer untuk mengganti warna.

Bahkan Sony Alpha a6300 juga mampu merekam video Full HD 120fps. Suatu hal yang jarang ditemukan di kamera sekelasnya.

5. Kamera Mirrorless Terbaik 2016: Fujifilm X-T2

Fujifilm X-T2 merupakan kamera Fuji X-Series paling canggih sejauh ini. Dengan bodi tahan cipratan air, tahan debu, dan tahan guncangan, Fujifilm X-T2 dapat digunakan di hampir semua kondisi.

Selain mengemas sensor 24 megapixel generasi terbaru, Fujifilm X-T2 juga dilengkapi prosesor gambar yang baru untuk kinerja yang lebih cepat. Maka tidak heran Fujifilm X-T2 merupakan kamera Fuji X-Series yang paling responsif.

6. Kamera DSLR Pemula Terbaik 2016: Nikon D3400

Kamera yang dirancang bagi pengguna pemula atau yang ingin mendalami fotografi ini tidak hanya mampu menghasilkan hasil foto hebat, tapi juga telah dibekali koneksi Bluetooth untuk transfer data nirkabel ke ponsel atau tablet. Menariknya, walaupun untuk kelas pemula, Nikon D3400 memiliki baterai yang mampu bertahan lebih dari 1000 jepretan. Dibarengi dengan harga jual di bawah 6 juta rupiah, Nikon D3400 layak menyabet gelar sebagai kamera DSLR pemula terbaik untuk tahun 2016.

7. Kamera DSLR Kelas Menengah Terbaik 2016: Canon EOS 80D

Bertengger di kelas 15 jutaan rupiah, rasanya sulit menandingi Canon EOS 80D. Dengan paduan teknologi Dual Pixel CMOS AF dan sistem autofocus yang lebih baik, Canon EOS 80D mampu menghasilkan foto 24 megapixel dan video Full HD berkualitas tinggi. Fitur menarik seperti Time Lapse, HDR, serta 2 mikrofon stereo yang dimilikinya juga memberikan fleksibilitas lebih bagi pengguna yang ingin lebih kreatif.

8. Kamera DSLR Terbaik 2016: Canon 5D Mark IV

Dibandingkan 5D Mark III, ternyata cukup banyak fitur baru yang dimiliki 5D Mark IV. Yang paling mendasar adalah sensor CMOS Full-frame 30 megapixel yang baru serta prosesor gambar Canon DIGIC 6+. Sensor metering dan sistem autofocus 5D Mark IV juga ditingkatkan sehingga membuat performanya amat baik di kondisi minim cahaya. Bicara soal video, 5D Mark IV juga telah mendukung perekaman video 4K. Dengan sederetan peningkatan dan fitur barunya itu, Canon 5D Mark IV layak menjadi kamera DSLR terbaik untuk tahun 2016.

9. Kamera Full-Frame Terbaik 2016: Canon EOS-1DX Mark II

Cepat, akurat, dan presisi. Itulah pujian yang disematkan untuk Canon EOS-1DX Mark II. Kemampuannya memotret tanpa henti hingga 16fps menjadikannya sebagai kamera full-frame tercepat saat ini. Canon juga mengimplementasikan dua prosesor DIGIC 6+ untuk memastikan kinerja kamera yang cepat.

Fitur canggih lainnya meliputi baterai yang lebih tahan lama, sistem metering yang lebih cepat dan akurat, serta deteksi fokus yang lebih presisi. Segala kecanggihannya tersebut membuat kamera yang dirancang untuk pengguna profesional ini layak disebut sebagai kamera Full-Frame terbaik 2016.

10. Kamera Panorama 360 Terbaik 2016: Ricoh Theta SC

Tren foto 360 derajat terus bergulir dan sepertinya akan menjadi tren fotografi untuk beberapa tahun mendatang. Salah satu perangkat yang dibutuhkan tentunya adalah kamera yang mampu merekam foto 360 derajat secara langsung. Untuk tahun 2016, Ricoh Theta SC kami pilih sebagai kamera paronama 360 terbaik berkat kemudahan penggunaan, konsistensi aplikasi, serta harganya yang relatif bersahabat.

11. Kamera Paling Inovatif 2016: Fujifilm GFX

Bagi fotografer yang mendambakan kualitas foto terbaik, kadang kamera dengan sensor full-frame masih membatasi kreativitas. Untuk saat ini, kamera dengan sensor medium format masih amat terbatas pilihannya. Selain itu, tentunya harga yang tinggi juga menjadi pertimbangan.

Maka tidak heran jika komunitas fotografer profesional cukup dikejutkan (dalam arti yang positif) dengan kemunculan Fujifilm GFX. Inilah kamera digital dengan sensor medium format pertama Fujifilm.

Untuk versi perdananya, GFX-50S mampu menghasilkan foto dengan resolusi hingga 51,4 megapixel dalam bodi yang lebih ringkas dibandingkan kamera medium format pada umumnya. Untuk lensa, Fujifilm telah menyediakan 6 lensa yang akan dapat digunakan di GFX. Dengan GFX, Fujifilm juga menggaungkan pesan bahwa mereka serius ingin menghadirkan perangkat fotografi terbaik untuk kalangan profesional.

Komentar

comments

No more articles