Quantcast

100% Canggih Award: Inilah Notebook & Tablet Terbaik 2016

Pasar notebook dan tablet di tahun 2016 memang tidak menunjukkan perubahan yang signifikan dibanding tahun sebelumnya. Walaupun demikian, cukup banyak produk terbaru dengan teknologi anyar yang membuat tahun ini tetap menarik untuk diikuti. Misalnya peluncuran prosesor Intel Kaby Lake dan tren notebook 2-in-1 dengan beragam fungsi untuk berbagai kebutuhan.

Dari sekian banyak notebook dan tablet yang dirilis tahun ini, berikut kami sajikan daftar perangkat terbaik di kelasnya masing-masing:

1. Tablet Terbaik di bawah 5 juta rupiah: Samsung Galaxy Tab A with S Pen

Samsung tidak banyak meluncurkan tablet anyar di 2016. Namun kehadiran produk ini sudah cukup untuk menegaskan eksistensi mereka di ranah tersebut. Samsung Galaxy Tab A with S Pen adalah tablet dengan stylus terintegrasi paling terjangkau. Dibekali Pen Tools dan Brush Tools untuk memperkaya pilihan dalam berkreasi, tablet ini cocok untuk menuangkan ide di manapun dan kapanpun.

2. Tablet Terbaik di atas 5 juta rupiah dan Tablet Terbaik 2016: Apple iPad Pro 9,7 inci

Berbekal prosesor Apple A9X, RAM 4GB, dan memori internal hingga 256 GB, iPad Pro 9.7 inci adalah tablet berbasis iOS yang paling bertenaga saat ini. Selain kencang, iPad Pro 9.7 inci juga memiliki dukungan untuk Apple Pencil dan Smart Keyboard cover terbaru yang didesain khusus agar pas dengan bodinya.

Namun yang paling menarik adalah ukurannya yang kini lebih mudah dibawa-bawa. Dengan ukuran layar 9,7 inci, iPad Pro versi baru ini lebih mudah dibawa dibandingkan iPad Pro versi terdahulu yang memiliki rentang layar 12 inci.

3. Tablet Paling inovatif 2016: Lenovo YOGA Book


Inovasi di ranah tablet tidak hanya sebatas pena saja. Itulah yang dibuktikan Lenovo saat memperkenalkan YOGA Book. Inilah satu-satunya tablet Android yang memiliki keyboard virtual terintegrasi. Selain mengemas tombol virtual seukuran keyboard laptop, Halo Keyboard juga dapat berubah fungsi menjadi digitizer yang dapat menerima input dari pena yang disertakan.

Fakta menarik lainnya, YOGA Book hadir dengan desain lipat seperti layaknya laptop. Desainnya ini juga membuatnya dapat digunakan di empat mode penggunaan, sehingga lebih mudah digunakan untuk keperluan multimedia tanpa membutuhkan aksesori penyangga tambahan.

4. Tablet Windows Terbaik 2016: Dell XPS 12

Untuk tahun ini, gelar Tablet Windows terbaik berhasil diraih Dell dengan XPS 12. Tidak cukup memiliki desain yang tipis dan keren, Dell XPS 12 juga memiliki layar 12,5 inci dengan resolusi Ultra HD 4K. Performanya yang mengandalkan Intel Core M5-6Y57, RAM 8GB dan SSD berkapasitas 256GB juga kencang untuk berbagai kebutuhan.

Sama seperti kebanyakan tablet Windows lainnya, Dell XPS 12 juga dibekali aksesori keyboard tambahan untuk menyulapnya menjadi laptop dalam sekejap.

5. Notebook 2-in-1 Terbaik 2016: Lenovo YOGA 910

Walaupun sudah hadir cukup lama, tren laptop 2-in-1 baru benar-benar terasa gaungnya di tahun 2016. Kenyamanan menggunakan laptop dan tablet dalam satu perangkat rupanya sudah mulai dirasakan oleh pengguna. Untuk laptop 2-in-1 terbaik di tahun 2016, ada Lenovo dengan YOGA 910.

Laptop 2-in-1 ini mampu menggabungkan desain yang menawan dengan performa yang amat baik. Mekanisme multimode yang diusungnya semakin disempurnakan dengan desain engsel bergaya rantai jam yang mewah. Keunggulan lain, Lenovo YOGA 910 juga merupakan salah satu laptop 2-in-1 pertama di Indonesia yang telah mengusung prosesor Intel Kaby Lake.

6. Notebook Bisnis Terbaik 2016: ThinkPad X1 YOGA

Inilah laptop multimode pertama dari Lenovo yang dilengkapi dengan layar berteknologi OLED. Hasilnya, layar X1 YOGA kini mampu menampilkan warna yang lebih kaya dengan sudut penglihatan yang lebih baik. Dan yang tak kalah penting, penggunaan layar OLED membuatnya lebih hemat konsumsi listrik.

Desain juga menjadi nilai plus karena ThinkPad X1 YOGA memiliki dimensi yang tipis (16 mm) dan ringan (1,27 kg). Tidak hanya tipis saja, X1 YOGA juga memiliki kekuatan rancang bangun di atas rata-rata sesuai dengan karakteristik sebuah laptop ThinkPad.

7. Notebook Terbaik di bawah 6 juta rupiah: Asus A455LA-WX667D

Notebook di bawah 6 juta rupiah memang selalu memiliki pasar yang besar di Indonesia. Tak heran jika di kategori ini, persaingannya sangat ketat. Asus A455LA-WX667D menjadi yang paling menonjol berkat performanya yang baik pada tingkat harga yang relatif terjangkau. Dari sisi spesifikasi, notebook ini memiliki margin cukup jauh dibandingkan laptop yang ada di kisaran harga 4 jutaan. Paduan prosesor Intel Core i3-5005U , RAM 4GB, dan HDD 500 GB akan membuatnya memiliki performa yang lebih baik dibandingkan notebook Pentium atau Celeron yang terpaut sekitar 1 jutaan rupiah.

8. Notebook Terbaik 6-10 juta rupiah: HP Pavilion x360

Memadukan kualitas layar dan suara yang baik, HP Pavilion x360 sukses menggondol predikat notebook terbaik di rentang 6 – 10 juta rupiah. Selain cukup tipis dengan ketebalan 1,98mm, notebook ini memiliki engsel yang bisa diputar hingga 360 derajat. Performanya juga tergolong mumpuni di kelasnya dan dibanderol dengan harga yang kompetitif dibanding para pesaingnya.

9. Notebook Terbaik 10 – 15 juta rupiah: Acer Aspire S13 S5-371

Tampil dengan bodi yang tipis dan ringan serta desain yang elegan membuat Acer Aspire S13 nyaman digunakan oleh pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. Dengan ketebalan 14,58 mm dan berat hanya 1,4 kilogram, Acer Aspire S13 adalah salah satu notebook 13 inci paling tipis di dunia. Performanya juga kencang dan dibekali baterai yang mampu membuatnya menyala hingga 13 jam.

10. Notebook Terbaik 2016 di kelas 15-20 juta rupiah: Asus Zenbook Flip UX360UAK-DQ250T

Untuk rentang harga ini, kami memilih Asus Zenbook Flip UX360UAK-DQ250T sebagai yang terbaik karena desain convertible-nya yang keren dan multifungsi. Performa yang ditawarkan pun tidak main-main. Asus membenamkan Intel Core i7-7500U dengan Intel HD Graphics 620, RAM 16 GB, dengan penyimpanan data berupa SSD 512 GB yang menjamin segala aplikasi berjalan dengan lebih optimal.

11. Notebook Terbaik di atas 20 juta rupiah & Notebook Ultraportable Terbaik 2016: Dell XPS 13

Versi 2016 dari Dell XPS 13 tetap mempertahankan sisi premiumnya berkat desain layar yang nyaris tanpa bezel, kualitas rancang bangun yang kuat, serta konsep ultraportable yang membuatnya mudah dibawa ke manapun. Dell juga memberikan update pada spesifikasi dengan membenamkan prosesor generasi terbaru, Intel Kaby Lake. Selain itu, Dell XPS 13 kini menawarkan varian warna Rose Gold yang menawan.

12. Notebook Gaming Terbaik di Bawah 20 Juta Rupiah: ASUS ROG Strix GL553VW

Tak heran memang jika nama Asus selalu muncul di kepala sebagian besar gamer yang mencari notebook gaming. Untuk kategoridi bawah 20 juta rupiah, tahun ini kami memilih ASUS ROG Strix GL553VM sebagai yang terbaik. Salah satu alasannya, notebook ini memiliki performa yang terbaik untuk kelas harganya. Ini tentunya berkat kombinasi Intel Core i7-6700HQ, kartu grafis Nvidia GTX960 4GB GDDR, dan RAM 16GB DDR4. Selain spesifikasi yang baik, laptop gaming ASUS ini juga memiliki ROG Gaming Center untuk mengoptimalkan berbagai fungsi yang dimilikinya.

13. Notebook Gaming Terbaik 2016: Lenovo IdeaPad Y900

Tahta Notebook Gaming Terbaik di 2016 versi kami menjadi milik Lenovo IdeaPad Y900. Pasalnya, IdeaPad Y900 adalah notebook dengan spesifikasi gaming serius dan dipersenjatai beragam fitur menarik, contohnya teknologi Advanced Dual Cool Thermal dengan 2 kipas yang melancarkan sirkulasi udara. Dengan layar lebar berukuran 17,3 inci dan teknologi audio Dolby Audio Premium, pengalaman bermain game dengan Lenovo IdeaPad Y900 memang menghanyutkan.

14. Notebook Gaming paling inovatif: Acer Predator 21X

Acer Predator 21 X adalah notebook gaming yang paling inovatif tahun ini karena menawarkan layar lengkung yang baru pertama ditemukan di laptop gaming. Performanya juga tak perlu diragukan. Acer menanamkan prosesor Intel Core Kaby Lake dan dual-GPU Nvidia GeForce GTX 1080. Sektor audionya dibekali 4 speaker dan 2 subwoofer yang dikemas dalam fitur SoundPound2+. Ada pula Tobii Eye-tracking hardware yang memungkinkan kendali dilakukan dengan gerakan mata.

15. Notebook dengan desain Terbaik 2016: HP Spectre 13.3

Pengguna notebook yang mendambakan kemewahan desain dan kinerja handal cukup dimanjakan di tahun 2016. Dengan Spectre 13.3, HP berhasil menyajikan sebuah notebook yang ramping dan elegan, sekaligus mengemas spesifikasi yang mantap. Penggunaan SSD yang memiliki kecepatan di atas rata-rata juga menjadi fitur tambahan yang menarik.

Kemewahan desainnya terlihat dari paduan warna hitan dan tembaga yang unik. Pilihan warnanya ini memang terinspirasi dari perhiasan mewah yang menawan. ]

16. PC Gaming Desktop terbaik 2016: ASUS ROG GT51CA

Bagi yang membutuhkan PC Gaming Desktop dengan hardware yang sangat bertenaga, pilihan bisa ditujukan pada Asus ROG GT51. Berbekal Intel Core i7 dengan sepasang kartu grafis Nvidia GeForce GTX Titan X, Asus ROG GT51 adalah desktop dengan spesifikasi terbaik untuk bermain game di resolusi 4K. Desainnya pun nampak futuristik dan terlihat agresif, dengan ventilasi yang baik dan liquid cooling untuk menjaga suhu tetap aman.

17. AIO PC terbaik: Lenovo IdeaCentre 510

Untuk keluarga yang membutuhkan All-in-One PC untuk kebutuhan hiburan di rumah, Lenovo IdeaCentre 510 adalah pilihan terbaik versi kami tahun ini. Tampil sederhana, ringkas, dan tidak memakan tempat, Lenovo IdeaCentre 510 memiliki desain yang elegan dan modern sehingga cocok ditaruh di ruang keluarga. Layar pun cukup besar, IPS 21,5 inci, dengan hardware pendukung performa yang baik untuk berbagai kebutuhan. Ditambah lagi, harganya juga cukup terjangkau.

Jadi produk mana yang menjadi favoritmu?

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: