Quantcast
Mobile GadgetNewsReviewWearable

Review Moto 360 2nd Gen

Menggempur pasar smartwatch yang mulai memanas tahun ini, Moto 360 2nd Gen hadir dengan penampilan dan performa terbilang spektakuler. Tidak sekedar menjadi suksesor dari pendahulunya, smartwatch ini memiliki banyak kecanggihan yang membuatnya cukup bergigi untuk mengigit pesaing-pesaingnya.

Motorola Moto 360 2nd genSmartwatch memang idealnya harus melengkapi unsur keindahan sekaligus kecanggihan. Moto 360 2nd Gen bisa dibilang sudah memiliki kedua unsur itu. Di tengah persaingan yang telah diisi Samsung S Gear 2, LG Urbane, Huawei Watch, Asus Zenwatch 2, dan Apple Watch, apakah smartwatch ini bisa memenangkan hati pasar?

Desain menawan dan tangguh

Moto 360 dikenal sebagai smartwatch berbasis Android Wear pertama yang mengusung desain bundar sempurna. Pada generasi ke-2 ini, tentu saja desain yang sudah menjadi trade mark tersebut tidak ingin dihilangkan. Adapun unit yang kami coba adalah jenis berukuran 42 mm, sebuah pilihan bagi mereka yang memiliki pergelangan tangan kecil, dibandingkan jenis lain yang berukuran 46 mm.

Dengan strap warna hitam berbahan kulit sintetis, kesan klasik sekaligus modern begitu terasa ketika menggunakan Moto 360 2nd Gen. Meskipun material stainless steel begitu tegas, smartwatch ini rupanya tidak berat ketika melekat di pergelangan tangan.

Supaya bisa menyesuaikan gaya dan kepribadian penggunanya, Moto 360 2nd Gen memiliki strap yang bisa dilepas dan diganti dengan tali universal yang beredar di pasaran, baik itu yang berukuran 16 atau 22 milimeter. Untuk melepasnya juga tidak sulit, Anda hanya cukup menekan ujung tuas di balik strap.

Tidak hanya tersedia dalam strap warna hitam saja, Moto 360 2nd Gen memiliki berbagai varian, seperti Cognac Leather yang memiliki kesan mewah dan klasik, Rose Gold yang feminim dan elegan, serta Black Leather untuk kesan minimalis dan berkelas seperti yang kami gunakan dalam review ini.

Seperti pendahulunya, Moto 360 2nd Gen telah siap digunakan untuk segala kondisi apapun, terutama dari percikan air dan deru debu. Ya, smartwatch ini sudah memiliki sertifikasi IP67 yang bisa membuatnya tahan air di kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Layar responsif dan tajam

Dengan ukuran 1,37 inci, layar Moto 360 2nd Gen beresolusi 360 x 325 piksel dan berdensitas 263 ppi yang membuatnya cukup nyaman untuk membaca pesan. Selain itu, layar sentuh berbasis IPS-nya ini juga sangat responsif dalam membaca sentuhan jari.

Selain itu, melengkapi ketenangan penggunanya, layar Moto 360 2nd Gen dilindungi Gorilla Glass 3 yang membuatnya tahan dari berbagai jenis goresan yang tidak diinginkan.

 

Ketajaman dan keterangan layar Moto 360 2nd Gen juga bisa diatur sedemikian rupa, tergantung keinginan. Bahkan, Anda juga bisa memilih Theatre Mode yang membuat layar akan mati total, sehingga tidak mengganggu ketika Anda sedang berada di dalam bioskop atau tempat gelap lainnya.

Yang mengasyikan, Moto 360 2nd Gen tidak hanya sekedar menampilkan notifikasi dari berbagai aplikasi yang terinstal di dalamnya, tetapi juga membalas pesan yang masuk. Misalnya saja, Anda bisa membalas pesan WhatsApp dengan dengan emoticon dan teks template yang telah disediakan. Lebih canggihnya lagi, Anda juga bisa membalasnya melalui voice command, sehingga apa yang diucapkan akan muncul sebagai teks balasan.

Dapur pacu bertenaga

Untuk melengkapi desainnya yang keren, tentunya diperlukan sebuah performa yang baik. Dalam hal ini Moto 360 2nd Gen telah didukung hardware yang cukup berkelas di segmen smartwatch masa kini, yakni ditenagai chipset quad-core Qualcomm Snapdragon 400 berkecepatan 1,2 GHz, GPU Adreno 305, ROM 4 GB, dan RAM 512 MB.

«
«

Dengan adanya dukungan hardware yang mumpuni pada dapur pacunya, dalam penggunaan yang kami alami alami tidak ada laggy yang mengganggu. Sebuah berjalan responsif, semulus respon layar pada sapuan jari.

Asyiknya, sekalipun berbasis OS Android Wear, Moto 360 2nd Gen bisa digunakan pada perangkat berbasis iOS juga, tidak hanya Android. Unntuk proses pairing-nya pun mudah. Pengguna cikup menginstal aplikasi Android Wear di Google App Store atau Google Play Store, kemudian hidupkan fitur bluetooth-nya untuk untuk pairing. Proses ini memakan waktu tidak lebih dari 10 menit.

 

Sensor lengkap dan bermanfaat

Tidaklah berguna jika sebuah smartwatch tidak memiliki fitur sensor yang lengkap. Untungnya, Moto 360 2nd Gen memiliki berbagai jenis sensor yang bisa mendukung penggunaan, seperti accelerometer, gyro, dan heart rate, sehingga membuatnya bisa menjalankan berbagai aplikasi mulai dari GPS, fitness tracker, dan juga aplikasi kesehatan lainnya.

Motorola Moto 360 2nd gen handSensor-sensor tersebut juga membuat smartwatch ini menjalankan fungsi gesture, di mana pengguna hanya cukup menggerakan pergelangan tangan secara vertikal ke atas atau ke bawah untuk menggeser halaman tanpa harus menyentuh layarnya. Dengan begini, tentu akan membuat jari Anda tidak banyak berinteraksi dengan layar.

Pengisian baterai nirkabel

20160407_111650Dengan kapasitas baterainya yang sebesar 300 mAh, Moto 360 2nd Gen bisa bertahan hingga 2 hari lamanya. Untuk pengisian baterainya juga terbilang kekinian karena menggunakan adaptor wireless. Cukup diletakan saja pada wadah yang tersedia, maka pengisian baterai akan berlangsung.

Proses pengisian baterai Moto 360 2nd Gen juga tidak memakan waktu lama. Dari posisi 0%, baterai akan penuh 100% hanya dalam waktu 1,5 jam saja. Dengan begitu, Anda tidak perlu banyak waktu untuk segera menggunakan smartwatch ini.

 

Kesimpulan

Diluncurkan sejak pertengahan Maret lalu dengan harga mulai Rp 4.999.000, Moto 360 2nd Gen memang tidak bisa dibilang sebagai perangkat yang murah. Namun, jika dibandingkan dengan beberapa pesaingnya yang telah beredar lebih dulu di Indonesia, harga ang dibanderol justru membuat smartwatch ini lebih kompetitif.

Hal ini dikarenakan, Moto 360 2nd Gen tidak cuma memiliki desain yang pantas disandang sebagai fashion item, tetapi juga memiliki manfaat yang melibatkan fitur-fitur canggih. Jadi, tak mengherankan jika smartwatch ini bisa jadi pilihan bagi mereka yang ingin menikmati sensasi Android Wear sesungguhnya.

Yang Canggih

+ Desain keren dan ringan
+ Layar jernih dan responsif
+ Tahan air dan debu
+ Strap bisa diganti-ganti
+ Mendukung iOS dan Android

Yang Kurang

– Strap kulit mudah lusuh

[table]Spesifikasi; Moto 360 2nd Gen 42mm
Dimensi; 42 x42 x 11,4 mm
Materal; stainless steel
Layar; IPS LCD 1,3 inci, 360 x 325 piksel, 263 ppi
Sistem Operasi; Android Wear
Prosesor; Qualcomm Snapdragon400 MSM8926 Quad-core 1,2 GHz
GPU; Adreno 305
RAM; 521 MB
ROM; 4 GB
Sensor; Accelerometer, gyro, hear rate
Battery; 300 mAh
[/table]

Satu komentar

Back to top button