Quantcast
Home GadgetTipsVisual

Tips: Cara Mudah Memastikan TV UHD Memiliki Resolusi 4K

TV dengan resolusi Ultra High Definition atau biasa disingkat UHD mulai membanjiri pasar, termasuk di Indonesia. Meski begitu, Samsung menjelaskan bahwa ada perbedaan di setiap TV tersebut meski sama-sama disebut UHD.

Tidak semua TV UHD adalah 4K

Dalam acara Samsung Tech Seminar yang digelar di Singapura (12/4), satu hal yang ditegaskan Samsung adalah tidak semua TV dengan label UHD menawarkan resolusi 4K. Beberapa yang beredar di pasaran saat ini hanya sebatas 3K.Samsung SUHD TV Seminar (3)Tentunya TV 3K dan 4K memiliki perbedaan dari kualitas gambar yang mampu ditampilkan. “Pixel yang utuh itu harus terdiri dari RGB (Red-Green-Blue). Tapi untuk TV 3K biasanya terdiri dari Red-Green-Blue-White. White atau putih adalah pixel kosong,” ujar Ubay Bayanudin, Head of Product Marketing TV/AV SEIN.

Umumnya, beberapa brand memang menggunakan konsep ini untuk menekan harga agar bisa dijual lebih terjangkau. “Beda cost-nya itu sekitar 15 sampai 20 persen,” tambah Ubay. Yang perlu digarisbawahi menurut Ubay adalah tidak salah ketika TV 3K juga disebut UHD, namun akan salah jika TV UHD non-4K dijual dengan label 4K.

Cara membedakannya mudah

Ada cara mudah yang bisa dilakukan oleh konsumen untuk mengetahui apakah sebuah TV UHD benar-benar memiliki resolusi 4K atau tidak. Cukup menggunakan kamera smartphone, lalu lakukan zoom-in kurang lebih hingga 8x zoom, dan dekatkan ke layar TV khususnya pada bagian warna tertentu (misalnya putih) atau teks.Samsung SUHD TV SeminarSeperti disebutkan di atas, pada TV UHD 4K, khususnya milik Samsung, akan terlihat struktur pixel Red-Green-Blue atau RGB. Namun pada TV UHD non-4K, mungkin akan ditemukan komposisi Red-Green-Blue-White (RGBW). Jika melakukan zoom-in pada teks, di TV 4K tampilan setiap huruf akan nampak lebih solid. Sedangkan di TV non-4K, akan terlihat beragam komposisi warna pixel di setiap hurufnya dan tampilannya kurang tajam.

Selain menggunakan kamera pada smartphone, cara serupa juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan kaca pembesar. Jadi, jika ingin mendapatkan kualitas gambar yang maksimal, pastikan UHD TV yang Anda beli benar-benar 4K, ya!

Back to top button