Quantcast
Mobile GadgetNewsWearable

[IFA 2016] Alcatel Vision: Headset VR Berbasis Android dengan Dua Layar AMOLED dan Prosesor Octa-core

Alcatel seolah tak mau ketinggalan dengan tren Virtual Reality yang semakin berkembang belakangan ini. Di ajang IFA 2016, Alcatel memperkenalkan Vision, headset khusus VR yang menawarkan fitur menarik. Pasalnya, headset ini tidak membutuhkan tambahan smartphone atau koneksi ke PC.

Dua layar AMOLED dan hardware yang komplitAlcatel Vision (2)Alcatel Vision tidak membutuhkan smartphone untuk disisipkan seperti pada Samsung Gear VR atau Google Cardboard. Headset ini bisa dibilang sudah memiliki ‘smartphone-nya’ sendiri yang langsung tertanam di dalamnya.

Pengguna akan menemukan dua buah layar AMOLED yang masing-masing berukuran 3,8 inci dan memiliki resolusi 1080 x 1020. Hardware dalam bodinya berisi prosesor octa-core, RAM 3 GB, memori internal 32 GB, dan baterai 3000 mAh yang diklaim mampu menjalankan konten VR selama 3 jam non-stop.

Sensor-sensor pendukung tak lupa disediakan, misalnya accelerometer, gyroscope, dan proximity. Alcatel Vision juga dibekali koneksi WiFi, LTE, dan Bluetooth. Sekilas spesifikasi tersebut setara dengan kebanyakan smartphone kelas menengah ke atas.

Berbasis Android

Alcatel Vision

Headset ini menawarkan sudut pandang 120 derajat dengan latency 17ms. Menariknya lagi, Alcatel Vision mempunyai fitur pengaturan yang membuat para pengguna yang menderita miopi tidak membutuhkan kacamata atau lensa kontak untuk menikmati konten yang ditampilkan.

Dari segi desain, hardware yang berada di bagian depan perangkat tentunya berpotensi membuat headset ini menjadi berat ke depan. Karena itu, Alcatel menanamkan baterai pada sebuah bracket yang terletak di bagian belakang kepala.

Perlu diketahui bahwa Alcatel Vision sudah mengadopsi sistem operasi Android yang artinya ekosistem VR dapat ditemukan langsung melalui Google Play Store. Sayangnya tidak dijelaskan versi Android yang digunakan.

Ditemani 360 Camera

Alcatel 360 CameraBersama dengan peluncuran Vision Alcatel juga memperkenalkan perangkat yang disebut 360 Camera. Bertindak sebagai aksesori smartphone, sesuai namanya kamera ini mampu menangkap gambar atau merekam video dalam format 360 derajat. Nantinya, konten yang dihasilkan bisa dinikmati di Alcatel Vision maupun headset VR lainnya.

Alcatel 360 Camera hadir dalam dua model, satu yang berbentuk kotak dan satu lainnya yang bundar. Belum ada keterangan harga dan kapan kamera dengan lensa fisheye 210 derajat ini akan beredar di pasaran. Begitu pula dengan Alcatel Vision yang informasi seputar harga dan ketersediaannya masih misteri. Alcatel hanya menyebut awal 2017 sebagai jadwal penjualanan perdananya.

Back to top button