Quantcast
NewsOperatorTelkomsel

Berikut Persiapan Telkomsel Menghadapi Lonjakan Trafik Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2016

Menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2017, Telkomsel siap memantau ketat selama 7×24 jam untuk menjaga layanannya tetap berjalan maksimal dari Sabang hingga Merauke, meski terjadi lonjakan trafik.

Integrated Operation Center (IOC)

IOC Telkomsel 1

Langkah yang dilakukan Telkomsel untuk memberikan kualitas layanan terbaiknya adalah melalui Integrated Operation Center (IOC) yang berlokasi di Telkomsel Smart Office, Jakarta.

IOC adalah pusat pemantauan yang memiliki tiga fungsi operasi, yaitu Network Operation Center (NOC), IT Operation Center (ITOC), dan Customer Care Command Center (C4).

“IOC yang kami operasikan ini tentunya membantu kami dalam memantau kondisi layanan dan jaringan setiap saat, sekaligus melakukan berbagai langkah antisipasi dan penanganan terhadap gangguan yang muncul,” kata Vice President Network Operation Management Telkomsel, Paulus Djatmiko.

Pantau terus pergerakan trafik

Lebih dari 160 petugas memantau pergerakan trafik layanan suara, SMS, dan data di IOC agar customer experience tetap terjaga. Hasil pemantauan kemudian menjadi informasi awal bagi penanganan terhadap masalah yang muncul di lapangan.

IOC Telkomsel 2

NOC misalnya, berfungsi sebagai monitoring yang mengawasi status kesiapan jaringan telekomunikasi, fungsi remote maintenance yang melakukan perawatan dan perbaikan jarak jauh tanpa harus datang ke lokasi infrastruktur, fungsi reporting yang melaporkan sejarah kejadian terkait jaringan yang ada di lapangan, serta fungsi measurement yang memberikan data hasil pengukuran kinerja BTS.

Dilengkapi dengan dashboard monitoring wall display, IOC juga memantau secara langsung ketersediaan, utilisasi, dan performansi jaringan terutama di 687 titik keramaian utama yang telah diindentifikasi Telkomsel sebagai titik-titik yang tingkat aktivitas komunikasinya paling tinggi, seperti bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, tempat wisata, mal dan pusat perbelanjaan, serta rumah ibadah.

Pada puncak periode Natal dan tahun baru kali ini, Telkomsel memprediksi layanan data akan mencapai trafik tertinggi hingga 4,10 petabyte atau naik lebih dari 118% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini seiring dengan semakin meningkatnya penggunaan layanan data oleh pelanggan untuk video streaming, music streaming, online games, media sosial, chatting, dan penggunaan berbagai aplikasi

Back to top button