Quantcast
e-commerce

Jelang Harbolnas 2016, ShopBack Ungkap Hasil Survei Perilaku Belanja Online Konsumen Indonesia

Menjelang Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) yang akan berlangsung di tanggal 12 Desember nanti, ShopBack mengungkap temuan-temuan menarik pola perilaku konsumen di Indonesia dari hasil survei yang telah dilakukannya.

shopback-1

Sebagai partner resmi Harbolnas, ShopBack mengungkapkan Promo dan diskon menarik masih akan menjadi pertimbangan utama bagi mayoritas konsumen di Indonesia (77,1%) ketika ingin melakukan aktivitas belanja di Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang akan berlangsung dari tanggal 12 hingga 14 Desember 2016 dan diikuti oleh lebih dari 200 pelaku e-Commerce yang beroperasi di negeri ini.

Selain promo dan diskon, ShopBack juga menemukan bahwa golongan usia 19 tahun hingga 35 tahun akan menjadi golongan konsumen terbesar dari segi usia yang akan berpartisipasi di Harbolnas 2016. Dan, sekitar 58% dari mereka adalah karyawan dengan penghasilan di seputaran Rp2,5juta hingga Rp7,5juta.

Di survei kategori produk yang diincar selama Harbolnas 2016 kategori gadget dan aksesoris menempati posisi pertama dengan hasil survei 63,9% diikuti kategori fashion (52,3%) di posisi kedua dan keperluan rumah tangga (50,7%) di posisi ketiga.

Sementara untuk besaran uang yang akan dibelanjakan selama Harbolnas 2016, sebagian besar konsumen akan menghabiskan uang senilai Rp250.000 hingga Rp1.000.000 guna kepentingan berbelanja online di Harbolnas 2016 nanti.

Ini membuktikan bahwa untuk Harbolnas nanti konsumen Indonesia bisa mengeluarkan budget 4 kali lebih besar dari pertama kali mereka belanja online. Hasil survei ShopBack juga menunjukan bahwa 47.3% konsumen mengeluarkan budget hingga Rp 250.000 ketika mereka pertama kali mencoba belanja online.

Karena tahun ini harbolnas akan diselenggarakan 3 hari, dari hasil survey Sebanyak 36,1% responden mengatakan akan berbelanja di tanggal 12 Desember, sementara 29,6% akan memilh semua hari. Preferensi ini menurut ShopBack diperkirakan dipengaruhi karena tanggal 12 Desember tersebut sedang berlaku hari libur Nasional sehingga mereka bisa melakukannya di rumah tanpa harus mengganggu waktu kerja di kantor.

“Survei tentang perilaku dan harapan konsumen terkait dengan Harbolnas 2016 ini kami selenggarakan sebagai bentuk komitmen ShopBack sebagai mitra resmi cashback Harbolnas 2016, sekaligus komitmen kami sebagai pelaku e-Commerce berkonsep go-beyond-shopping dimana kami mengajarkan konsumen untuk belanja lebih cermat dan hemat.” ujar Indra Yonathan, Country General Manager, ShopBack Indonesia.

Back to top button