Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Meluncur di Indonesia, Samsung Galaxy J3 2016 Andalkan Fitur Penghemat Data Internet

Samsung kembali meluncurkan smartphone Android terbarunya di Indonesia pada Kamis (2/6) di Jakarta. Kali ini, produsen asal Korea Selatan itu mencoba menghadirkan smartphone terjangkau dengan fitur-fitur yang menarik, yakni Galaxy J3 2016.

Launching Samsung Galaxy J3 2016 (2)

Dibekali fitur penghemat pemakaian kuota internet

Fitur pertama yang menjadi andalan Galaxy J3 versi 2016 disebut Ultra Data Saving (UDS). Sesuai namanya, fitur ini mampu membuat pemakaian kuota data internet menjadi lebih hemat. Bahkan, Samsung mengklaim bisa irit hingga 50 persen.

Ketika diaktifkan, berbagai aplikasi yang terhubung dengan internet akan melalui kompresi serta memblokir background datanya. Ini akan membuat konsumsi kuota data menjadi jauh lebih sedikit dibandingkan dengan pemakaian normal.Launching Samsung Galaxy J3 2016 (3)Menurut uji coba yang dilakukan Samsung, fitur UDS yang merupakan hasil kerjasama dengan Opera ini dapat mengurangi jumlah pemakaian data di berbagai jenis aplikasi, mulai dari aplikasi messaging seperti WhatsApp, LINE, dan BBM, aplikasi sosial media seperti Instagram dan Path, bahkan aplikasi streaming video seperti YouTube dan Netflix.

“Fitur UDS menghadirkan teknologi penghematan data yang unik. Bekerja dengan cara mengurangi konsumsi data pada aplikasi yang didominasi gambar atau video. Kuota data yang terpakai jadi lebih bisa dikendalikan,” kata Denny Galant, Head of Product Marketing IT & Mobile SEIN.

S-Bike untuk pengendara motor

Samsung menjelaskan bahwa Galaxy J3 2016 yang beredar di Indonesia memang disajikan khusus untuk memenuhi kebutuhan pengguna di Tanah Air. Karena itu, Samsung membenamkan fitur lainnya yang bernama S-Bike Mode.Galaxy J3 S-Bike ModeFungsi dari fitur ini adalah untuk memberikan keamanan ketika berkendara. Saat diaktifkan, Galaxy J3 akan memblokir panggilan masuk dan memberikan pesan kepada si penelepon bahwa orang yang ia tuju sedang berkendara.

Namun jika panggilan tersebut bersifat darurat, S-Bike Mode menyediakan opsi bagi si penelepon dengan menekan angka 1. Setelah itu, barulah panggilan telepon bisa terhubung. Walaupun demikian, pengendara motor tidak akan bisa menjawab panggilan itu sebelum ia menepi di pinggir jalan dan motor benar-benar berhenti.

Sudah tersedia di pasaran

Selain fitur-fitur di atas, Galaxy J3 2016 dibekali layar Super AMOLED 5 inci HD. Performanya didukung prosesor quad-core dan RAM 1.5 GB. Memori internal yang tersedia sebesar 8 GB lengkap dengan slot micro SD.

Smartphone 4G ini hadir dengan kamera belakang 8 megapixel dan kamera depan 5 megapixel yang telah didukung lampu flash. Soal baterai, Samsung menyediakan kapasitas sebesar 2600 mAh. Semuanya dikemas dalam bodi yang ramping dengan ketebalan hanya 7.9mm.

Samsung Galaxy J3 2016 saat ini sudah tersedia di Indonesia dengan banderol Rp.2.399.000.

[table]Spesifikasi;Samsung Galaxy J3 2016
Prosesor;Quad-core 1.5 Ghz
Layar;Super AMOLED 5 inci 720p
RAM;1.5 GB
Memori Internal;8 GB (ada slot microSD)
Kamera;Belakang 8 megapixel / Depan 5 megapixel
Baterai;2600 mAh
Konektivitas;4G LTE, Bluetooth v4.0, GPS, GLONASS Wi-Fi 802.11 b/g/n, microUSB, NFC
OS;Android 5.1 Lollipop
Fitur;S-Bike Mode, Ultra Data Saving
Dimensi;142,3 x 71 x 7,9 mm (berat 138 gram)
[/table]
Back to top button