Quantcast
Mobile GadgetSmartphoneTips

[Tips] Panduan Update iOS 10 untuk iPhone, iPad, dan iPod

Seperti diketahui Apple telah secara resmi meluncurkan update sistem operasi ke versi terbaru, yakni iOS 10. Jika Anda termasuk orang masih bingung bagaimana cara untuk menikmati OS anyar ini, simak beberapa syarat dan langkah-langkah berikut:

Perangkat yang mendapatkan update iOS 10ios-10

Perlu digarisbawahi, tidak semua perangkat Apple bisa mendapatkan update iOS 10. Apple memastikan bahwa update resmi iOS 10 hanya ditujukan untuk:

iPhone: iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s, iPhone SE, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus.

iPad: iPad 4th Gen, iPad Air, iPad Air 2, iPad Pro, iPad Mini 2, iPad Mini 3, iPad Mini 4.

iPod: iPod Touch 6th Gen.

Sebelum update

Jika perangkat Anda termasuk dalam daftar di atas, maka langkah selanjutnya sebelum melakukan update adalah membuat backup dari data-data di perangkat Anda, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ada dua cara backup, yaitu menggunakan layanan iCloud dan langsung melalui PC dengan bantuan iTunes. Jika memilih iCloud, pastikan Anda sudah terhubung ke jaringan WiFi yang stabil. Setelah itu, pilih Settings > scroll ke bawah > pilih iCloud > pilih Backup > lalu pilih Back Up Now.

Sementara jika Anda ingin memanfaatkan iTunes, langsung saja buka aplikasi tersebut lalu hubungan perangkat Anda ke PC. Pilih perangkat Anda yang muncul di iTunes, lalu pilih Back Up Now.

itunes-backup

Setelah proses Backup selesai, langkah selanjutnya sebelum melakukan update adalah Anda harus memastikan setidaknya ada ruang kosong sebesar kurang lebih 2 GB di memori internal.

Langkah-langkah melakukan update

Anda memiliki dua opsi untuk meng-update sistem operasi ke iOS 10. Yang pertama adalah secara wireless, dan yang kedua adalah menggunakan PC dengan bantuan iTunes.

Update secara wireless:

1. Hubungkan perangkat Anda dengan charger untuk mengisi daya

2. Pastikan Anda terhubung ke WiFi yang stabil

3. Pilih Settings > General > Software Update

update-ios-10-1

4. Pilih Download

5. Setelah proses Download selesai, Anda bisa langsung melakukan update dengan memilih Install, atau bisa juga memilih Later lalu Install Tonight jika ingin proses update berlangsung di malam hari secara otomatis.

Update lewat iTunes:

1. Pastikan iTunes Anda sudah versi terbaru. Jika belum, install dulu versi iTunes yang paling update.

2. Hubungkan perangkat Anda ke PC

3. Buka iTunes, dan pilih perangkat Anda yang muncul di iTunes

update-ios-10-2

4. Pilih Summary, lalu klik Check for Update

5. Klik Download dan Update

Back to top button