Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphoneWearable

Samsung Gear VR 2: Sudut Pandang Lebih Lebar dan Dibekali Port USB Type-C

Di acara peluncuran Galaxy Note 7 di Indonesia, Samsung juga memamerkan generasi terbaru dari headset Virtual Reality mereka, yakni Gear VR. Menurut Samsung, ada beberapa perbedaan dibandingkan dengan versi pertamanya.

Samsung Gear VR 2 (4)

Cocok untuk Galaxy Note 7

Secara desain sekilas Gear VR 2 tampil tidak terlalu berbeda dengan pendahulunya. Hanya saja, Samsung kini membalutnya dengan warna hitam tanpa ada kombinasi dengan warna putih seperti Gear VR pertama.

Samsung Gear VR 2 bisa dibilang sengaja dibuat untuk memfasilitasi pengguna Galaxy Note 7 yang ingin menikmati konten VR. Buktinya, Samsung membenamkan port USB Type-C yang memang menjadi interface utama di penerus Note 5 tersebut.

Samsung Gear VR 2 (3)

Meski begitu, port USB Type-C ini bisa dilepas dan diganti dengan port microUSB yang sudah termasuk dalam paket penjualan. Artinya, pengguna perangkat lama seperti Galaxy S6, S6 Edge, S6 Edge+, Galaxy Note 5, dan Galaxy S7/S7 Edge tetap bisa menyisipkan perangkat mereka di Gear VR generasi terbaru ini. Yang perlu digarisbawahi, Galaxy Note 7 tidak bisa dipasangkan dengan Gear VR yang lama.

Samsung Gear VR 2 (2)

 

Field of view yang lebih lebar

Kami sempat mencoba Gear VR terbaru ini di acara yang digelar di Jakarta, Selasa (23/8). Menurut kami, Gear VR 2 terasa lebih nyaman di kepala dan lumayan ringan (345 gram) walaupun sudah dipasangkan dengan Galaxy Note 7. Busa atau bantalan yang menempel dengan wajah pun terasa lembut. Strap-nya mudah diatur dan disesuaikan dengan kepala.

Samsung Gear VR 2

Gear VR 2 memiliki field of view (sudut pandang) mencapai 101 derajat. Sedikit lebih lebar dibanding generasi sebelumnya yakni 96 derajat. Soal tombol-tombol, Samsung menyediakan sebuah touchpad, tombol Home, tombol Back, dan pengaturan volume di bagian kanan headset. Pengaturan fokus tetap berada di bagian atas. Semua tombol tersebut cukup mudah diakses sesuai kebutuhan.

Saat ini Gear VR 2 bisa didapatkan melalui paket Galaxy Note 7 yang dibanderol Rp11.277.000. Belum ada kejelasan apakah nantinya Samsung akan menjualnya secara terpisah atau tidak.

Back to top button