Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

7 Keunggulan S-Pen Samsung Galaxy Note 7 Dibandingkan S-Pen Galaxy Note 5

Salah satu hal yang membedakan seri Samsung Galaxy Note dari Galaxy S dan ponsel Android kelas atas lainnya adalah S-Pen. Pena stylus yang memiliki banyak kegunaan ini terus mengalami peningkatan di tiap versi Galaxy Note yang dikeluarkan Samsung. Tidak terkecuali dengan S-Pen Samsung Galaxy Note 7.

Walaupun desainnya masih mirip seperti pena terdahulu, ada beberapa peningkatan fitur dan desain S-Pen Galaxy Note 7 yang belum ada di S-Pen Galaxy Note 5.

1. Tahan air & debu

GalaxyNote7_Feature_Spen_Main_waterproof

Seperti bodi Note 7 yang kini tahan air (IP68), S-Pen juga dirancang agar tahan air dengan insulasi karet di beberapa bagiannya. Juga ada cetakan khusus di bagian dalam untuk melindungi permukaan PCB agar tidak kemasukan air. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan S-Pen dalam kondisi basah. Karena telah meraih sertifikasi IP68, S-Pen ini juga tahan debu. Bahkan jika diinginkan, Anda juga bisa menulis di layar Note 7 di bawah air. Fitur ini juga menjadikan S-Pen sebagai stylus smartphone pertama di dunia yang tahan air.

2. Sensivititas lebih baik

Samsung juga meningkatkan sensitivitas S-Pen dari 2048 tingkat menjadi 4096 tingkat atau dua kali lebih sensitif. Kegunaannya, Anda akan dapat mengatur tebal tipis goresan pena dengan lebih presisi. Fitur ini berguna saat membuat sketsa atau menulis kaligrafi.

3. Ujung pena lebih kecil

GalaxyNote7_Feature_Spen_Main_6_1

Ujung pena S-Pen kini lebih kecil 60%, dengan diameter yang hanya 0,7mm. Samsung menyebutkan ujung pena ini terbuat dari bahan elastomer yang menyerupai karet elastis. Dengan diameter yang lebih kecil, S-Pen yang baru ini akan lebih presisi saat digunakan menulis atau menggambar.

4. Teknologi EMR

GalaxyNote7_Feature_Spen_Main_1_ (1)

Jika S-Pen versi terdahulu menggunakan teknoologi elektrostatis untuk bekerja, maka S-Pen Note 7 menggunakan teknologi EMR (electromagnetic resonance). Tidak seperti teknologi elektrostatis yang membutuhkan arus listrik statis untuk bekerja (seperti tangan manusia ke layar sentuh), teknologi ini memanfaatkan gelombang elektromagnet untuk menentukan lokasi dan besar tekanan pena saat digunakan menulis dan menggambar.

5. Fitur Magnify & Translate dengan S-Pen

Memperbesar teks atau gambar yang ada di artikel atau dokumen kini juga dapat dilakukan dengan mudah menggunakan S-Pen. Bahkan gambar di situs yang biasanya tidak dapat diperbesar kini juga dapat diperbesar dengan fitur Magnify yang ada di S-Pen.

Note-7-hover-translate

Satu lagi fitur baru yang penting adalah Translate. Anda tinggal melayangkan S-Pen di kata yang ingin diterjemahkan dan Note 7 akan menerjemahkannya. Fitur ini tetap bekerja di kata-kata yang terdapat dalam sebuah gambar. Dengan teknologi OCR (Optical Character Recognition), Note 7 akan mencoba menerjemahkannya. Saat ini Translate dapat mengenali 38 bahasa dan mampu menerjemahkan ke 71 bahasa.

6. Aplikasi Notes lebih baru

Untuk memaksimalkan fungsi S-Pen, Samsung telah menyertakan aplikasi baru bernama Samsung Notes. Aplikasi ini menyatukan beberapa aplikasi Note terdahulu seperti Action Memo, S Note, Scrapbook dan Memo.

Samsung Notes juga membawa tambahan kuas seperti oil paintbrush dan watercolor paintbrush untuk menunjang kreativitas penggunanya. Memasukkan teks juga kini lebih optimal dengan dukungan untuk nomor, kotak ceklis, serta mengubah warna font.

7. Smart Select lebih canggih

Dengan Smart Select, Anda kini bisa memilih bagian dari video yang langsung dapat diubah menjadi format .GIF. Ini merupakan fitur menarik bagi Anda yang suka berbagi animasi pendek di media sosial.

Caranya juga mudah. Pilih Smart Select saat memutar video. Buat area yang ingin direkam. Mainkan videonya dan pilih Record untuk merekamnya.

Jadi bagaimana? Apakah kelebihan S-Pen baru ini sudah cukup untuk memikat Anda hijrah ke Samsung Galaxy Note 7? Untuk lebih jelasnya, berikut perbandingan S-Pen pada Note 5 dan S-Pen pada Note 7.

Note5SpenvsNote7Spen_Final_Main_1

Back to top button