Quantcast
2-in-1 notebookKomputerReview

Review Dell Inspiron 11 3168 2-in-1

Belum lama ini, Dell membawa versi terbaru dari lini laptop 2-in-1 Inspiron 11 3000 series ke Indonesia. Yang menarik dari peluncuran tersebut adalah, Dell melakukan penyegaran dengan menghadirkan pembaruan yang signifikan namun tetap menekan harga pada level yang ramah di kantong.

Dell Inspiron 11 3000 2-in-1 yang kami bahas kali ini adalah seri 3168 yang dibekali prosesor Intel Celeron N3060. Penasaran seperti apa keunggulannya? Langsung saja simak ulasan kami:

Desain stylish dan colorful

dell-inspiron-11-3168-bali-blue-11

 

Dell Inspiron 11 3168 adalah laptop 2-in-1 dengan layar berukuran 11,6 inci. Berbekal material plastik, build quality dari Dell Inspiron 11 3000 tergolong baik meski belum bisa menimbulkan kesan premium. Sudut-sudutnya ergonomis dan nampak stylish jika dilihat dari berbagai sisi.

Perangkat ini dikemas dalam balutan warna Bali Blue (ada pula warna Tango Red) yang menawan. Cocok bagi pengguna berjiwa muda yang ingin tampil beda atau bosan dengan warna-warna standar seperti hitam dan silver yang banyak mendominasi pasaran laptop saat ini.

 

Bobotnya cukup ringan, yaitu 1.18 Kg dengan ketebalan kurang dari 21 mm. Cukup nyaman untuk dibawa bepergian di dalam tas karena bodinya yang kecil. Jika Anda membutuhkan laptop 2-in-1 yang ringan dan ramping, Dell Inspiron 11 3168 mungkin layak masuk dalam daftar belanja Anda.

Sebagai sebuah perangkat yang mengusung konsep 2-in-1, Inspiron 11 3000 memiliki engsel yang fleksibel sehingga layarnya dapat dilipat ke belakang (360 derajat) dan mengubah fungsinya menjadi tablet. Total ada empat mode penggunaan, yakni Laptop mode, Tent mode, Stand mode, dan Tablet mode.

dell-inspiron-11-3168-bali-blue-6

Dalam mode Tablet, touchpad dan tombol-tombol pada keyboard menjadi tidak berfungsi tapi masih bisa ditekan (tidak terkunci). Sedikit kurang nyaman ketika digenggam karena ada sensasi yang mengganggu saat tombol-tombol keyboard secara tidak sengaja tertekan jari-jari Anda.

Inspiron 11 3168 memiliki 1x USB 3.0, 2x USB 2.0, 1x HDMI, dan slot card reader (microSD). Jarak dari masing-masing port tersebut cukup baik dan tidak akan mengganggu satu sama lain ketika digunakan bersamaan. Sejajar dengan port-port yang ada di sisi sebelah kanan, Anda juga akan menemukan tombol power yang menurut kami penempatannya cukup unik.

Layar sudah mendukung sentuhan

Seperti disebutkan di atas, Dell Inspiron 11 3000 menggunakan layar berukuran 11,6 inci. Resolusinya 1366 x 768. Walaupun belum Full HD, namun resolusi tersebut sudah sesuai dengan level harga yang ditawarkannya.

dell-inspiron-11-3168-bali-blue-13

 

 

 

Perlu diketahui bahwa layar ini sudah mendukung sentuhan. Artinya, salah satu fungsi Dell Inspiron 11 3000 yaitu sebagai tablet Windows 10 bisa dinikmati seutuhnya. Apalagi, layarnya terasa cukup responsif ketika disentuh dan telah didukung fitur auto rotation.

Sayangnya tampilan pada layar Dell Inspiron 11 3000 bisa dibilang kurang maksimal. Kontras dan akurasi warna yang disajikan belum bisa memanjakan mata. Selain itu, sudut pandang dari layar ini tergolong sempit, khususnya jika dilihat secara vertikal. Hasilnya, Anda harus berada pada sudut pandang yang tepat untuk dapat melihat tampilan gambar yang paling optimal.

Dari segi audio, Dell Inspiron 11 3000 cukup mampu memberikan kualitas yang lumayan di kelasnya. Suara yang dikeluarkan terdengar jernih dan lumayan lantang. Setidaknya, masih nyaman untuk mendukung Anda mendengarkan musik maupun menonton video.

Keyboard standar

Tidak ada yang spesial dari keyboard Dell Inspiron 11 3000. Secara keseluruhan, gaya chiclet yang diusungnya cukup nyaman untuk mengetik sehari-hari. Feedback-nya memang tidak mantap, tapi masih lumayan terasa. Walaupun demikian, menurut kami agak sulit untuk bisa mengetik dengan kecepatan tinggi menggunakan keyboard ini.

dell-inspiron-11-3168-bali-blue-10

Sementara ukuran touchpad pada Inspiron 11 3168 tergolong memuaskan untuk sebuah laptop 11 inci yang kecil. Anda bisa mengatur sensitivitas dari touchpad tersebut melalui software bawaan Dell. Tidak hanya itu, touchpad ini juga sudah mendukung multitouch gesture.

Performa lumayan untuk aktivitas harian

Versi Dell Inspiron 11 3168 yang kami review adalah versi dengan pilihan spesifikasi paling rendah di keluarganya. Mengingat harganya yang bermain di 3 jutaan, tak heran jika Anda akan menemukan prosesor Intel Celeron N3060 dual-core dan kartu grafis Intel HD Graphics, plus RAM hanya 2 GB.

dell-inspiron-11-3168-bali-blue-5

Kombinasi khas laptop murah tersebut tidak akan bisa memberikan performa kencang maupun kemampuan multitasking yang hebat. Untuk mendukung aplikasi yang membutuhkan komputasi tinggi seperti editing video, laptop ini bukan jawaranya. Namun untuk kebutuhan sehari-hari seperti browsing, mengetik, mengerjakan tugas sekolah atau tugas kuliah, dan hiburan standar seperti menonton video, Dell Inspiron 11 3168 masih terasa cukup gesit.

Untuk urusan storage, di versi yang kami review ini Dell hanya mengandalkan eMMC sebesar 32 GB. Secara kapasitas memang sangat minim. Apalagi, storage tersebut sudah terpakai untuk ruang instalasi sistem operasi Windows 10 dan hanya menyisakan sekitar 10 hingga 11 GB untuk Anda.

Sebagai alternatif jika Anda butuh tambahan ruang penyimpanan data untuk menyimpan file-file berukuran besar, Anda bisa memanfaatkan slot microSD. Atau jika masih kurang, Anda bisa memilih alternatif yang banyak dilakukan oleh sebagian besar pengguna, yakni membeli harddisk eksternal.

Untuk lebih menggambarkan bagaimana performa dari Dell Inspiron 11 3168 (Intel Celeron N3060), langsung saja simak hasil benchmark berikut ini:

Baterai cukup memuaskan

Dengan spesifikasi di atas, tentunya Dell Inspiron 11 3168 tidak membutuhkan konsumsi daya yang besar untuk mendukung kinerjanya. Hasilnya, Anda bisa menggunakan laptop 2-in-1 ini dalam waktu yang cukup lama dari kondisi baterai 100 persen.

Dengan pemakaian normal seperti mengetik, browsing, dan terkadang menonton video di YouTube, Dell Inspiron 11 3168 yang kami uji mampu menyala 8 hingga 9 jam. Hasil yang cukup memuaskan sekaligus menjadikannya sebagai perangkat yang bisa diandalkan untuk menemani aktivitas yang mobile sehari-hari.

Kesimpulan

dell-inspiron-11-3168-bali-blue-feat-imageSebagai produk penyegaran dari lini Inspiron 11 3000 series 2-in-1, apa yang ditawarkan Inspiron 11 3168 merupakan sajian yang menarik di kelasnya. Memang masih ada kekurangan seperti kualitas layar dan storage yang minim. Meski begitu, harganya yang terjangkau tetap menjadi nilai plus yang membuatnya layak dipertimbangkan.

Apalagi, Dell dikenal sebagai perusahaan yang sangat mengutamakan layanan purna jual yang maksimal. Dell Indonesia menyatakan bahwa mereka kini siap memberikan layanan di lebih dari 333 kota di Indonesia, dan dapat dihubungi selama 24 jam setiap hari jika Anda butuh bantuan mendesak. Poin tambahan yang mungkin tidak semua brand bisa memberikannya.

Dibanderol Rp3.939.000, Dell Inspiron 11 3168 sangat cocok bagi pelajar atau mahasiswa, pengusaha pemula, maupun keluarga yang mencari solusi komputasi dengan konsep 2-in-1 yang fun dan hemat biaya, untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Yang Canggih:

+ Desain colorful
+ Bodi kecil dan ringan
+ Memiliki 4 mode penggunaan, termasuk mode tablet
+ Layar sudah mendukung sentuhan
+ Daya tahan baterai cukup baik
+ Harga lumayan kompetitif

Yang Kurang:

– Sudut pandang pada layar tergolong sempit
– Kapasitas storage internal minim

Back to top button