Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Mencoba Kehebatan Kamera Huawei P9

Huawei mendobrak dunia fotografi mobile dengan mengumumkan kerjasamanya dengan Leica. Kabar yang sangat menggembirakan ini tentunya disambut dengan sangat antusias oleh para penggemar gadget, terutama para penggiat fotografi mobile. Leica sebagai produsen kamera legendaris turut ambil peran dalam menggarap kamera di smartphone flagship Huawei terbaru Huawei P9. Ingin tahu kehebatan dari kamera Huawei P9? Simak hasil ulasannya berikut ini.

Kamera ganda, autofokus cepat dan akurat
Huawei P9 Kamera Tes-3

Meski berkerjasama dengan Leica, bukan berarti kamera Huawei P9 dibuat oleh Leica. Leica di sini hanya menyediakan algoritma pemrosesan gambar agar Huawei P9 bisa menghasilkan foto yang khas seperti kamera Leica.

Untuk memotret, Huawei P9 dilengkapi dua kamera dengan lensa berdiafragma f/2.2. Sensor gambarnya pun ada dua, diantaranya sensor warna RGB dan sensor monokrom. Dengan menggabungkan dua sensor tersebut Huawei P9 diklaim mampu menghasilkan foto yang lebih detail di kondisi cahaya yang baik dan secara signifikan mengurangi noise saat memotret di kondisi cahaya yang minim.

Saat kami mencobanya, patut diakui hasil kameranya ini amat baik. Bisa dilihat di foto berikut ini. Hasil foto terlihat tajam, detil dan tonal warna juga akurat.

IMG_20160505_051220

IMG_20160505_052014

IMG_20160505_052028

Di kondisi temaram pun kendali noisenya juga cukup baik.
IMG_20160505_024222

Hasil foto kamera depan
IMG_20160505_025229

Dengan didukung teknologi laser autofocus, kinerja autofokusnya pun terasa amat cepat. Selain itu, hadirnya Optical Image Stabilization juga terbukti efektif membantu memastikan hasil bidikan bisa tetap tajam dan minim blur akibat goyangan tangan.

Hasil foto hitam putih diatas rata-rata
Satu hal yang menarik dari Huawei P9 adalah hadirnya mode memotret monokrom atau hitam putih. Sekali lagi Huawei P9 berhasil memukau kami dengan kemampuannya menghasilkan tonal warna hitam dan putih dengan kontras dan detil yang patut diacungi jempol di luar atau dalam ruangan, diatas rata-rata kamera smartphone pada umumnya. Kendali noise dan tingkat ketajaman foto di mode ini pun juga amat baik.

IMG_20160505_051053

IMG_20160505_051850

IMG_20160505_112229

Leica Experience
Huawei P9 Kamera Tes-2
Agar pengguna bisa merasakan memotret seperti menggunakan kamera Leica, antarmuka mode kamera Huawei P9 hadir dengan antarmuka dan menggunakan huruf yang mirip dengan kamera Leica. Tidak hanya itu saja, bunyi suara shutter dari Huawei P9 juga sama persis seperti bunyi shutter kamera Leica.

Huawei P9 Kamera Tes-4

Selain itu, Huawei juga turut menghadirkan 3 efek simulasi film Leica yang bisa dipilih sesuai dengan “mood” dan selera Anda diantaranya standard, vivid dan smooth.

Mode profesional lengkap
Huawei P9 Kamera Tes-1
Fitur manual di kamera smartphone memang bukanlah hal baru. Di Huawei P9 fitur ini tergolong sangat lengkap dengan menyediakan opsi pengaturan ISO, focus, eksposur, kecepatan rana kamera, white balance, metering, manual fokus, hingga memotret dengan format RAW.

IMG_20160505_025014

Untuk mendapatkan hasil foto dengan efek bokeh yang lebih artistik, Huawei P9 juga bisa memungkinkan Anda untuk memotret kemudian menentukan area fokus setelah foto dihasilkan. Kendati demikian, agar lebih mudah efek bokeh ini juga bisa diatur dan terlihat langsung hasilnya pada saat foto akan diambil.

Kesimpulan
Campur tangan Leica berhasil membuktikan kemampuan kamera Huawei P9 tidak bisa dianggap remeh. Selain hasil foto yang tajam, Huawei P9 juga mampu menghasilkan foto dengan tonal warna yang akurat dan kendali noise yang cukup baik. Kinerja autofokus yang cepat, mode manual, efek simulasi film Leica, dan antarmuka mode kamera khas Leica menjadi faktor yang membuat pengalaman memotret dengan Huawei P9 lebih menyenangkan. Apalagi, hadirnya mode memotret monokrom dengan hasilnya yang memukau nampaknya akan mampu menjadi standar baru dalam dunia fotografi hitam putih menggunakan ponsel.

Untuk hasil foto Huawei P9 yang lain tanpa proses penyuntingan bisa dilihat di akun Flickr yangcanggih.com berikut ini.

Back to top button