Quantcast
NewsOperatorXL

Sediakan Akses Internet Cepat, XL Dukung Pengembangan Aplikasi untuk Petani di Jawa Tengah

Menanggapi pengembangan aplikasi untuk petani di provinsi Jawa Tengah, XL menyatakan dukungannya sebagai bagian dari implementasi komitmen XL untuk menyiapkan masyarakat Indonesia memasuki era digital.

Aplikasi untuk bantu tingkatkan hasil panen

Logo XL baru

Aplikasinya sendiri sudah diluncurkan di Karanganyar beberapa waktu yang lalu. Sekadar informasi, Aplikasi Petani adalah platform untuk memberdayakan petani yang merupakan hulu dari industri pertanian dengan sarana digital yang didesain untuk memfasilitasi kebutuhan kalangan petani.

Lewat aplikasi ini, para petani bisa memanfaatkan informasi, komunikasi, pendidikan, dan wawasan melalui pertukaran informasi sekitar pertanian yang dimoderatori oleh Fakultas Pertanian UGM sehingga membantu meningkatkan hasil panen serta produktivitas mereka.

“Kami sangat antusias untuk mendukung program Aplikasi Petani Jawa Tengah ini. Kami berharap proyek ini benar-benar akan mampu memenuhi harapan kalangan petani. Selanjutnya, XL siap untuk mendukung kalangan petani di daerah lainnya dalam memasuki era digital,” kata Chief Digital Service Officer XL, Joseph Lumbangaol.

Internet cepat lewat satelit

XL1

Bentuk dukungan yang diberikan oleh XL antara lain berupa penyediaan akses internet cepat melalui satelit. Kebutuhan untuk satelit menjadi perlu karena keberadaan petani sebagian masih berada di lokasi-lokasi yang terpencil dan tidak terjangkau oleh jaringan telekomunikasi selular.

Teknologi pada akses internet via satelit yang XL sediakan merupakan teknologi satelit HTS (High Throughput Satellite) yang akan mampu menyediakan akses dengan spektrum efisien, kecepatan tinggi, dengan biaya yang lebih terjangkau. Ini menjadi semacam Wifi untuk suatu kawasan lokal.

Tersedianya akses internet juga memungkinkan XL untuk juga menyediakan layanan data yang sesuai untuk kalangan petani. Salah satunya antara lain layanan video conference LISA, yang bisa dimanfaatkan untuk misalnya penyuluhan atau sosialisasi suatu program secara online dengan penyuluh atau pembicara di lokasi berlainan.

Akses ini juga bisa dimanfaatkan untuk layanan suara/menelepon via wifi, juga akses ke OTT yang relevan semacam fitur WhatsApp Call, dan lainnya.

Back to top button