Quantcast
Aksesoris GadgetGamingHome GadgetMobile GadgetNews

Sony Project Field: Perangkat untuk Bermain Card Games yang Mampu Terhubung ke Smartphone dan Tablet

Sony nampaknya ingin lebih serius menggarap game di ranah mobile. Ini dibuktikan dengan kehadiran Project Field, perangkat pintar berbentuk Pad yang ditujukan untuk bermain card games secara fisik dan digital.

Terkoneksi dengan smartphone atau tablet

sony-project-field-2

Bayangkan bagaimana jika game seperti Hearthstone menjadi kenyataan dan bisa dimainkan dengan kartu fisik yang dibeli di toko? Atau permainan seperti Pokemon Trading Card Game digabungkan dalam format fisik dan digital?

Project Field mampu mewujudkannya. Ketika gamer meletakkan kartu di Pad-nya, Project Field akan mengidentifikasi kartu tersebut secara wireless menggunakan teknologi NFC. Pad tersebut akan mengirim data yang diterimanya ke tablet atau smartphone melalui koneksi bluetooth.

sony-project-field-3

Saat kartu fisik itu sudah dibaca dan masuk dalam game (digital), Pad pada Project Field akan mendeteksi setiap gerakan. Status kartu tersebut dalam game juga akan terus berubah tergantung jalannya permainan.

Yang lebih menarik, nantinya Project Field tidak hanya bisa terhubung dengan smartphone atau tablet, melainkan juga perangkat lainnya seperti konsol PlayStation maupun TV.

Perlu diketahui bahwa konsep semacam ini sesungguhnya bukan hal baru. Nintendo telah meluncurkan perangkat dengan konsep serupa, yakni Amiibo, yang memungkinkan gamer menggunakan action figure fisik untuk berinteraksi dengan game yang dimainkan di konsol Wii U.

sony-project-field-1

Langkah serius Sony

Seperti disebutkan di atas, Project Field merupakan bagian dari langkah serius Sony untuk menggarap ranah mobile gaming. Bahkan, Sony menyebutkan bahwa mereka sudah menyiapkan banyak proyek baru untuk platform tersebut. Sejauh ini, judul yang dipastikan akan hadir di Field adalah card game yang diangkat dari Yokai Watch, game RPG populer dari Level-5.

Sayangnya untuk saat ini Sony baru berencana melepas Project Field ke pasar Jepang. Namun jika melihat langkah platform sejenis seperti Amiibo yang cukup sukses di negara lainnya, peluncuran Project Field secara global sangat mungkin terjadi.

Back to top button