Quantcast
KomputerLaptopMonitorNews

[Hands-On] Mengintip Kecanggihan Acer Predator 21 X dan Predator Z271T, Dua Produk Mutakhir Acer dengan Layar Lengkung dan Kendali Mata

Pernah membayangkan mengendalikan game hanya dengan kendali mata? Jika iya, sebentar lagi hal ini akan segera terwujud dan bisa Anda rasakan.

Tentunya dibutuhkan perangkat khusus untuk merasakan pengalaman bermain game dengan kendali mata. Dan, Acer adalah salah satu vendor yang telah siap menyambut era baru gaming ini lewat dua produk terbarunya Acer Predator 21 X dan Predator Z271T.

Acer Predator 21 X
Memulai debutnya di ajang IFA 2016, Acer Predator 21 X memang sangat menyedot perhatian kami. Pasalnya, ini adalah laptop gaming pertama yang hadir dengan layar lengkung.

acer-predator-21-x-1

Saat berjumpa pertama kali dengannya pun tak henti-hentinya kami dibuat kagum. Selain layar lengkungnya, ternyata Acer Predator 21 X juga sangat bongsor dan berat dengan bobotnya yang mencapai sekitar 8 Kg.

acer-predator-21-x-10

Apalagi, laptop ini juga hadir dengan 2 charger adapter untuk isi ulang baterainya. 2 charger tersebut juga punya ukuran diatas rata-rata charger laptop pada umumnya. Jadi, sudah dipastikan laptop ini lebih ideal untuk menggantikan desktop PC Anda.

Selain dimensinya yang bongsor dan berat, patut diakui Acer Predator 21 X sangat cantik di segala sektor. Desainnya sangat apik dengan aura gaming yang sangat kental.

acer-predator-21-x-11

Penempatan port konektitivtasnya pun menurut kami sangat pas dan lengkap. Selain di samping kiri dan kanan bodinya, Anda juga bisa menemukan port konektivitas tambahan yang ditempatkan di bagian belakang yang diapit oleh lubang-lubang pembuangan panasnya yang berukuran besar.

acer-predator-21-x-12

Pesona Acer Predator 21 X juga berlanjut di sektor keyboardnya. Bagi Anda yang sering mengeluhkan kurang nyaman bermain game dengan keyboard laptop, Acer telah mengantisipasinya dengan menyediakan keyboard mekanikal yang mengusung teknologi switch Cherry MX Brown.

Keyboard ini juga telah didukung dengan lampu LED RGB yang bisa diatur warnanya sesuai selera dan sederetan tombol makro di sebelah kirinya untuk akses perintah tertentu dengan lebih cepat saat bermain game. Tidak hanya itu saja, di sisi kanan keyboardnya juga hadir sebuah modul khusus yang bisa berfungsi sebagai tombol num pad dan touchpad. Modulnya ini mengusung model magnet jadi bisa dengan mudah dilepas pasang.

acer-predator-21-x-9

Sementara layar lengkungnya yang berukuran 21 inci hadir dengan panel IPS yang resolusinya cukup tinggi mencapai 2560 x 1080 pixel. Untuk mendukung kegiatan gaming lebih optimal, layarnya ini telah mendukung teknologi NVIDIA G-Sync yang mampu menyajikan performa visual yang lebih mulus tanpa lag.

acer-predator-21-x-3

Di bawah layarnya inilah bisa ditemukan sensor eye tracking. Sensor besutan Tobii inilah yang memungkinkan Anda mengendalikan game dengan gerakan mata. Tercatat beberapa judul game sudah mendukung teknologi eye tracking ini, diantaranya Tom Clancy’s The Division, Assasin’s Creed Rouge, The Solus Project dan masih banyak lagi.

acer-predator-21-x-4

Sementara sektor audionya, Acer Predator 21 X hadir dengan sistem audio Predator SoundPound 4.2 yang didukung 4 speaker dan 2 subwoofer berteknologi Dolby Audio.

Kami yakin Anda akan bertanya apa yang menjadikan laptop ini sangat besar dan berat? Untuk menyuplai asupan tenaganya pun diperlukan baterai power adapter hingga 2 buah. Jawabannya, ada di sektor spesifikasi dan manajemen thermal yang diusungnya. Mendapat julukan laptop “Monster”, spesifikasi Predator 21 X memang sangat impresif.

Acer memang belum membocorkan lebih rinci spesifikasi detil dari Acer Predator 21 X ini. Namun, dipastikan sebagai otaknya Acer menyematkan prosesor Intel Core i7 generasi ketujuh (Kaby Lake) versi unlocked. Yang artinya, kecepatan prosesornya ini masih bisa ditingkatkan performanya dengan cara overclock. Prosesornya ini masih ditunjang dengan RAM DDR4 yang bisa diupgrade hingga 64GB dan ruang penyimpanan yang didukung 4 slot SSD dan 1 slot HDD.

acer-predator-21-x-13

Lalu bagaimana performa grafisnya? Laptop ini ditenagai 2 kartu grafis (SLI) NVIDIA GTX 1080 dengan VRAM 8GB. Dengan konfigurasinya ini, Acer Predator 21 X dijamin akan memuaskan para gamer karena sanggup memainkan game di pengaturan grafis maksimum dengan tanpa masalah.

Acer Predator 21 X (4)

Untuk mendinginkan semua komponennya tersebut, Acer Predator 21 X dilengkapi dengan 5 kipas tipe blower. 3 kipas diantaranya ini adalah kipas logam yang disebut AeroBlade. Dengan kolaborasi kipas serta komponen pipa pembuangan panas yang jummlahanya cukup banyak ini, diklaim mampu mengurangi suhu secara signifikan sehingga performanya akan tetap stabil dan meningkatkan kepuasaan saat bermain game.

Acer Predator Z271T
acer-predator-z271t-1
Produk selanjutnya adalah sebuah monitor gaming, Acer Predator Z271T. Monitor ini hadir dengan panel layar lengkung berukuran 27 inci.

Mengusung panel layar IPS, Acer Predator Z271T menawarkan resolusi layar Full HD 1920 x 1080 pixel. Tampilan di layarnya pun terlihat tajam dan warnanya juga akurat berkat cakupan gamut warna sRGB 100%.

acer-predator-z271t-3

Seperti, Acer Predator 21 X dibagian bawah layarnya ini juga bisa ditemukan sensor eye tracking dari Tobii.

acer-predator-z271t-2
Saat mencobanya untuk bermain game, walau awalnya agak cukup suli namun monitor ini memang terbukti berhasil menawarkan pengalaman bermain game yang lebih seru. Hanya dengan kendali mata, game bisa dikendalikan tanpa perlu lagi menggunakan keyboard dan mouse.

acer-predator-z271t-4

Sebagai pelengkap, Acer Predator Z271T juga dilengkapi dengan fitur tambahan lain. Diantaranya, mendukung fitur NVIDIA G-Sync, Eye Protect untuk melindungi mata dan mengurangi rasa lelah pada mata saat bermain game dengan jangka waktu yang lama, Comfy View untuk mengurangi refleksi pantulan bayangan sehingga gambar menjadi lebih cerah dan terang, Bluelight Shield untuk mengurangi cahaya emisi biru, dan Gameview untuk pengaturan visual yang lebih optimal saat gaming.

Jika Anda tergiur dengan dua produk mutakhir dari Acer ini, Anda perlu bersabar. Acer Predator 21 X dan Predator Z271T rencananya baru akan tersedia di Indonesia awal tahun 2017 nanti.

Back to top button