Quantcast
Aksesoris GadgetMobile GadgetNews

Samsung UFS Card: Kartu Memori Kencang Setara SSD

Seiring dengan perkembangan perangkat mobile, kebutuhan akan kartu memori eksternal pun semakin meningkat. Pengguna kini tidak hanya mencari memory card berkapasitas besar saja, tetapi juga yang menawarkan kecepatan tinggi.

Menanggapi hal itu, Samsung baru-baru ini memperkenalkan generasi terbaru di jajaran produk kartu memori mereka. Kartu memori yang diberinama UFS Card ini menjanjikan performa yang diklaim setara dengan SSD (Solid State Drive).

Super kencang dengan kapasitas 256 GB

UFS (Universal Flash Storage) milik Samsung memiliki kecepatan sequential read mencapai 530 MB/s, alias nyaris lima kali lipat lebih kencang dibanding microSD yang ada di pasaran saat ini.

Samsung UFS Card

Sementara untuk kecepatan sequential writing, UFS Card mampu mencapai 170 MB/s. Performa yang memang membuatnya layak disejajarkan dengan SSD.

Kapasitas yang tersedia cukup beragam, mulai dari 32 GB, 64 GB, 128 GB, hingga yang terbesar 256 GB. Perpaduan kecepatan tinggi dan kapasitas yang besar ini membuat UFS Card cocok digunakan di perangkat seperti DSLR, kamera untuk VR, kamera aksi, drone, dan sejenisnya.

Belum ada perangkat yang mendukung

Untuk saat ini belum ada perangkat di pasaran yang mendukung penggunaan UFS Card. Pasalnya, interface yang berbeda membuat UFS Card tidak bisa disisipkan di slot microSD.

Namun yang pasti, kehadiran UFS Card akan menjadi standar baru, setidaknya untuk Samsung, dalam menawarkan solusi ruang penyimpanan data eksternal berkecepatan tinggi. Samsung sendiri belum memberikan informasi kapan UFS Card akan dijual dan berapa kisaran harganya.

Back to top button