Quantcast
NewsOperatorXL

XL Terapkan Teknologi NFV Pada 4G LTE

PT XL Axiata Tbk (XL) mengumumkan bahwa mereka saat ini telah menerapkan teknologi Network Functions Virtualization (NFV). Perlu diketahui bahwa XL menjadi yang pertama yang menggunakan teknologi tersebut pada 4G LTE di Indonesia.XL NFV 4G LTE (1)

Solusi untuk mengembangkan 4G LTE

Seiring dengan kemajuan teknologi digital yang sangat cepat, permintaan akan kualitas layanan yang lebih baik juga tak pernah berhenti. Menurut XL, penggunaan NFV adalah solusi yang mampu mendukung strategi bisnis secara efektif dan efisien.

Menurut Yessie D. Yosetya selaku Direktur/Chief Services Management Officer XL, NFV yang diterapkan pada mobile packet core gateway 4G LTE. mampu mempercepat implementasi layanan-layanan baru, termasuk yang berbasis pada pemanfaatan internet cepat 4G LTE.

Keunggulan NFV adalah membantu operator untuk tidak perlu lagi membeli software sekaligus hardware yang menyatu, namun cukup menerapkan software-nya saja di hardware yang sudah ada. Artinya, NFV sangat mendukung upaya efisiensi yang sedang diterapkan oleh perusahaan. Tidak hanya secara biaya, waktu pun menjadi lebih efisien.XL NFV 4G LTE (2)

Tak khawatir lonjakan trafik di hari besar

Yang lebih menarik, NFV mampu mendukung peningkatan kapasitas jaringan secara lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhan. Manfaatnya adalah ketika XL harus menghadapi lonjakan trafik di hari-hari besar keagamaan atau liburan panjang, misalnya saat libur Lebaran dan Tahun Baru.

NFV juga memungkinkan XL secara singkat meningkatkan kapasitas jaringan, dan secara cepat dan mudah juga menguranginya saat trafik sudah turun.

XL sudah menerapkan NFV mulai 2016, bekerjasama dengan perusahaan penyedia teknologi jaringan Cisco System. Saat ini, teknologi NFV juga sudah mulai diterapkan oleh operator di negara-negara maju.

Back to top button