Quantcast
CamcorderFoto & VideoNews

Canon EOS C700: Canon Cinema EOS Pertama dengan Teknologi Sensor Global Shutter

Canon menambah lini camcorder profesional Canon Cinema EOS miliknya. Menggantikan Canon EOS C500 kini Canon mengumumkan Canon EOS C700.

canon-eos-c700-1

Kamera ini merupakan kamera pertama Canon yang mengusung teknologi sensor CMOS baru yaitu global shutter CMOS sensor yang diumumkannya beberapa waktu lalu. Akan ada 3 varian Canon EOS C700 yang akan tersedia. Diantaranya Canon EOS C700, C700PL dan C700 GS PL.

Perbedaan ketiganya hanya dibagian sensor. Varian Canon EOS C700 GS PL inilah yang menggunakan teknologi global shutter CMOS sensor. Sensor 4.5K miliknya ini menawarkan cakupan dynamic range hingga 14 stop, sayangnya Canon belum melengkapinya dengan teknologi Dual Pixel CMOS AF.

Sementara, Canon EOS C700 dan C700PL hadir dengan sensor yang berbeda. Kedua model ini mengusung sensor rolling shutter 4.5K. Dengan menggunakan teknologi sensor rolling shutter cakupan dynamic range yang ditawarkan keduanya lebih luas yaitu hingga 15 stop. Sebagai tambahan, Canon juga melengkapinya dengan teknologi Canon Dual Pixel CMOS AF untuk kinerja autofokus yang lebih cepat.

Desain modular masih tetap dipertahankan di Canon EOS C700. Tujuannya tentu saja agar mempermudah pengguna bisa menambahkan beragam aksesoris untuk memaksimalkan pengambilan gambar.

Untuk membantu perekaman video, Canon EOS C700 dilengkapi dengan jendela bidik elektronik OLED EVP yang resolusinya Full HD 1080p. Jendela bidiknya ini mendukung fitur Surround view, view assist, false colors dan simulasi HDR.

Di bagian samping kiri bodinya tersedia 6 tombol fungsi yang terdiri dari ISO, shutter, slow motion, diafragma, warna, dan white balance. Anda juga bisa menambahkan aksesoris Remote Operation Unit OU-700 untuk di pasang di sebelah kanan bodinya. Aksesoris ini akan menduplikasi tampilan layar di kiri bodinya agar bisa dikendalinkan dari kedua sisi.

Canon EOS C700 mampu merekam video 4K RAW dengan kecepatan hingga 120fps di resolusi 4K, 2K RAW dengan kecepatan hingga 240fps, atau ProRes 4K hingga 60fps. Kamera ini mendukung Canon Log 2 dan Log 3 yang bisa merekam gambar dengan tonal warna flat dan cakupan dynamic range penuh yang akan sangat berguna saat pengaturan warna disaat proses penyuntingan. Sebagai tambahan, Canon C700 juga sudah dilengkapi dengan ND filter 5 stop dan mendukung penggunaan lensa anamorphic.

Untuk mempermudah proses perekaman dan penyuntingan, Canon juga telah menyiapkan sebuah aksesoris yaitu Canon Codex Recorder CDX-36150 yang membawa ruang penyimpanan hingga 2TB untuk perekaman video 4K.

Canon EOS C700 dan C700 PL akan dijual dengan harga sekitar US$35000. Sementara EOS C700 GS PL US$38000.

Back to top button