Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Mencoba Virtual Reality dengan Lenovo VIBE K4 Note

Lenovo kembali bersiap untuk meluncurkan smartphone terbarunya di Indonesia. Produk yang dihadirkan kali ini adalah Lenovo VIBE K4 Note yang ditujukan bagi mereka yang gemar menikmati konten multimedia di smartphone.

TheaterMax dengan dukungan ANTVR

Sebelum secara resmi dirilis ke pasaran Indonesia, Lenovo mengajak awak media untuk lebih dulu mencicipi VIBE K4 Note. Satu hal yang paling dikedepankan Lenovo dalam acara sneak preview yang digelar di Jakarta, Jumat (18/3), adalah soal virtual reality.Preview Lenovo VIBE K4 Note (5)Ya, VIBE K4 Note memiliki sebuah fitur menarik berbasis VR yang disebut TheaterMax. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menikmati film maupun games dalam layar virtual berukuran besar. Untuk headset-nya, Lenovo bekerjasama dengan ANTVR.

Kami pun berkesempatan mencoba bermain games VR menggunakan VIBE K4 Note dan headset ANTVR. Yang menarik, Lenovo ternyata menyediakan mode khusus VR yang bisa diaktifkan dengan mudah, yakni hanya dengan menekan tombol power dan memilih VR Mode. Artinya, pengguna tidak lagi memerlukan aplikasi tambahan untuk mengubah smartphone ini menjadi perangkat VR.Preview Lenovo VIBE K4 Note (4)Secara garis besar perpaduan VIBE K4 Note dan ANTVR cukup mampu memberikan pengalaman VR yang memadai. Apalagi dengan view angle yang cukup luas hingga 100 derajat, dan layar VIBE K4 Note yang berukuran 5.5 inci Full HD. Selain itu, audio juga terdengar memukau berkat adanya dua speaker menghadap ke depan plus dukungan teknologi Dolby Atmos.

Tapi sayangnya, bagian kiri dan kanan dari ANTVR dibiarkan terbuka begitu saja dan membuat cahaya dari luar mudah masuk. Solusinya mungkin adalah menikmatinya di ruangan yang agak gelap. Sisi positifnya, pengguna akan lebih mudah mengakses layar smartphone dan tidak perlu mengeluarkannya terlebih dahulu dari headset.

Desain bagus, fitur komplit

Lenovo menyajikan VIBE K4 Note dengan tampilan yang ergonomis dan desain khas Lenovo. Cukup menawan jika dilihat dari depan atau belakang dan sangat terasa kualitas material yang baik. Meski layarnya lebar, smartphone ini nampak lumayan tipis dan tentunya nyaman digenggam.

Soal spesifikasi, Lenovo membenamkan SoC MediaTek MT6753 octa-core, RAM 3 GB, dan memori internal 16 GB. Sektor kamera menawarkan sensor 13 megapixel di belakang dan 5 megapixel di depan. Smartphone dengan OS Android 5.1 Lollipop ini juga dibekali fitur-fitur pendukung yang cukup komplit, contohnya fingerprint scanner yang terletak di bagian belakang dan NFC (Near Field Communication).

Harganya dijanjikan cukup terjangkau

Kesan pertama kami saat mencoba VIBE K4 Note adalah menarik. Mengedepankan sektor multimedia dengan VR sebagai nilai jual utamanya, VIBE K4 Note jelas menjadi salah satu smartphone yang layak ditunggu peluncurannya di Indonesia.Lenovo A7010 (K4 Note)Serunya lagi, Lenovo mengumumkan bahwa mereka sedang melakukan Virtual Reality Challenge. Tujuannya adalah mengajak para developer lokal untuk saling berlomba mengembangkan aplikasi dan games berbasis VR.

Soal penjualannya di Indonesia nanti, Lenovo belum bisa memastikan apakah headset ANTVR akan ditawarkan secara bundling atau dijual terpisah. Bocoran soal harga pun belum diketahui, tapi Lenovo berjanji harga VIBE K4 Note masih berada di level yang cukup terjangkau.

[table]Spesifikasi;Lenovo VIBE K4 Note
SoC;MediaTek MT6753 dengan prosesor octa-core Cortex-A53 1.3 GHz
GPU; Mali-T720MP3
Layar;IPS 5.5 inci 1920 x 1080
RAM;3 GB
Memori Internal;16 GB
Kamera;Belakang 13 megapixel (autofocus dan dual-LED flash) / Depan 5 megapixel (with Panorama shot)
Baterai;3300 mAh
Konektivitas;4G LTE, Bluetooth v4.0, A-GPS, NFC, microUSB 2.0, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac
Fitur;TheaterMax, Dolby Atmos, Fingerprint scanner
OS;Android 5.1 Lollipop
Dimensi;153.6 x 76.5 x 9.2 mm / Berat 158 gram
[/table]
Back to top button