Quantcast
OperatorXL

Gunakan Teknologi 4T4R, XL Tawarkan Kecepatan Data Hingga 300 Mbps

Untuk lebih memaksimakan layanan 4G LTE miliknya, XL mulai mengimplementasikan teknologi 4T4R 4×4 MIMO yang diklaim mampu meningkatkan kecepatan internet hingga dua kali lipat. Tak hanya itu, menurut XL teknologi yang menjadi awal diselenggarakannya layanan 4.5G ini dapat menjamin koneksi yang jauh lebih stabil.

Kombinasi 4 sinyal transmit dan 4 sinyal receive

xl-4g-4t4r-2

XL menjelaskan, 4T4R adalah teknologi kombinasi multi signal, yaitu 4 sinyal transmit dan 4 sinyal receive. Artinya, teknologi ini memancarkan data dengan kombinasi 4 sinyal sekaligus dan menerima data dari 4 sinyal sekaligus.

Jika dibandingkan dengan teknologi sebelumnya yaitu 2T2R, kecepatan akses internet 4G yang didapatkan pelanggan akan meningkat hingga hampir dua kali lipat dari sebelumnya. 2T2R mampu memberikan kecepatan maksimum mencapai hampir 150 Mbps, sedangkan dengan 4T4R, kecepatan maksimum yang bisa didapat akan mencapai 300 Mbps.

Dalam live demo yang sempat dipamerkan oleh XL kepada awak media di Jakarta, Rabu (12/10), terbukti kecepatan download yang didapatkan mampu menyentuh angka lebih dari 270 Mbps. Sementara kecepatan upload-nya ada di 14 Mbps.

xl-4g-4t4r-1

“Pada pertengahan tahun ini XL sudah mulai mengimplementasikan 4T4R dengan 4×4 MIMO yang merupakan salah satu bagian dari teknologi 4.5G. Kami sadar, teknologi akan terus berkembang dengan cepat dan karenanya kami pun harus menyesuaikan diri,” kata Yessie D. Yosetya, Chief Service Management XL.

Teknologi 4T4R yang hadir berkat kerjasama dengan Ericsson Mobility ini juga memiliki keunggulan untuk akses di dalam ruangan karena sinyal akan lebih kuat dan stabil. Hasilnya, baterai pada perangkat pengguna juga lebih hemat.

Baru ada di kota besar

Saat ini XL telah menerapkan teknologi 4T4R ini di 4 kota 4G LTE utama, yakni Jabotabek, Bandung, Surabaya, dan Denpasar. Nantinya, secara bertahap XL akan terus memperluasnya ke kota-kota lain berdasarkan kebutuhan pelanggan.

Sesuai dengan keinginan pemerintah untuk bisa menerapkan teknologi 4.5G di Asian Games 2018, implementasi 4T4R oleh XL ini sekaligus sebagai langkah awal menuju ke pemenuhan harapan tersebut.

Back to top button