Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Mencoba Fitur Ultra Data Saving di Samsung Galaxy J3 2016

Samsung baru saja meluncurkan smartphone Android terbarunya di Indonesia, yakni Galaxy J3 edisi 2016. Salah satu fitur utama yang ditawarkannya adalah Ultra Data Saving (UDS) yang berfungsi untuk menghemat pemakaian kuota internet.

Dalam acara yang digelar di Jakarta, Kamis (2/6), Samsung mengajak awak media untuk mencoba langsung seperti apa fitur UDS, dan apakah benar dengan mengaktifkannya mampu memangkas konsumsi data hingga 50 persen. Berikut ulasannya:

Hemat untuk streaming video di YouTube

Launching Samsung Galaxy J3 2016 (1)

Kami diajak untuk menonton video di YouTube menggunakan Galaxy J3 2016. Ada tiga video yang diputar. Dua video berdurasi sekitar 30 detik dan satu video lainnya berdurasi kurang lebih 3 menit. Kami memutar dua video pertama dan kedua masing-masing dua kali.

Dalam penjelasan Samsung menurut uji coba yang telah mereka lakukan, penghematan data pada aplikasi YouTube mampu mencapai persen. Video yang kami saksikan secara default berjalan di resolusi 360p.

Dari percobaan ini terlihat cukup memuaskan. Aplikasi UDS menampilkan berapa kuota data yang terpakai, dan berapa yang berhasil di hemat. Hasilnya, terpakai 19.9 MB dan dihemat sebanyak 17.9 MB, atau kurang lebih hampir 50 persen.

Ultra Data Saving Galaxy J3

Terbukti dengan mengaktifkan UDS konsumsi data menjadi lebih irit. Perlu digarisbawahi bahwa UDS hadir berkat kerjasama dengan Opera. Seperti diketahui, Opera memang dikenal jago dalam menyiasati pemakaian data agar lebih irit, terutama lewat browsernya yang disebut Opera Max.

Bisa pilih aplikasi yang tidak ingin dihemat

Meski UDS melakukan kompresi dan mencegah penggunaan background data pada setiap aplikasi yang terhubung dengan internet, pengguna Galaxy J3 2016 tetap punya kendali penuh untuk memilih aplikasi apa saja yang tidak ingin terkena dampak dari fitur tersebut. Contohnya email agar semua pesan bisa tetap masuk secara normal. Total ada 6 aplikasi yang bisa dipilih oleh pengguna untuk dimasukkan ke daftar pengecualian.

Cocok bagi pengguna yang tidak mau selalu kehabisan kuota

Kesimpulan awalnya, setelah mencoba fitur penghemat data di Galaxy J3 2016 kami melihat smartphone ini sebagai sebuah perangkat yang cukup menarik di angka 2 jutaan rupiah.

Secara spesifikasi memang kurang wah jika dibandingkan dengan smartphone lainnya di range harga yang sama. Namun keberadaan fitur ultra Data Saving dan fitur lainnya seperti S-Bike Mode yang berguna bagi pengendara motor menjadi keunggulan yang membuatnya layak dilirik.

Samsung Galaxy J3 2016 cocok untuk masuk dalam daftar belanja bagi Anda kaum muda yang tidak mau selalu kehabisan kuota internet.

Back to top button