Quantcast
Foto & VideoLensaNews

Laowa 7.5mm F/2 dan Laowa 15mm F2 FE Zero-D: Duo Lensa Sudut Lebar Minim Distorsi

Setelah mengumumkan Laowa 12mm F/2.8 pabrikan lensa asal China, Venus Optics, hadir kembali dengann Laowa 7.5mm F/2 dan Laowa 15mm F2 FE Zero-D.

laowa-15mm-dan-7-5mm-1

Keduanya membidik segmen pengguna kamera yang berbeda. Kendati demikian, dua lensa sudut lebar ini tetap menjanjikan hasil foto yang minim distorsi seperti Laowa 12mm F/2.8.

Laowa 15mm f/2 FE Zero-D hadir dirancang untuk pengguna kamera mirrorless full frame Sony. Desain dan bobotnya pun dirancang ringan dan tidak terlalu besar agar tetap mudah diajak berpergian. Untuk bobotnya, lensa ini hanya seberat 500 gram yang masih ringan untuk sebuah lensa sudut lebar. Kelebihannya yang lain, di bagian depannya juga bisa dengan mudah memasang filter berukuran 72mm. Dengan demikian pengguna tidak perlu lagi mengeluarkan uang tambahan membeli filter holder.

Meurut klaim Venus Optics, Laowa 15mm f/2 FE Zero-D merupakan lensa 15mm rectilinear tercepat untuk kamera full frame. Dengan mengusung fitur close-to-zero optical distortion, fotografer kini bisa memotret landscape atau arsitektur tanpa adanya distorsi. Garis lurus akan tetap terlihat lurus dengan lensa ini.

Sementara Laowa 7.5mm F2 FE Zero-D merupakan lensa rectilinear terlebar yang khusus dirancang untuk kamera dengan sensor MFT (Micro Four Thirds). Panjang lensa ini hanya 55mm dan bobotnya hanya sekitar 170 gram. Sangat ringan dan kecil sehingga tidak akan menyita banyak tempat di dalam tas.

Dengan jarak fokal lensa yang lebar, lensa ini sangat ideal untuk fotografi landscape. Berkat bukaan lensanya yang besar Anda juga bisa menggunakannya di beragam kondisi pencahayaan. Satu hal yang menarik, bobotnya yang ringan juga memungkinkan lensa ini cukup ideal menjadi pasang drone untuk memotret dari udara.

Belum ada spesifikasi lebih detil dari kedua lensa ini. Rencananya, keduanya akan mulai tersedia di pasaran mulai awal tahun 2017.

Back to top button