Quantcast
Home GadgetReviewVisual

Review Google Chromecast

Tidak banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli sebuah TV Pintar atau Smart TV. Jika Anda termasuk salah satunya, ternyata ada cara yang lebih hemat menjadikan TV lama Anda layaknya sebuah Smart TV. Salah satunya yaitu dengan membeli produk dari Google yang bernama Google Chromecast berikut ini.

chromecast-2

Untuk Anda yang belum mengenal Google Chromecast, alat ini adalah sebuah perangkat mungil yang bisa memungkinkan Anda streaming konten dan video ke TV dari smartphone atau tablet.

Cara kerjanya, Anda hanya perlu menancapkan Google Chromecast ke TV lewat port HDMI, hubungkan ke jaringan lewat WiFi dan perangkat ini akan langsung mengubah TV Anda seperti Smart TV yang didukung dengan sistem operasi Android.

Konsep Desain
Memasuki generasi keduanya, Google Chromecast hadir dengan desain lebih segar dengan mengusung model bulat. Dimensinya tetap kecil dan tidak akan menyita banyak tempat saat tertancap di TV Anda.

chromecast-3

Desainnya juga sangat sederhana. Anda hanya akan menemukan sebuah kabel HDMI yang bisa dilipat dan ditempel ke magnet di bodi belakangnya, sebuah tombol reset dan satu port microUSB untuk menancapkan adapter listrik sebagai sumber dayanya.

chromecast-4

Kabel memang menjadi salah satu kekurangan dari Chromecast ini. Andai saja Google merancangnya tanpa perlu menggunakan kabel, alat ini tentu saja akan terlihat lebih rapih dan sedap dipandang saat tertancap ke TV.

Sangat mudah digunakan

Selain bentuknya yang amat praktis, satu hal yang kami sukai dari Chromecast adalah cara penggunaannya yang sangat mudah.

Perlu dicatat, sebelum memulai menggunakan perangkat ini Anda wajib pastikan di rumah sudah tersedia hotspot yang tersambung ke jaringan internet. Untuk menggunakan Chromecast, Anda hanya perlu menancapkannya ke port HDMI TV lalu tancapkan adapternya ke colokan listrik.

Di smartphone kemudian Anda wajib unduh aplikasi Chromecast dari PlayStore. Buka aplikasinya dan Anda hanya perlu mengikuti semua proses pengaturannya yang bisa dilakukan kurang dari 5 menit.

Kualitas streaming amat baik
Setelah smartphone dan Chromecast saling terhubung, Anda bisa langsung streaming konten atau video dari smartphone ke layar TV.

chromecast-5

Perlu Anda ketahui tidak semua aplikasi di smartphone bisa di streaming ke TV. Untuk mempermudah Anda, di aplikasi Chromecast akan muncul daftar aplikasi yang terinstall di smartphone yang bisa di streaming lewat Chromecast.

Pada umumnya aplikasi multimedia yang bisa di streaming ke TV lewat Chromecast. Seperti misalnya Google Photos untuk streaming foto dan video yang tersimpan di memori internal smartphone, atau aplikasi streaming video dan musik seperti Spotify, Youtube, Netflix dan iFlix. Bahkan Anda pun bisa streaming konten dari browser Google Chrome ke layar TV lewat laptop.

chromecast-6

Saat mencoba melakukan streaming Youtube dari smartphone, setelah menekan opsi cast di layar smartphone dalam beberapa saat video yang diputar akan muncul di layar TV. Kami juga sangat puas dengan kualitas streamingnya yang tajam dan tidak lag di layar TV. Chromecast bisa streaming hingga resolusi maksimum Full HD 1080p.

chromecast-7

Saat streaming berlangsung, Anda pun masih bisa melakukan multitasking dengan membuka aplikasi lain seperti misalnya membalas chat di Whatsapp. Jika bosan melakukan streaming, di PlayStore juga sudah mulai tersedia ragam aplikasi yang kompatibel dengan Chromecast.

chromecast-setup-5

Meski kebanyakan adalah aplikasi multimedia seperti streaming video dan musik, namun ternyata ada juga beberapa judul game yang cukup seru untuk dimainkan. Salah satunya adalah Just Dance Now yang menjadi favorit kami karena mengasah ketrampilan kami dalam menari mengikuti gerakan dan irama yang dimainkan.

chromecast-setup-6

Kesimpulan
Walau belum bisa streaming konten di resolusi 4K, cara penggunaannya yang sangat mudah, harga yang relatif terjangkau, dan beragam pilihan aplikasi yang kompatibel menjadikan Chromecast bisa menjadi media yang tepat untuk sistem hiburan di rumah. Dukungannya terhadap beragam sistem operasi seperti iOS, Android, Mac, Windows, hingga Chromebook juga menjadi salah satu daya tarik dari perangkat ini. Dengan banderol harganya yang sekitar Rp649.000, Chromecast sangat kami rekomendasikan sebagai perangkat media streaming di rumah Anda tanpa perlu merogoh kocek banyak uang untuk membeli sebuah Smart TV.

Yang Canggih:
+ Mudah digunakan
+ Harga relatif terjangkau
+ Kualitas streaming amat baik

Yang kurang:
– Resolusi streaming maksimum Full HD
– Tidak dilengkapi remote

Alternatif lain:
Apple TV

Back to top button