Quantcast
2-in-1 notebookKomputerLaptopNewsPilihanTablet PCUltraportable

Berikut 5 Cara Pintar Mencari Penghasilan Tambahan Menggunakan Laptop

Mencari penghasilan tambahan di luar pekerjaan utama merupakan dambaan sebagian orang yang ingin meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Berkat Internet, ternyata cukup banyak peluang mencari tambahan penghasilan yang tercipta.

Untuk itu tentunya Anda membutuhkan sebuah laptop. Dipadukan dengan keterampilan di bidang lainnya, laptop dapat menjadi alat bantu utama untuk meraup pemasukan tambahan bagi keuangan Anda.

Berikut 5 cara untuk mendapatkan pemasukan tambahan dengan memanfaatkan laptop.

1. Jual barang online

Shopping online

Cara ini adalah yang paling umum dilakukan di seluruh dunia. Ketika laptop Anda terhubung ke internet, Anda bisa mengakses berbagai marketplace online yang menyediakan lapak untuk berjualan.

Di Indonesia sendiri marketplace yang memberikan kenyaman dan keamanan bagi penjual maupun pembeli sudah banyak, misalnya Bukalapak, FJB Kaskus, Tokopedia, Lazada, OLX, dan yang lainnya. Tidak hanya itu, Anda pun bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook untuk menjajakan dagangan Anda.

Dengan membuka toko online, Anda dapat menekan biaya operasional seminim mungkin karena tidak perlu menyewa toko fisik. Soal promosi, lagi-lagi Anda dapat memaksimalkan media sosial. Modal utama yang Anda perlukan hanyalah laptop, kamera untuk memotret produk, internet, dan tentunya barang yang ingin Anda jual.

Mengapa harus dengan laptop, bukan dengan ponsel saja? Mengelola toko online dengan jumlah barang dagangan yang banyak akan lebih mudah dan cepat dilakukan di laptop. Selain itu, ponsel juga memiliki keterbatasan dalam hal kapasitas penyimpanan jika dibandingkan dengan laptop. Belum lagi resiko ponsel hilang atau jatuh dan rusak lebih tinggi dibandingkan laptop.

2. Berkreasi dengan video

macbook pro video editing

Salah satu ketrampilan yang sedang dibutuhkan adalah kemampuan berkreasi dengan video. Jadi tidak hanya merekam saja, tapi juga menyunting video. Bagi yang serius ingin mencari penghasilan tambahan dari industri video, tentunya juga membutuhkan peralatan yang serius pula.

Laptop kelas menengah atas, dengan prosesor minimum Intel Core i5, biasanya menjadi andalan para videografer untuk menyimpan hasil rekaman dan menyuntingnya. Dengan performa yang cepat, waktu penyuntingan dan rendering akan lebih singkat sehingga Anda menghemat banyak waktu.

Jika konsisten, Anda bisa membuat channel sendiri di YouTube dan mendapatkan penghasilan tambahan dari afiliasi iklan dengan YouTube. Opsi lain, Anda bisa menerima pesanan membuat video untuk berbagai keperluan, mulai dari liputan acara pernikahan hingga video dokumentasi untuk perusahaan.

3. Jual keahlian desain Anda

tablet design

Apabila Anda hobi dan cukup jago dalam mendesain sesuatu, maka peluang untuk mencari pemasukan tambahan terbuka lebar. Banyak orang yang membutuhkan kemampuan Anda, misalnya untuk membuat logo atau banner.

Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai portofolio. Pamerkan desain-desain Anda di sana sekaligus untuk membuka kemungkinan salah satu teman di friend list tertarik dengan karya Anda. Anda juga bisa membuka lapak dan menawarkan jasa Anda di website-website seperti Kaskus.

Tentunya desain tidak terbatas untuk urusan desain grafis saja, tapi juga membuat ilustrasi, desain baju, desain kemasan atau desain interior. Untuk desain grafis, pilihan laptop yang dapat digunakan cukup beragam. Namun untuk keperluan lebih tinggi seperti desain 3D atau desain interior, Anda perlu memperhatikan spesifikasi laptop yang dipakai, terutama jenis kartu grafisnya.

4. Menjadi blogger

MacbookAir11_lifestyle_21

Khusus bagi Anda yang hobi menulis dan jago merangkai kata, dunia maya adalah tempat yang tepat untuk menyalurkannya. Anda bisa meraup pundi-pundi uang dengan hanya bermodalkan keahlian menulis, laptop, dan Internet.

Anda bisa membuat blog sesuai minat dan passion yang dimiliki. Tuliskan karya-karya terbaik sesuai dengan kompetensi, dibarengi foto-foto menawan, untuk menarik pengunjung. Jika pengunjung blog sudah banyak, Anda bisa memasang tarif iklan bagi perusahaan yang berminat bekerjasama dengan Anda. Alternatif lain, perusahaan yang mengapresiasi hasil karya Anda bisa mengajak kerjasama untuk membantu mereka menciptakan konten yang dibutuhkan.

Untuk dapat menghasilkan tulisan yang dahsyat, Anda membutuhkan laptop atau komputer yang handal dan nyaman digunakan. Apalagi mengingat Anda tidak hanya membutuhkannya untuk mengetik dalam waktu yang cukup lama, tapi juga menyunting foto dan mencari referensi, sehingga kenyamanan penggunaan perlu diprioritaskan.

5. Gaming pun bisa menghasilkan uang

main game online

Jangan kira bermain game hanya menghabiskan waktu saja. Hobi seperti ini pun bisa menjadi sumber pemasukan tambahan. Jika Anda percaya diri dengan kemampuan Anda, ada cukup banyak kompetisi game PC yang bisa Anda ikuti dengan hadiah-hadiah yang sayang untuk dilewatkan.

Keuntungannya jika memiliki laptop sendiri, Anda bisa terus berlatih dan mengasah kemampuan di manapun dan kapanpun Anda memiliki waktu luang.

Tidak hanya bermain game, Anda juga bisa menciptakan Vlog atau video diri saat sedang memainkan game dan memasangnya di YouTube. Jika meraih jumlah pemirsa yang banyak, Anda juga akan meraup uang melalui kerjasama iklan dengan YouTube.

Untuk keperluan gaming, cukup banyak laptop dengan performa tangguh dan desain menawan di berbagai tingkat harga yang tersedia di pasaran.

Berbekal komputer, peluang terbuka lebar

Di luar 5 cara tersebut di atas, tentunya masih banyak cara lain untuk menghasilkan uang tambahan menggunakan laptop tanpa meninggalkan pekerjaan utama ANda. Jika ada yang memiliki pengalaman pribadi, silakan bagikan di kolom komentar ya.

Artikel ini merupakan hasil kerjasama Intel dan YANGCANGGIH.COM untuk program Smarter Generations.

2 komentar

Back to top button