Quantcast
GamingHome GadgetMobile GadgetNewsWearable

Sony Umumkan Harga dan Jadwal Rilis PlayStation VR

Dengan semakin banyaknya perangkat Virtual Reality di pasaran, Sony tentunya tidak mau ketinggalan. Produsen asal Jepang itu belakangan ini tengah sibuk menyiapkan PlayStation VR. Kabar terbarunya, Sony akhirnya secara resmi mengumumkan harga dan jadwal peluncuran headset tersebut.Sony PlayStation VR (2)Spesifikasi dan fitur yang menjanjikan

Bagi Anda yang belum mengetahui tentang PlayStation VR, headset ini dikembangkan khusus untuk menjadi pendamping konsol PlayStation 4. PlayStation VR terdiri dari dua bagian, yakni headset dan Processing Unit.

Sony PlayStation VR (3)Headset-nya memiliki layar OLED berukuran 5.7 inci dengan resolusi 1920xRGBx1080 (960xRGBx1080 per eye), refresh rate 120Hz – 90Hz, dan sudut pandang hingga 100 derajat. Ada pula Six-axis motion sensor system yang akan mendeteksi setiap gerakan. Selain itu, Soal konektivitas, Sony menyediakan HDMI, AUX, dan stereo headphone jack.

Sedangkan untuk Processing Unit, benda berbentuk kotak tersebut bertugas untuk melakukan pekerjaan berat seperti 3D Audio, Social Screen (mirroring mode, separate mode), Cinematic mode. Khusus untuk Cinematic Mode, fitur ini memungkinkan Anda untuk menikmati konten di layar virtual yang besar. Tidak hanya video, game-game PS4 lainnya pun bisa dimainkan dengan dengan Cinematic Mode.

 

Potensi konten yang kaya

Apalah artinya sebuah perangkat VR canggih jika tidak dilengkapi dengan konten yang menawan. Karena itu, Sony siap menawarkan beragam game yang dikembangkan khusus untuk PlayStation VR. Menurut mereka, saat ini ada lebih dari 230 developer dan publisher yang sedang menggarap konten-nya.
Sony PlayStation VR (1)Nama-nama besar seperti 2K Games dan Ubisoft pun ikut terlibat. DICE dan Lucasfilm juga sedang mengerjakan edisi khusus Star Wars Battlefront untuk VR. Selain itu, judul-judul seperti Eagle Flight (Ubisoft), EVE: Valkyrie (CCP Games), Headmaster (Frame Interactive), Rez Infinite (Enhance Games), Wayward Sky (Uber Entertainment), RIGS: Mechanized Combat League, Tumble VR, Until Dawn: Rush of Blood, dan PlayStation VR WORLDS (SCE WWS) akan meluncur akhir tahun nanti.

Hadir Oktober 2016

Sony berencana melepas PlayStation VR untuk pasar Jepang, Amerika Utara, Eropa, dan Asia pada Oktober 2016 mendatang. Soal harga, headset yang nantinya terhubung dengan konsol PlayStation 4 (dijual terpisah) ini dibanderol US$399 atau sekitar 5,2 juta rupiah.

Perlu diketahui bahwa untuk menikmati headset tersebut, Anda juga wajib memiliki PS4 Camera yang dijual seharga US$60 atau sekitar 800 ribu rupiah. Agar pengalaman bermain lebih maksimal, Anda pun sebaiknya memiliki dua buah PS Move controller yang harga satuannya adalah US$50 (600 ribuan rupiah). Controller ini dibutuhkan untuk memainkan beberapa game PlayStation VR tertentu.

Back to top button