Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Apple Resmi Perkenalkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

Sesuai dengan jadwal yang diumumkan Apple beberapa waktu yang lalu, perusahaan yang bermarkas di Amerika Serikat ini akhirnya secara resmi memperkenalkan generasi terbaru dari smartphone andalan mereka, yakni iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Anti air, tanpa port audio jack 3.5mm

apple-iphone-7-dan-iphone-7-plus-1iPhone 7 dan iPhone 7 Plus kembali meneruskan tradisi Apple yang selalu menampilkan smartphone dengan desain yang sangat menawan. Namun untuk pertama kalinya dalam sejarah iPhone, Apple akhirnya menyajikan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dengan sertifikasi IP67. Artinya, kedua iPhone anyar ini anti air (hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit) dan debu.

Hal lain yang membedakannya dengan generasi sebelumnya adalah ketiadaan port audio jack 3.5mm. Meski begitu, pengguna tetap bisa menghubungkannya melalui port lightning menggunakan EarPod terbaru yang sudah termasuk dalam paket penjualan.

apple-iphone-7-dan-iphone-7-plus-7

Apple menyediakan sebuah converter khusus untuk mengubah port lightning menjadi port audio jack 3.5mm. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan AirPod, earphone tanpa kabel (wireless) yang juga baru saja diumumkan oleh Apple.

Perubahan selanjutnya ada pada tombol Home yang kali ini tidak mengusung konsep tombol fisik. Tombol Home di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus sensitif terhadap tekanan dan mampu memberikan respon balik ketika ditekan.

apple-iphone-7-dan-iphone-7-plus-11

Peningkatan pada kamera

Versi terbaru dari iPhone memang selalu menghadirkan peningkatan pada sektor kamera. Di duo anyar ini, Apple menanamkan kamera 12 megapixel dengan lensa 6-elemen f/1.8 dan Optical Image Stabilization.

Sensor tersebut diklaim 60 persen lebih cepat dan 30 persen lebih efisien dibanding sistem kamera iPhone sebelumnya. Apple tak lupa menyediakan lampu flash dengan 4 LED untuk membantu pemotretan yang natural di kondisi minim cahaya.

apple-iphone-7-dan-iphone-7-plus-5Khusus untuk iPhone 7 Plus, Apple menawarkan dua kamera belakang sekaligus yang keduanya sama-sama menggunakan sensor 12 megapixel. Yang satu merupakan wide-angle 28mm, dan yang satunya ‘telephoto’ 56mm.

Kedua kamera tersebut akan mengkombinasikan dua persepektif untuk mendapatkan analisa kedalaman ruang yang akurat. Bahkan, pengguna nantinya bisa memisahkan antara background dan subyek. Analisa kedalaman ruang ini juga bisa diliat secara real-time sebelum pengguna mengambil gambar.

Soal kamera depan, pengguna akan menemukan sensor 7 megapixel yang mampu merekam video dengan resolusi maksimal 1080p.

Dipersenjatai Apple A10 Fusion

apple-iphone-7-dan-iphone-7-plus-3

Urusan performa, keluarga iPhone 7 mengandalkan generasi terbaru dari chipset A10 Fusion, dengan CPU quad-core yang terdiri dari 2-core performa tinggi dan 2-core hemat daya. Kabarnya, A10 Fusion 40 persen lebih kencang dibanding A9 dan dua kali lipat lebih kencang dibanding A8. GPU yang dibenamkan pun 50 persen lebih bertenaga dibanding A9.

Apple juga menyediakan baterai yang mampu membuat iPhone 7 menyala dua jam lebih lama dibanding iPhone 6s, sementara iPhone 7 Plus hanya satu jam lebih kuat. Sayangnya, tidak ada informasi soal berapa kapasitas yang ditanamkan.

Dua ukuran yang berbeda

apple-iphone-7-dan-iphone-7-plus-6

Apple iPhone 7 menawarkan layar berukuran 4,7 inci Retina Display yang diklaim 25 persen lebih cerah. Sedangkan saudaranya yang membawa nama Plus hadir dengan ukuran yang lebih besar, yakni 5,5 inci.

Yang menarik, Apple seolah ingin memberi kepuasan lebih kepada pengguna melalui sektor audio. Ini dibuktikan dengan keberadaan speaker stereo baik pada iPhone 7 maupun iPhone 7 Plus.

apple-iphone-7-dan-iphone-7-plus-10

Pre-order segera dibuka

Apple mengambil langkah cepat dengan langsung membuka pre-order dari iPhone 7 dan iPhone 7 Plus pada 9 September. Ketersediaannya di pasaran sendiri baru akan terjadi pada 16 September 2016 mendatang.

apple-iphone-7-dan-iphone-7-plus-2

Soal harga, iPhone 7 dibanderol mulai dari US$649 atau sekitar 8,4 juta rupiah. Sedangkan iPhone 7 Plus bisa ditebus dengan dana mulai dari US$769 atau sekitar 10 juta rupiah.

Ada beberapa pilihan warna yang disediakan, yakni Gold, Rose Gold, Silver, Black, dan Jet Black. Apple pun memberikan opsi memori internal dari 32 GB, 128 GB, hingga 256 GB.

Back to top button