Quantcast
Ears In HeavenReview

Review X-Mini Evolve

Populer dengan produk speaker bluetooth portabel dengan label X-Mini, Xmi Pte Ltd, juga telah mulai melebarkan sayapnya ke ranah headphone. Salah satu yang mampir ke meja redaksi kami adalah headphone inovatif bernama X-Mini Evolve.

Desain unik
X-mini Evolve-6

Mengusung model On-ear, Evolve hadir dengan desain yang tampil beda. Material bodinya memang tidak terlalu istimewa karena terbuat dari plastik dengan sentuhan warna hitam mengkilap. Namun, secara keseluruhan bodinya ini masih terasa cukup kokoh.

X-Mini Evolve-5

Bobotnya pun tidak ringan. Bagi kami ini cukup wajar mengingat Evolve membawa 4 buah driver berukuran 40mm untuk produksi suaranya. Satu pasang driver untuk produksi suara di mode headphone (internal), dan satu pasang driver yang bisa digunakan di mode speaker (eksternal). Belum lagi, headphone ini juga membawa baterai isi ulang yang diklaim bisa bertahan sekitar 30 jam.

X-mini evolve-4

Dengan dukungan baterai dan konektivitas Bluetooth, Anda bisa menghubungkannya ke laptop, smartphone atau tablet tanpa menggunakan kabel. Bagi yang masih ingin menggunakan kabel, dalam paket pembeliannya X-Mini Evolve juga dilengkapi kabel 3.5mm. Sayangnya, kabelnya ini memang agak tipis jadi Anda wajib hati-hati untuk menggunakannya.

X-mini evolve-3

Tidak seperti kebanyakan headphone, sejumlah tombol navigasi menghiasi sisi kanan earpad Evolve. Ukuran setiap tombolnya cukup besar dan sangat mudah untuk ditekan. Tombol yang dibawanya antara lain, tombol untuk berpindah modus headphone ke speaker, tombol power/bluetooth, tombol volume + dan – untuk pengaturan suara secara cepat, dan 2 lubang konektivitas yang terdiri lubang jack 3.5mm dan port microUSB untuk isi ulang baterainya. Satu nilai positif dari headphone ini adalah desainnya yang bisa dilipat, menjadikannya cukup mudah disimpan dan tidak menyita banyak tempat.

X-Mini Evolve-2

Kurang nyaman digunakan, isolasi suara cukup baik
X-mini Evolve-7

Dengan mengusung gaya On Ear, Evolve dibekali dengan bantalan busa earpad yang tebal berlapis kulit. Bantalan busanya memang empuk dan mampu memberikan efek isolasi suara yang cukup baik. Kendati demikian, meski dilengkapi busa earpad yang tebal berlapis kulit nyatanya tidak menjamin headphone ini bisa nyaman saat digunakan. Ini mengingat desainnya yang kurang ergonomis dan bobotnya yang relatif berat menjadikan headphone ini agak kurang nyaman saat digunakan dalam jangka waktu yang lama.


Bass bertenaga, bisa jadi Speaker Portabel

Untuk menguji kualitas suaranya, kami memutar lagu dengan format fLAC di smartphone Lenovo VIBE P1 Turbo menggunakan aplikasi Play Music dan tanpa menyalakan EQ.

Secara keseluruhan X-Mini Evolve sudah mampu menghasilkan suara yang cukup baik dengan gebukan bass yang terasa cukup bertenaga dan nada tinggi yang cukup nyaman telinga. Ideal untuk mendengarkan genre musik yang lebih menonjolkan suara bass. Saat memutar lagu I Love it When You Cry dari Steve Aoki, headphone ini mampu menyajikan performa suara yang cukup seimbang antara vokal dengan porsi gebukan bass yang bertenaga dan tidak berlebihan. Saat beralih ke rekaman audiophile seperti lagu You Call it Madness dari Diana Krall, X-Mini Evolve lagi-lagi masih lebih menonjolkan suara bassnya yang cukup dominan. Efek staging dan detil suara terasa biasa saja, namun separasi suara setiap instrumen dengan vokal Diana Krall untunglah masih bisa tersaji dengan cukup jelas.

X-Mini Evolve-1

Jika Anda bosan mendengarkan musik sendirian atau lelah menggunakannya di telinga, headphone ini hanya perlu diletakkan di meja dan pilih opsi mode speakernya. Dengan segera X-mini Evolve akan menjadi sebuah speaker. Di mode speaker kualitas suara yang dihasilkannya pun masih cukup baik dengan suara yang bertenaga dan relatif minim distorsi di volume tinggi. Walau begitu gebukan bassnya di mode ini tidak begitu terlalu terasa seperti mode headphonenya.

Kesimpulan
Menggabungkan konsep speaker portabel dan headphone, X-Mini Evolve merupakan satu paket perangkat audio portabel yang multifungsi. Kualitas suaranya memang tergolong biasa, namun headphone ini akan sangat cocok digunakan untuk menikmati musik-musik energik yang menonjolkan suara bass. Dengan harga jual yang rencananya akan dibanderol harga di bawah 2 juta Rupiah, X-Mini Evolve bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin berhemat. Pasalnya, Anda tidak perlu lagi merogoh kocek untuk membeli speaker dan headphone untuk sekedar mendengarkan musik kapan dan di mana saja.

Yang Canggih
+ Rancangan bodi cukup kokoh
+ Suara Bass Bertenaga
+ Bisa jadi speaker portabel

Yang Kurang
– Kurang nyaman digunakan dalam jangka waktu lama
– Kabel jack tipis
– Bobot berat

Back to top button