Quantcast
News

Wujudkan Konsep Smart City, Philips Lighting Pasang 90.000 Lampu Jalan yang Terkoneksi di Jakarta

Philips Lighting hari ini, Kamis (17/11), mengumumkan tentang proyek besarnya yang disebut-sebut sebagai tonggak penting dalam mengubah Jakarta menjadi kota pintar, yakni melalui pemasangan 90.000 lampu jalan hemat energi.

LED yang terkoneksi dengan Philips CityTouch

_1070997

Yang menarik dari proyek ini adalah semua lampu jalan LED tersebut sudah terkoneksi dengan sistem manajemen pencahayaan Philips CityTouch. Artinya, data terkait kinerja dari lampu tersebut bisa langsung dikirim melalui jaringan seluler ke pengelola atau Dinas Perindustrian dan Energi.

Melalui data tersebut petugas lebuh mudah memantau infrastruktur penerangan jalan secara efisien dan mengontrol tingkat pencahayaannya dari jarak jauh, untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya pada malam hari ketika jumlah kendaraan berkurang, petugas bisa meredupkan cahayanya hingga 50 persen.

“Sejak diluncurkan tahun 2012, sistem penerangan jalan Philips CityTouch telah diimplementasikan pada lebih dari 700 proyek di 35 negara. Pemerintah di seluruh dunia memprioritaskan penurunan penggunaan karbon dengan meningkatkan penerangan jalan umum melalui penggunaan pencahyaaan terkoneksi hemat energi kami,” kata Chandra Vaidyanathan, Presiden Direktur PT Philips Indonesia.

Philips Lighting Week di Jakarta

Selain memaparkan soal proyeknya bersama pemerintah DKI Jakarta, Philips juga mengumumkan tentang pamera bertajuk Philips Lighting Week yang digelar di Senayan City, Jakarta, pada 17 hingga 20 November 2016.

Di pameran ini, pengunjung dapat melihat berbagai aplikasi pencahayaan LED terintegrasi yang inovatif untuk kota pintar, rumah pintar, dan gedung pintar. Khusus untuk konsep rumah pintar, Philips memperkenalkan HUE, lampu pintar yang bisa digunakan untuk mewarnai dinding dengan pilihan 16 juta warna, sinkronisasi lampu dengan lagu maupun film favorit, dan masih banyak lagi.

Philips HuE sendiri segera masuk tahap pre-order melalui Lazada.co.id pada 12 hingga 19 Desember 2016 mendatang.

Back to top button