Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Samsung Siapkan SoC Exynos 7570 dengan Fabrikasi 14nm

Samsung baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka siap memulai tahap produksi dari Exynos 7 Quad 7570. SoC anyar tersebut rencananya ditujukan untuk smartphone kelas menengah ke bawah maupun perangkat berbasis IoT (Internet of Things).

Gunakan fabrikasi 14nm

Samsung Exynos 7570

Dalam proses produksinya, Exynos 7 Quad 7570 menggunakan teknologi fabrikasi 14nm. Dengan teknologi fabrikasi tersebut, Exynos 7570 tentunya menjanjikan performa yang jauh lebih bertenaga namun lebih efisien dalam konsumsi daya.

Keputusan yang sangat menarik karena ini artinya Samsung akan membawa teknologi premium yang pertama kali mereka terapkan di prosesor kelas atas tahun lalu, ke perangkat yang harganya lebih murah.

“Dengan Exynos 7570, lebih banyak pengguna yang akan bisa merasakan keunggulan performa dari proses 14nm FinFET di perangkat yang terjangkau,” kata Ben K. Hur, Vice President of System LSI Marketing di Samsung Electronics.

Samsung Exynos 7 Quad 7570 menawarkan desain yang telah dioptimalkan dan fitur-fitur seperti Power Management IC dan fungsi Radio Frequency. SoC ini hadir dengan ukuran 20 persen lebih kecil sehingga memudahkan produsen smartphone menciptakan perangkat yang lebih ramping.

Terintegrasi modem Cat.4 LTE 2CA

Samsung Exynos 7570 terdiri dari 4-core Cortex-A53. Jika dibandingkan dengan SoC pendahulunya yang dibuat dengan fabrikasi 28nm, Samsung mengklaim peningkatan performanya bisa mencapai 70 persen, sementara konsumsi dayanya lebih hemat 30 persen.

Yang lebih menarik, Exynos 7570 sudah terintegrasi dengan modem Cat.4 LTE 2CA. Berbagai solusi konektivitas lainnya seperti WiFi, Bluetooth, frequency modulation (FM), dan Global Navigation Satellite System (GNSS) juga tersedia.

Resolusi layar maksimal yang mampu didukung adalah WXGA. Exynos 7570 sanggup dibenamkan kamera 13 megapixel di belakang dan 8 megapixel di depan, serta dapat mendukung performa untuk merekam maupun memutar video hingga resolusi Full HD.

Belum ada keterangan perangkat apa yang akan menjadi yang pertama menanamkan SoC Exynos 7570. Meski begitu, diprediksi para pengguna sudah dapat mencicipi performa dari SoC ini dalam beberapa bulan ke depan.

Back to top button