Quantcast

[CES 2017] Lenovo Smart Assistant: Speaker Pintar Pertama Lenovo dengan Fitur Asisten Virtual

Fenomena asisten virtual masih terus berlanjut. Tidak hanya di smartphone, PC, atau laptop, asisten virtual kini bisa hadir melengkapi rumah Anda. Salah satu caranya lewat Lenovo Smart Assistant yang hadir dalam wujud speaker.

Sekilas desainnya memang terlihat mirip dengan speaker pintar besutan Amazon, Amazon Echo. Ini tidak heran karena dalam pengembangannya Lenovo memang menggandeng Amazon. Lenovo Smart Assistant hadir dengan fitur Asisten virtual milik Amazon yaitu, Amazon Alexa.

Walau begitu ada yang terlihat berbeda antara Amazon Echo dan Lenovo Smart Assistant. Perbedaannya bisa dilihat dari penempatan mic yang dirancang agak menonjol keluar di bagian atas.

Dengan desain tersebut, Lenovo memberikan ruang ventilasi agar udara bisa mengalir kedalam untuk mendinginkan komponen di dalammnya yang terdiri dari prosesor Intel Celeron N3060, RAM 2GB dan memori internal 8GB.

Agar bisa menangkap perintah suara 360 derajat dari segala arah, jumlah mic yang dimiliki Lenovo Smart Assistant yang sebanyak 8 buah juga lebih banyak dari Amazon Echo yang hanya 7 buah. Sementara konektivitasnya, Lenovo Smart Assistant dilengkapi dengan WiFi dan Bluetooth 4.0.

Lewat perintah suara Anda bisa meminta Alexa yang berperan sebagai asisten virtual di speaker ini untuk melakukan banyak hal. Seperti misalnya membacakan berita, memutar musik, mengatur pengingat, melakukan pencarian di dunia maya, hingga memberikan update seputar cuaca dan kondisi lalu lintas. Bahkan, dengan fitur Voice-Controlled Time Saver Alexa bisa membantu mengaktifkan lampu, thermostat dan perangkat pintar lain di rumah Anda.

Untuk produksi suaranya Lenovo Smart Assistant dilengkapi dengan tweeter berkekuatan 5 watt dan woofer 10 watt. Jika kurang puas dengan hasil suara model standarnya ini, Lenovo juga sudah menyiapkan LLenovo Smart Assistant versi premium yang sektor audionya dipercayakan pada produsen audio Harman Kardon.

Lenovo Smart Assistant kompatibel dengan semua aplikasi Amazon Alexa dan bisa terhubung ke smartphone iOS atau Android. Bulan Mei nanti rencananya speaker ini akan mulai dilepas ke pasaran. Harga jualnya dipatok US$130 dan US$180 untuk versi Harman Kardon.

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: