Quantcast
Mobile GadgetReviewTablet Android

Review Acer Predator 8

Belakangan ini tak banyak inovasi yang terlihat di ranah tablet. Beberapa produsen pun mulai jarang meluncurkan tablet terbarunya dan lebih memilih fokus pada smartphone yang memang pasarnya semakin luas.

Meski begitu, Acer tidak ragu untuk mencoba memberikan penawaran yang berbeda kepada pengguna yang membutuhkan sebuah tablet berbasis Android. Ini dibuktikan dengan ketersediaan Acer Predator 8, perangkat yang disebut oleh sang produsen asal Taiwan sebagai tablet gaming.

Desain khas perangkat gaming

Predator 8Ketika pertama kali melihat Acer Predator 8, kesan gaming yang begitu kuat langsung terasa dari penampilannya. Acer menghadirkan tablet tersebut dengan desain yang bisa dibilang ‘khas perangkat gaming’. Nampak agresif dan sangat berbeda dibanding tablet Android kebanyakan.

Tablet ini memiliki wujud yang tidak terlalu besar dengan layar berukuran 8 inci. Keempat sudut dari Predator 8 terlihat menonjol dan runcing karena keberadaan empat buah speaker di masing-masing sudutnya.

Di bagian belakang, Anda akan menemukan logo Predator yang gahar serta grip pads yang lembut dan cukup nyaman ketika bersentuhan dengan tangan. Ini membuat Predator 8 terasa mantap ketika digenggam dengan posisi seperti memegang controller pada konsol game.

Mungkin tidak semua orang akan menyukai desain yang tidak biasa seperti ini. Karena itu, Acer memang menargetkan Predator 8 secara khusus untuk pengguna yang ingin tampil layaknya gamer sejati.

Layar dengan 4 pengaturan

Seperti disebutkan di atas, Acer Predator 8 hadir dengan layar berukuran 8 inci. Menggunakan teknologi IPS, layar tersebut memiliki resolusi 1920 x 1200 dengan 283 ppi.

Secara keseluruhan layar pada Predator 8 sangat memuaskan. Tajam dan responsif, serta dengan reproduksi warna yang baik. Yang membuatnya lebih menarik adalah Acer membenamkan beberapa pilihan pengaturan layar sesuai dengan kebutuhan, yakni Standard, Album, Movie, dan Game yang semuanya bisa diakses melalui Acer MediaMaster.

Pilihan pengaturan tersebut dibuat untuk memberikan pengalaman yang maksimal di setiap kegiatan yang dilakukan oleh pengguna dengan Predator 8. Movie misalnya, menampilkan layar dengan efek sedikit gelap sehingga memberikan nuansa sinematik. Sementara Game menawarkan tingkat kecerahan yang lebih tinggi dan kontras yang lebih kuat.

Acer Predator 8 UI (2)

Tak hanya itu, Acer juga membenamkan teknologi Bluelight Shield yang mampu meminimalisir dampak dari blue light yang dipancarkan oleh layar. Bagi Anda yang belum tahu, blue light dari layar dipercaya memiliki efek yang dapat mengganggu kesehatan mata.

Audio mantap

Beralih ke audio yang merupakan salah satu nilai jual utama dari Predator 8, Acer menyediakan empat buah speaker sekaligus. Keempat speaker tersebut diletakkan menghadap ke depan di setiap sudut tablet.

Acer Predator 8 (4)

Sama seperti layar, pengguna Predator 8 pun dapat mengatur keluaran audio sesuai kebutuhan dengan masuk ke pengaturan di MediaMaster. Ada tiga pilihan pengaturan audio yang bisa dipilih untuk masing-masing profile, yakni Open, Rich, dan Focused.

Kualitas audionya sendiri terdengar mantap. Lantang dan jernih meski menggunakan pengaturan volume paling tinggi. Bisa dibilang, Predator 8 mungkin merupakan tablet dengan speaker paling keras yang ada di pasaran saat ini. Dengan keempat speaker tersebut, pengguna akan mendapatkan pengalaman yang lebih maksimal ketika menonton film, mendengarkan musik, dan pastinya, ketika bermain game.

UI sederhana dengan beberapa fitur bawaan yang berguna

Berbasis Android 5.1 Lollipop, Acer Predator 8 menyajikan user interface yang bisa dibilang standard. Tetap sederhana dengan modifikasi yang cukup minim sehingga membuatnya mirip dengan tablet Android pada umumnya. Yang pasti, dengan UI ini semua fitur dapat diakses dengan mudah dan cepat.

Acer Predator 8 UI (1)

Ada beberapa fitur bawaan yang menarik. Contohnya EZ Snap yang memudahkan mengambil screenshot dengan gerakan tiga jari. Ada pula EZ WakeUp yang sesuai namanya, membangunkan tablet juga dengan gesture. Tak ketinggalan EZ Tasking yang memungkinkan menjalankan dua aplikasi tertentu sekaligus di satu layar.

Sayangnya Acer masih menjejali Predator 8 dengan bloatware. Beberapa mungkin bermanfaat, namun tak menutup kemungkinan yang lainnya tidak dibutuhkan oleh pengguna.

Kamera seadanya

Tablet memang bukan perangkat yang umum digunakan oleh pengguna untuk memotret ketika bepergian. Walaupun demikian, terkadang ada momen-momen yang mengharuskan Anda mengakses kamera tablet agar tidak ketinggalan untuk diabadikan.

Karena itu, Acer membenamkan sensor 5 megapixel di belakang dan 2 megapixel di depan yang bisa dimanfaatkan untuk video call. Sesuai dugaan, tidak ada yang spesial dari hasil jepretan Acer Predator 8. Berikut contohnya:

Hasil foto acer predator 8

Performa didukung Intel Atom X7

Acer Predator 8 didukung SoC Intel Atom X7 Z8700 dengan prosesor quad-core berkecepatan 1.6 GHz dan ditemani RAM 2 GB. Untuk ruang penyimpanan data, pengguna diberikan memori internal 32 GB yang jika masih kurang bisa diperluas lewat slot microSD (mendukung hingga kapasitas 256 GB). Bisa Anda lihat di screenshot CPU-Z di bawah ini, Predator 8 dibekali sensor yang cukup komplit.

Meski bukan yang paling kencang, perpaduan tersebut sudah lebih dari cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi termasuk game 3D. Walaupun demikian, tentunya akan lebih menarik jika Predator 8 dibekali hardware yang lebih bertenaga untuk memberikan performa terbaik yang mewakili statusnya sebagai tablet gaming.

Kami pun tertarik mencoba menjalankan game-game 3D seperti Asphalt 8, Mortal Kombat X, dan Modern Combat 5. Masing-masing game masih berjalan di frame rate yang nyaman untuk dimainkan dan tidak ada masalah seperti frame rate drop yang terasa mengganggu.

Acer Predator 8 UI (9)

Serunya lagi, di tablet ini Acer juga membenamkan Predator TacSense, sebuah fitur yang akan memberikan efek getar ketika bermain game. Ya, kurang lebih sama dengan controller konsol. Salah satu game yang mendukung penuh fitur ini adalah Asphalt 8. Anda akan merasakan Predator 8 bergetar ketika mobil yang Anda kendarai di game tersebut menabrak sesuatu.

Untuk lebih menggambarkan seperti apa performa dari Acer Predator 8, simak saja hasil pengujian yang kami lakukan menggunakan beberapa aplikasi benchmark berikut ini:

Baterai kurang besar

Dibekali kapasitas ‘hanya’ 4420 mAh, Acer Predator 8 jelas bukan tablet dengan penawaran baterai yang paling menarik di pasaran saat ini. Kapasitas tersebut bisa dibilang kurang memuaskan mengingat Predator 8 dicap sebagai tablet gaming yang tentunya ditujukan untuk pengguna yang hobi bermain game. Terbukti hanya membutuhkan waktu sekitar 5-6 jam untuk menghabiskannya dengan pemakaian normal. Jika digunakan full untuk bermain game, bisa dipastikan akan lebih cepat habis.

Berikut kami tampilkan hasil pengujian baterai menggunakan aplikasi PCMark for Android:

Kesimpulan

Acer memang memberikan sajian yang berbeda lewat Predator 8, yang tentunya, belum ditemukan di tablet Android lainnya di pasaran saat ini. Kesan gaming begitu terasa bahkan ketika dilihat dari penampilan luarnya saja.Predator 8 (2)Yang paling menarik dari Predator 8 adalah layarnya yang tajam dan memiliki pilihan pengaturan yang bisa disesuaikan dengan kegiatan Anda. Selain itu, keberadaan empat speaker yang bertenaga pun membuat pengalaman audio terdengar jauh lebih memukau jika dibandingkan dengan tablet lain.

Sayangnya, dari segi hardware Predator 8 nampak kurang wah karena biasanya produk dengan label gaming menawarkan yang paling kencang dan menjanjikan performa super gahar. Untuk baterai pun kami menilai 4420 mAh kurang memuaskan.

Dengan banderol 5,6 juta rupiah, Acer Predator 8 tetap bisa menjadi pilihan yang layak untuk dipertimbangkan, khususnya bagi Anda yang ingin tampil beda sebagai seorang gamer dan ingin menikmati pengalaman multimedia secara maksimal.

Yang Canggih:

+ Bodi memiliki grip yang nyaman
+ Dilengkapi Predator TacSense untuk efek getar ketika bermain game
+ Layar memukau
+ Kualitas audio mantap dan sangat keras
+ Dibekali pengaturan multimedia yang mudah lewat MediaMaster
+ Beberapa fitur bawaan cukup berguna
+ Sensor komplit

Yang Kurang:

– Performa biasa saja
– Akan lebih menarik jika kapasitas baterai lebih besar

[table]Spesifikasi;Acer Predator 8
SoC;Intel Atom X7 Z8700 quad-core 1.6 GHz
Layar;IPS 8 Inci 1920 x 1200
RAM;2 GB
Memori Internal;32 GB (ada slot microSD)
Kamera;Belakang 5 megapixel / Depan 2 megapixel
Baterai;4420 mAh
Konektivitas;Bluetooth v4.0, GPS, WiFi 802.11 a/b/g/n, microUSB
OS;Android 5.1 Lollipop
Fitur;4 Speaker, Acer MediaMaster, Bluelight Shield
Dimensi;217.9 x 127 x 8.6 mm (berat 353.8 gram)
[/table]
Back to top button