Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphoneTips

[Tips] Memori Internal iPhone Mulai Penuh? Coba Beberapa Cara Berikut Ini

Anda para pengguna iPhone mungkin mulai merasakan memori internal semakin penuh karena terlalu banyak menyimpan foto, video, dan sebagainya. Akibatnya, Anda akan kesulitan jika ingin menyimpan file atau meng-install aplikasi baru.

Tapi jangan khawatir. Ada cara cepat dan mudah untuk membuat memori internal iPhone Anda yang tadinya penuh sesak menjadi lebih lega. Penasaran? Simak tips berikut ini:

(Bagi yang belum tahu, untuk mengetahui sisa storage bisa dilihat dengan masuk ke Settings, pilih General, pilih About lalu scroll ke bawah)

iphone 6s-1

Hapus pesan teks yang sudah lama

Di iOS 9, pesan yang berupa teks secara default akan otomatis tersimpan di memori iPhone. Semakin banyak pesan yang masuk tentunya memori pun semakin penuh. Untuk menghindari hal ini, masuk ke Settings, lalu pilih Messages, dan pilih Keep Messages.

Anda akan menemukan opsi berapa lama menyimpan pesan yang masuk tersebut di iPhone Anda. Ada 30 hari, 1 tahun, atau selamanya. Coba pilih 30 hari. Ini akan membuat semua pesan yang umurnya di atas 30 hari akan terhapus secara otomatis. Hasilnya, storage iPhone pun kini sedikit lebih lega.

Hapus history dan website data

Cara lainnya untuk membuka ruang penyimpanan yang lebih lega di iPhone Anda adalah dengan menghapus history Anda selama menelusuri website. Langkah-langkahnya adalah masuk ke Settings, pilih Safari, dan pilih Clear History and Website Data.

Gunakan fitur ‘Optimize iPhone Storage’

Anda bisa memanfaatkan fitur Optimize iPhone Storage jika Anda termasuk orang yang senang menyimpan banyak foto. Optimize iPhone Storage bisa ditemukan di Settings, lalu pilih iCloud, dan pilih Photos.

Apa gunanya? Dengan mengaktifkan Optimize iPhone Storage, foto dan video yang tersimpan di iPhone akan diubah ke format yang lebih kecil sehingga tidak terlalu menghabiskan memori. Format originalnya nantinya akan diunggah ke iCloud dan bisa Anda akses kapanpun dibutuhkan.

Maksimalkan layanan cloud

iCloud menyediakan ruang penyimpanan data sebesar 5 GB secara gratis. Namun jika Anda membutuhkan lebih, ada opsi-opsi lainnya seperti Google Photos yang menawarkan 15 GB gratis untuk menyimpan foto dan video, serta Dropbox yang memberikan gratis 2 GB.

Back to top button