Quantcast
Foto & VideoNews

Surround 360: Kamera 360 Perdana dari Facebook Untuk Dunia VR

Setelah memperkenalkan Facebook Live untuk streaming video secara langsung, Facebook juga turut memperkenalkan kamera pertamanya yang bisa digunakan untuk menghasilkan video 360.

surround 360-1

Diberi nama Surround 360, kamera Facebook ini terdiri dari 17 modul kamera yang mampu menghasilkan video 360 derajat hingga resolusi 8K dengan efek 3D.

surround-360-2

Semua modul kamera Surround 360 berasal dari pabrikan Point Grey. Setiap kamera dipersenjatai dengan sensor Pregius CMOS generasi kedua dari Sony yang dipasangkan dengan lensa sudut lebar 7mm berdiafragma F2.4. Tidak hanya kamera, Facebook pun juga telah menyiapkan software khusus yang berguna untuk mempermudah pengguna menyunting video yang dihasilkan oleh Surround 360.

Video yang dihasilkan Surround 360 ini pun nantinya akan hadir dengan codec video khusus bernama Dynamic Streaming dari Facebook yang bisa dinikmati dengan Oculus Rift, Gear VR atau bisa dibagikan ke laman Facebook pengguna.

Satu hal yang menarik dari Surround 360 adalah Facebook secara terbuka membeberkan cetak biru dari kamera dan software yang dibuatnya. Dengan demikian bisa membuka peluang untuk siapa saja mengembangkan kamera ini kedepannya.

Back to top button