Quantcast
Home GadgetVisual

Mengenal Lebih Dekat Teknologi Samsung SUHD TV di 2016

Seperti diketahui, SUHD merupakan jajaran televisi andalan Samsung di kelas premium. Tidak seperti TV UHD pada umumnya, Samsung SUHD TV dibekali teknologi yang jauh lebih canggih untuk menghasilkan kualitas gambar yang lebih tajam dengan keluaran warna yang lebih kaya dan natural.

Di tahun 2016 ini, Samsung semakin meningkatkan teknologi yang dibenamkan pada jajaran TV SUHD terbaru mereka. Simak ulasan singkat kami berikut ini yang kami rangkum ketika menghadiri Samsung Tech Seminar di Singapura, Selasa (12/4).

Quantum Dot Display

Pada ajang Samsung Forum 2016 di Kuala Lumpur beberapa waktu yang lalu, Samsung sempat menjelaskan tentang teknologi Quantum Dot Display yang tersedia di TV SUHD teranyar mereka.Samsung SUHD TV Seminar (2)Sekadar mengingat kembali, Quantum Dot Display mampu menghasilkan gambar yang lebih realistis, panel 10-bit menampilkan hingga 1 miliar warna yang akurat, serta memiliki durabilitas yang tinggi sehingga mampu digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Soal ketajaman gambar, Samsung juga memastikan bahwa TV SUHD terbaru mereka benar-benar menggunakan resolusi 4K. Berbeda dengan beberapa TV UHD lainnya yang masih mengandalkan resolusi non-4K dengan tujuan menekan harga agar lebih murah (baca cara membedakannya di tautan berikut ini).

Teknologi Quantum Dot sendiri merupakan material semikonduktor berukuran sangat kecil yang memancarkan warna yang berbeda, yakni biru, hijau, dan merah. Teknologi inilah yang membedakan TV SUHD Samsung dengan TV UHD milik brand lainnya.

Kualitas gambar yang memanjakan mata

Selama acara Samsung Tech Seminar, awak media diberi kesempatan untuk melihat langsung perbandingan antara TV SUHD terbaru Samsung dengan TV UHD lainnya.Samsung SUHD TV Seminar (3)Hasilnya, menggunakan sumber video yang sama (adegan pemandangan alam), SUHD TV milik Samsung nampak jauh lebih hidup, lebih detail di beberapa scene terutama pada scene yang menampilkan awan dan deretan tanaman, dan warnanya jauh lebih natural.

Ini dimungkinkan karena TV SUHD Samsung yang dibekali Quantom Dot Display mampu menyajikan konten High Dynamic Range (HDR) dengan tingkat kecerahan 1000 nit.

HDR memang mampu memberikan kualitas gambar yang cerah dan warna yang kaya. Namun dengan meningkatkan brightness ke 1000 nits, apa yang ditampilkan akan berada di level yang jauh lebih memukau. Samsung juga menambahkan fitur Ultra Black yang membuat warna hitam terlihat lebih pekat.

Desain layar datar dan lengkungSamsung SUHD TV Seminar (1)Untuk tahun 2016 ini, Samsung tetap menyediakan TV SUHD mereka dalam dua tipe yang berbeda, yakni layar lengkung dan layar datar. Secara desain kedua tipe ini nampak sangat ramping, stylish, dan mewah. Bagian belakangnya pun terlihat lebih sederhana dengan port yang ‘disembunyikan’ dan memungkinkan penataan kabel yang lebih rapi.

Back to top button